Spina bifida

Apa itu spina bifida

Mayoritas orang belum mengerti dari pengertian spina bifida. Bila bisa dijelaskan bahwa pengertian spina bifida melambangkan kecacatan lahiriah yang terjadi saat rangka pangkal dan sumsum rangka pangkal tidak diciptakan dengan sempurna. Penyakit spina bifida bisa disebut kecacatan pembuluh saraf. 

Maka dari itu pengertian spina merupakan duri dalam arti sebenarnya yakni benjolan di permukaan epidermis yang dibentuk oleh sel-sel atau jaringan daerah stele. Dengan demikian diawali oleh pengertian spina diharapkan penderita memahami dasar dari penyakit spina bifida.

Spina bifida adalah macam cacat yang timbul di awal perkembangan janin. Penyakit spina bifida melambangkan kecacatan pembuluh saraf, dimana otak atau rangka pangkal saja tidak tumbuh secara lazim di dalam kandungan. 

Ada tiga macam spina bifida berdasarkan tahap keseriusan, ialah:

  • Myelomeningocele. Bentuk amat parah dicirikan dengan penonjolan sumsum rangka pangkal dan selaputnya melalui cela di rangka pangkal
  • Meningocele. Hanya meninges yang menyembul
  • Spina bifida occulta. Wujud lebih gampang, saluran pada rangka pangkal yang ditutupi tudung

Selain daripada itu spina bifida mempunyai beraneka macam. Spina bifida occulta adalah macam spina bifida amat gampang. Sebutan lain dari spina bifida occulta adalah spina bifida terlindung. Terdapat saluran kecil di rangka pangkal, namun tidak ada lubang atau saku di pinggul. Seringkali, Spina Bifida Occulta tidak dijumpai sampai penghujung zaman anak-anak atau dewasa. Macam spina bifida ini lazimnya tidak mengakibatkan kecacatan apapun.

Patofisiologi spina bifida

Patofisiologi spina bifida berkaitan dengan kegagalan plat tuba agar menyatu dan membungkus. Maka sebab itu penting memahami embriogenesis dari plat neural. Kegagalan penutupan ini mengakibatkan paparan yang berkepanjangan cairan ketuban pada tuba neural yang berujung pada kematian sel neuron dan menghasilkan defek neurologis yang tergantung dari level neuro segmental yang terkena.

Penyebab spina bifida

Penyebab spina bifida masih belum diketahui. Kesalahan terjadi pada dua bulan pertama setelah pembuahan. Telah terbukti bahwa perempuan yang mempunyai tahap asam folat (vitamin B) yang rendah amat mungkin membuahkan keturunan dengan kecacatan pembuluh saraf. 

Spina hampir tentu bukan diakibatkan oleh satu gen, dan bisa diterima di semua kehamilan. Dokter belum percaya yang menjadi penyebab spina bifida. Spina amat kerap terjadi pada kulit putih dan hispanik, dan wanita amat kerap terkena ketimbang laki-laki. 

Bermacam faktor resiko dari spina bifida, yakni:

  • Kekurangan folat
  • Sejarah keluarga kecacatan pembuluh saraf
  • Beberapa obat
  • Diabetes
  • Kegemukan
  • Penambahan suhu tubuh

Unsur keturunan dan lingkungan bisa berperan sebagai penyebab spina bifida. Lazimnya, riwayat keluarga spina bifida melambangkan unsur risiko mempunyai anak dengan spina bifida. 

Diagnosa spina bifida

Terkadang spina bifida diindikasikan dengan ciri yang terlihat pada kulit tepat diatas kerusakan. Contohnya termasuk bercak rambut tebal, perkembangan, pigmen yang tidak biasa, lesung pipit yang sangat besar, atau lapisan lemak. 

Spina bifida bisa dengan mudah diagnosa saat lahir. Baik myelomeningocele dan meningocele terlihat terang, dan spina bifida occulta kerap ditunjukkan oleh seberkas rambut atau lesung pipit di kulit di ujung bawah rangka pangkal. Diagnosis ini akan dikonfirmasi dengan ultrasound atau magnetic resonance imaging (MRI), yang akan mengungkap dimensi dan letak lesi di rangka pangkal.

Spina bifida pada bayi baru lahir

Sejak kehamilan, otak dan rangka pangkal dimulai sebagai pelat datar sel. Pelat ini menggulung menjadi saluran, yang disebut pembuluh saraf. Saluran betul-betul tercipta 28 hingga 32 hari setelah pembuahan. Jika semua atau beberapa dari tabung saraf urung membungkus, ini meninggalkan lubang.

Spina bifida pada bayi baru lahir akan menghadapi pembuluh saraf terbungkus dan meninggalkan lubang. Pembuluh saraf tersebut tidak menutup di sebagian titik di sepanjang rangka pangkal. Kecacatan pembuluh saraf bisa didapati oleh gen yang diturunkan dari kedua orang tuanya (diwariskan). Spina bifida pada bayi baru lahir dapat diakibatkan oleh unsur lingkungan misalkan kegemukan atau diabetes yang tidak terkontrol pada ibu dan beberapa obat resep.

Gejala spina bifida

Mayoritas pasien spina bifida mempunyai tingkat kelumpuhan tertentu, biasanya di organ bagian bawah. Sifat kecacatan bergantung pada letak dan tahap keseriusan cedera rangka pangkal. Gejala spina bifida amat jelas berpotensi pada rambut atau tanda lahir

Gejala spina bifida lazimnya, ialah:

  • urat paha kendur, dalam sebagian masalah bayi tidak bisa berpindah sama sekali
  • Wujud paha tidak biasa, punggung tidak rata, atau rangka pangkal melengkung
  • Kaku
  • Kasus usus atau kandung kemih

Anak-anak juga berpotensi mempunyai kesulitan bernafas, menelan, atau menggerakkan lengan. Tanda dan gejalanya sangat bergantung pada letak masalah di rangka pangkal dan saraf rangka pangkal mana yang terlibat.

Pengobatan spina bifida

Pengobatan spina bifida mempunyai dua varian, yakni:

  • Sebelum melahirkan. Perempuan umur produktif bisa mengurangi efek membuahkan anak dengan spina bifida dengan mengonsumsi 400 mikrogram (mcg) asam folat setiap hari sebelum pembuahan.
  • Bedah embrio. Perbaikan defek saat embrio masih di dalam kandungan versus perbaikan sesudah lahir dan memberikan tuaian yang menggembirakan, tetapi beragam. Operasi janin cuma dipertimbangkan di pokok spesialisasi dengan tim yang berpengalaman dalam bedah janin.

Karena melibatkan pelapukan saraf, macam spina bifida yang amat serius tidak bisa disembuhkan. Sebagian berpotensi membutuhkan kateterisasi agar memungkinkan keluarnya urin. Operasi, fisioterapi, dan pengobatan difungsikan agar menyembuhkan sebagian efek spina bifida dan berpotensi diperlukan sepanjang hidup pasien untuk mencegah dan menangani komplikasi tertentu. 

Referensi

  1. Mayo Clinic : Spina bifida : https://www.mayoclinic.org/diseases-conditions/spina-bifida/symptoms-causes/syc-20377860
  2. Aans.org : Spina Bifida : https://www.aans.org/en/Patients/Neurosurgical-Conditions-and-Treatments/Spina-Bifida
  3. Webmd : What Is Spina Bifida? : https://www.webmd.com/parenting/baby/spina-bifida
  4. Clevelandclinic : Spina Bifida : https://my.clevelandclinic.org/health/diseases/8719-spina-bifida
  5. Stanfordchildrens.org : Spina Bifida in Children : https://www.stanfordchildrens.org/en/topic/default?id=spina-bifida-90-P02415
  6. Columbiaspine.org : Spina Bifida Occulta : https://www.columbiaspine.org/condition/spina-bifida-occulta/
  7. Spinabifidaassociation.org : Spina Bifida Occulta : https://www.spinabifidaassociation.org/resource/occulta/

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *