Takikardia

Apa itu takikardia

Penyakit takikardia adalah kondisi dimana denyut jantung melampaui 100 kali tiap menitan. Dalam kondisi wajar, jantung berdegup sebanyak 60 sampai 100 kali tiap menitan.Keadaan kecepatan degup jantung tersebut wajar terbentuk ketika pribadi sedang berkegiatan, atau melambangkan reaksi badan terhadap stres, cedera dan kecacatan. Kondisi tersebut dinamai sinus takikardia. Degup jantung ditata oleh pertanda listrik yang berikan melewati rangkaian jantung. Sakit takikardia sanggup dinyatakan aneh disaat serambi atau beranda jantung berdegup amat gesit, meskipun disaat sedang rehat. Tersedia berbagai tipe penyakit takikardia yang aneh berlandaskan letak dan penyebab takikardia, yaitu sakit takikardia terhadap beranda jantung ventrikel dan sakit takikardia supaventrikular. Bagi kecacatan sinus takikardia yang aneh tersebut, kerap kali pula tak memunculkan ciri-ciri atau kerumitan. Tetapi bila didiamkan tiada tindakan, keadaan tersebut sanggup mengacaukan kegunaan jantung sehingga memantik kerumitan parah, serupa gagal jantung.

Kerap dijumpai pertanyaan apa itu penyakit takikardia. Terdapat pula memahami mengenai takikardia artinya suatu keadaan jantung yang berdegup amat kencang dan kadangkala tak terarah. Akselerasi degup jantung tersebut sanggup kekal atau sebentar. Dalam berbagai perkara berpotensi tak memunculkan ciri-ciri apapun. DI dalam perkara lainnya, sanggup mengakibatkan pening, sakit kepala dan bahkan semaput. Oleh dikarenakan perihal tersebut sakit takikardia sanggup kisaran dari kekacauan rendah sampai kekacauan amat gawat yang sanggup mengakibatkan serangan jantung. Sedangkan sinus takikardia adalah melambangkan keadaan yang bukan dikarenakan perkara jantung melainkan penyesuaian jantung kepada tempat terkhusus. Dinamakan sinus takikardia dikarenakan tempo lazimnya degup jantung dipastikan oleh letak terkhusus di anggota badan yang dinamai simpul sinus.

Dipandang dari penjelasan dan pengertian dari penyakit takikardia adalah keadaan kecepatan degup jantung dan pengertian sinus takikardia adalah suatu keadaan yang serupa penyesuaian jantung terhadap letaknya. Maka sanggup dirangkumkan bahwa kecacatan tersebut amat berkaitan erat. Tapi kecepatan sinus takikardia terhadap jantung tersebut berpotensi terhubung dengan keadaan aneh dimana jantung melaksanakan penyesuaian dengan kecepatan temponya.

Diagnosa takikardia

Diagnosa kecacatan itu sanggup dilaksanakan melewati pengajuan pertanyaan kepada korban mengenai sejarah medis korban dan keluarga, penelitian fisik dan pengujian atau penelitian pendukung. Para ahli akan mengutarakan sejarah timbulnya ciri-ciri, kecacatan dan penyembuhan yang sudah atau sedang dilaksanakan oleh korban, serta sejarah kecacatan terhadap kelompok, dominannya tentang sejarah penyakit jantung. Dalam penelitian fisik, ahli akan menyimak degup dan tempo jantung, sehingga sanggup mengukur percepatan dan keterarahannya, serta bila dijumpai, suara jantung lainnya yang tak wajar, serupa riuh jantung.

Pertanyaan yang lazim diutarakan oleh ahli :

  • Utarakan mengenai gejala korban

  • Melaksanakan penelitian fisik

  • Melaksanakan beragam pengujian

Pengujian tersebut berpotensi tercakup :

  • Elektrokardiogram : Elektroda yang melekat terhadap selaput sanggup menilai rangsangan listrik yang diperoleh jantung.

  • Ekokardiogram : Pengujian ini melambangkan tipe pengujian ultrasonografi yang membuahkan ilustrasi jantung yang bekerja.

  • Peralatan yang sanggup dipakaikan : Korban tersebut sanggup mengangkut layar holter atau perekam kejadian. Peralatan tersebut sanggup mengawasi tempo jantung atau rangsangan listrik

  • Pengujian darah : Pengujian tersebut menolong memastikan tiroid atau perkara lainnya berperan terhadap kecacatan takikardia.

  • Pengujian terapi berkala : Pengujian tersebut sanggup menolong menemukan bagaimana kegiatan fisik mengacaukan tempo jantung.

Penyebab takikardia

Penyebab takikardia sanggup diperoleh dari sesuatu yang mengacaukan rangsangan listrik yang wajar yang mengendalikan kecepatan respon penggenjotan jantung korban. Mayoritas perihal yang sanggup membentuk penyebab takikardia atau menyumbangkan terhadap degup jantung yang kencang. Tapi dalam sebagian perkara, penyebab takikardia tak sanggup dipastikan.

Takikardia

Berbagai penyebab takikardia :

  • Anemia

  • Meminum amat berlebih yang memuat kafein

  • Berlebihan minuman beralkohol

  • Olahraga

  • Suam

  • Penekanan hipertensi

  • Ketidakstabilan elektrolit, komponen terhubung dengan mineral yang dibutuhkan guna mengirimkan rangsangan listrik

  • Dampak samping ramuan

  • Tiroid yang amat agresif

  • Stres tiba-tiba serupa kekhawatiran

Gejala takikardia

Pada sebagian perkara, kecacatan takikardia tak mengakibatkan timbulnya gejala. Tapi bila keadaan tersebut didiamkan, maka kerumitan gawat sanggup terbentuk. Kerumitan dampak dari kecacatan takikardia ialah serupa gagal jantung, stroke atau berhenti jantung. Dengan penganjuran ramuan dan metode medis, penyakit takikardia sanggup diatur. Keadaan sakit takikardia yang mengakibatkan kerumitan, terkait dari penyebab takikardia dan tipe kecacatan tersebut. Kecacatan tersebut sanggup membentuk sisi dari reaksi wajar badan terhadap kekhawatiran, suam, pelepasan darah yang kencang. Perihal tersebut pula sanggup didapati oleh perkara medis, serupa kenaikan hormon tiroid yang amat naik, yang dinamai hipertiroidisme.

Terdapat sebagian masyarakat, takikardia adalah perolehan dari aritmia jantung ( keanehan degup atau tempo jantung yang diakibatkan oleh jantung ). Kecacatan tersebut pula sanggup didapati oleh perkara peparu, serupa pneumonia atau kekakuan darah di sisi arteri peparu. Dalam perkara lainnya, kecacatan tersebut sanggup membentuk dampak samping dari berbagai asupan dan minuman.

Pengobatan takikardia

Para ahli akan memastikan yang terbagus sesudah memperoleh tuaian dari pengujian kecacatan korban. Bila korban mempunyai sinus takikardia, maka ahli akan menolong korban memastikan penyebabnya dan menganjurkan perihal-perihal guna mengurangi degup jantung korban. Perihal tersebut berpotensi tercakup pengalihan kebiasaan hidup serupa menurunkan stres atau meminum ramuan guna mengecilkan suam. Tapi bila korban mempunyai kecacatan takikardia, ahli berpotensi menganjurkan supaya korban mengurangi meminum kafein atau alkohol, memperbanyak rehat.

Pengobatan bagi kecacatan tersebut sanggup tergolong perawatan guna menata balik aliran listrik jantung atau ablasi, metode yang meleburkan susunan jantung aneh yang mengakibatkan keadaan tersebut. Ahli berpotensi pula memakai defibrillator guna mengacaukan tempo jantung yang kencang. Degup jantung yang kencang tak harus memerlukan pemulihan. Tetapi kadangkala sanggup membahayakan jiwa. Informasikan kepada ahli secepatnya bila mempunyai tipe degup jantung tak terarah.

Referensi

  1. MedicalNewsToday : Everything you need to know about tachycardia : https://www.medicalnewstoday.com/articles/175241

  2. Mayo Clinic : Tachycardia : https://www.mayoclinic.org/diseases-conditions/tachycardia/symptoms-causes/syc-20355127

  3. Harvard Health Publishing : Tachycardia : https://www.health.harvard.edu/a_to_z/tachycardia-a-to-z

  4. WebMD : Tachycardia: Causes, Types, and Symptoms : https://www.webmd.com/heart-disease/atrial-fibrillation/what-are-the-types-of-tachycardia

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *