Ulkus duodenum

Apa itu duodenum

Ulkus duodenum adalah tukak yang terbentuk di lipatan di sisi usus kecil tepat di luar perut (duodenum). Maag di lipatan abdomen disebut tukak lambung. Ulkus duodenum lazimnya didapatkan oleh penularan kuman yang dinamai helicobacter pylori. Ulkus yang terbentuk di tempat duodenum ialah merupakan semacam luka bentuk erosi yang menembus jauh ke dalam dinding saluran pencernaan. Orang berusia 40 ke atas adalah yang amat terpengaruh. Ulkus duodenum 10 kali lebih sering terjadi daripada tukak lambung. Biasanya dokter menyebut ulkus duodenum dengan istilah duodenal ulcer adalah luka yang terbentuk di lipatan duodenum. Duodenum adalah merupakan sisi pertama dari usus kecil, bagian dari sistem pencernaan yang dilalui makanan langsung setelah meninggalkan perut.

Istilah duodenal ulcer sering digunakan oleh para dokter dalam menjelaskan ke pasien. Dikarenakan kebanyakan orang hanya memahami tentang ulkus duodenum dan tukak duodenum. Kasus yang sering dialami oleh kebanyakan orang ialah tukak duodenum. Orang bisa mendapatkan tukak di perut serta di duodenum. Sakit maag dan tukak duodenum merupakan tipe tukak lambung. Bila seseorang mempunyai salah satu nya maka orang tersebut menderita kecacatan tukak lambung. Usus 12 jari sanggup disebut juga dengan duodenum. Pengertian duodenum adalah sisi dari usus lembut yang terdapat sesudah lambung dan membungkusnya di usus kosong. Adapun fungsi duodenum adalah bertanggung jawab guna menghantarkan asupan ke usus lembut.

Tersedia banyak pengertian duodenum merupakan salah satu sisi yang amat rendah dari usus lembut. Penyakit usus 12 jari banyak dialami oleh kebanyakan orang dewasa. Tukak usus 12 jari melambangkan peradangan pada dinding usus akibat luka. Penyakit usus 12 jari mengacu pada gambaran klinis dan keadaan kecacatan yang terbentuk bila ada kekacauan pada permukaan mukosa di tingkat lambung atau sisi pertama di usus mini duodenum. Tukak duodenum secara anatomis, baik permukaan lambung dan duodenum mengandung sistem pertahanan yang mencakup elemen pra-epitel, epitel dan subepitel. Tukak usus 12 jari terjadi akibat kerusakan pada permukaan mukosa yang melampaui lapisan superfisial. Sementara sebagian besar penyakit usus 12 jari hadir dengan dispepsia sebagai gejala terkait utama, presentasi dapat berkisar dalam tingkat keparahan, termasuk perdarahan gastrointestinal, obstruksi saluran keluar lambung, perforasi, atau perkembangan fistula.

Gejala ulkus duodenum

Diagnosa ulkus duodenum

Biasanya ahli akan menggunakan informasi dari sejarah kesehatan, penelitian fisik dan tes supaya sanggup mendiagnosa ulkus duodenum. Tersedianya ulkus duodenum cuma bisa ditentukan dengan melihat langsung ke perut dengan endoskopi atau sinar-X. Namun, dokter dapat dengan cepat mengetahui dengan melihat hasil setelah mengajukan pertanyaan kepada pasien tentang keluhan yang dialami. Ketika dokter melakukan diagnosa, dokter juga akan menjelaskan fungsi duodenum merupakan kelanjutan dari prosedur pencernaan yang awalnya dimulai di rusuk dengan menerima asupan yang dicerna sekitar di abdomen dan kemudian menyelesaikan prosedur pencernaan. Dengan adanya penjelaskan mengenai fungsi duodenum, maka dapat diketahui bahwa duodenum lebih rentan terhadap tukak lambung, terutama karena paparannya sementara mengandung masam lambung yang tak digunakan sebagai salah satu bagian terpenting dari sistem pencernaan.

Beberapa pengujian yang dijalankan dokter :

  • Riwayat kesehatan

Untuk membantu mendiagnosa tukak lambung, ahli akan mengutarakan pertanyaan mengenai sejarah kesehatan, gejala, dan ramuan yang minum.

  • Ujian fisik

Penelitian fisik dapat membantu ahli mendiagnosa tukak lambung. Selama penelitian fisik, paling sering ahli menjalankan memeriksa bengah di abdomen, mendengarkan suara di dalam abdomen, ketukan di abdomen untuk memeriksa kelebutan atau nyeri.

  • Pengujian laboratorioum

Ahli akan menjalankan beberapa rangkaian pengujian akan mendapatkan perolehan diagnosa. Pengujian tersebut meliputi pengujian darah, pengujian napas urea, dan tes feses.

Penyebab ulkus duodenum

Biasanya ada kesetaraan pertengahan angka masam dan penghalang pertahanan lendir. Tukak duodenum bisa berkembang jika ada perubahan pada keseimbangan yang memungkinkan masam merusak lipatan lambung atau duodenum. 

Berbagai penyebab ulkus duodenum :

  • Penularan holicobacter pylori. Kuman yang bertahan keasaman, merupakan penyebab utama dari ulkus. Bakteri ini menyerang lipatan lumut yang lazimnya mengamankan rusuk dan usus kecil dari keasaman, dan diyakini dapat mengganggu mekanisme perlindungan ini pada beberapa orang.
  • Ramuan anti inflamasi. Ramu-ramuan ini terkadang mempengaruhi penghalang mukosa duodenum dan memungkinkan asam menyebabkan tukak usus 12 jari.
  • Unsur lainnya. Unsur lain serupa merokok, stres, dan banyak minum dapat meningkatkan risiko kesakitan tukak duodenum. Namun, ini biasanya bukan penyebab ulkus duodenum.

Gejala ulkus duodenum

Berbagai gejala tukak duodenum :

  • Mendapati nyeri di perut (mungkin datang dan pergi serta lega dengan makan atau minum antasid)
  • Mengalami gangguan pencernaan
  • Merasa sangat kenyang dan kembung setelah makan
  • Kemerosotan bobot tubuh

Terkadang maag bisa menyebabkan komplikasi serius. Terhadap perkara yang tak ditanggapi, pula sanggup terbentuk berbagai kerumitan, serupa pendarahan ulkus dan perforasi atau keruntuhan tembok yang melapisi saluran cerna.

Pengobatan ulkus duodenum

Sebelum melakukan perawatan dokter harus tetap memastikan apakah itu tukak lambung atau tukak duodenum. Bila ulkus ada di dalam perut, contoh rangkaian akan diambil guna menyingkirkan kemungkinan kecil bahwa itu adalah kanker perut. Biasanya dokter memberikan pilihan perawatan yang tepat dengan tingkat keparahan. Pengobatan tukak duodenum terhubung pada penyebab yang mendasari. Antibiotik efektif guna melenyapkan  kuman H. pylori , dan ramu-ramuan yang mengurangi atau memblokir produksi masam disarankan untuk membantu penyembuhan jaringan, serupa penghambat pompa proton dan penghambat histamin. Menghentikan penggunaan semua NSAID umumnya diperlukan dalam pengobatan maag. Dalam kasus ekstrim, pembedahan mungkin diperlukan untuk mengangkat tukak dan / atau memperbaiki jaringan yang rusak.

Antasida juga dapat membantu meredakan gejala, tetapi tidak akan menyembuhkan tukak itu sendiri. Perubahan gaya hidup juga dapat meredakan berbagai gejala dan termasuk mengelola stres, cukup tidur, menghindari alkohol, dan memperbaiki kebiasaan kesehatan pencernaan.

Referensi

  1. NCBI : Duodenal Ulcer : https://www.ncbi.nlm.nih.gov/books/NBK557390/
  2. NIH : Diagnosis of Peptic Ulcers (Stomach Ulcers) : https://www.niddk.nih.gov/health-information/digestive-diseases/peptic-ulcers-stomach-ulcers/diagnosis
  3. Patient : Duodenal Ulcer : https://patient.info/digestive-health/dyspepsia-indigestion/duodenal-ulcer
  4. Health Direct : Duodenal ulcer : https://www.healthdirect.gov.au/duodenal-ulcer
  5. Loyola Medicine : Duodenal Ulcers : https://loyolamedicine.org/digestive-health/duodenal-ulcers

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *