Polycystic Ovary Syndrome (PCOS)

Polycystic ovary syndrome (PCOS) adalah suatu kondisi yang mempengaruhi kadar hormon wanita. Wanita dengan PCOS menghasilkan hormon pria dalam jumlah lebih tinggi dari normal. Ketidakseimbangan hormon ini menyebabkan mereka melewatkan periode menstruasi dan membuatnya lebih sulit bagi mereka untuk hamil.

PCOS juga menyebabkan pertumbuhan rambut pada wajah dan tubuh, serta kebotakan. Dan itu dapat berkontribusi pada masalah kesehatan jangka panjang seperti diabetes dan penyakit jantung.

Pil KB dan obat diabetes dapat membantu memperbaiki ketidakseimbangan hormon dan memperbaiki gejala.

Baca terus untuk melihat penyebab PCOS dan efeknya pada tubuh wanita.

apa itu pcos adalah

Apa itu PCOS

PCOS adalah masalah dengan hormon yang mempengaruhi pada wanita selama masa subur mereka ( usia 15 hingga 44 ). Antara 2,2 dan 26,7 persen wanita dalam kelompok usia ini memiliki PCOS ( 1,2 trusted source ).

PCOS mempengaruhi ovarium wanita, organ reproduksi yang menghasilkan estrogen dan progesteron – hormon yang mengatur siklus menstruasi. Ovarium juga menghasilkan sejumlah kecil hormon pria yang disebut androgen.

Indung telur melepaskan sel telur untuk dibuahi oleh sperma pria. Pelepasan sel telur setiap bulan disebut ovulasi.Hormon perangsang folikel ( FSH ) dan hormon luteinizing ( LH ) mengendalikan ovulasi. FSH merangsang ovarium untuk menghasilkan folikel – kantung yang mengandung telur – dan kemudian LH memacu ovarium untuk melepaskan sel telur yang matang.

PCOS adalah “ sindrom “ atau sekelompok gejala yang mempengaruhi ovarium dan ovulasi, tiga fitur utamanya adalah :

  • Kista di ovarium
  • Tingkat hormon pria yang tinggi
  • Periode yang tidak teratur atau dilewati

Pada PCOS, banyak kantong kecil berisi cairan tumbuh di dalam ovarium. Kata polikistik berarti banyak kista.

Kantong – kantong ini sebenarnya adalah folikel,masing – masing berisi sel telur yang belum matang. Telur tidak pernah cukup matang untuk memicu ovulasi.

Kurangnya ovulasi mengubah kadar estrogen, progesteron, FSH dan LH. Kadar estrogen dan progesteron lebih rendah dari biasanya, sedangkan kadar androgen lebih tinggi dari biasanya.

Hormon ekstra pria mengganggu siklus menstruasi, sehingga wanita dengan PCOS mendapatkan menstruasi lebih sedikit dari biasanya. 

PCOS bukan kondisi baru. Dokter Italia Antonio Vallisneri pertama kali menggambarkan gejala nya pada 1721.

Ringkasan sindrom ovarium polikistik ( PCOS ) mempengaruhi hingga hampir 27 persen wanita selama masa subur mereka. Ini melibatkan kista di ovarium, kadar hormon pria lebih tinggi, dan menstruasi yang tidak teratur.

pcos adalah

Apa yang menyebabkannya 

Dokter tidak tahu persis apa yang menyebabkan PCOS. Mereka percaya bahwa kadar hormon pria yang tinggi mencegah ovarium memproduksi hormon dan membuat telur secara normal.

Gen, resistensi insulin, dan peradangan semua nya terkait dengan produksi androgen yang berlebihan.

Gen

Studi menunjukkan bahwa PCOS berjalan pada keluarga. Sangat mungkin bahwa banyak gen – bukan hanya satu – berkontribusi terhadap kondisi.

Resistensi insulin

Hingga 70 persen wanita dengan PCOS memiliki resistensi insulin, artinya sel – sel mereka tidak dapat menggunakan insulin dengan baik. Insulin adalah hormon yang diproduksi pankreas untuk membantu tubuh menggunakan gula dari makanan untuk energi.

Ketika sel tidak dapat menggunakan insulin dengan baik, permintaan tubuh akan insulin meningkat. Pankreas menghasilkan lebih banyak insulin sebagai kompensasi. Insulin tambahan memacu ovarium untuk menghasilkan lebih banyak hormon pria.

Obesitas adalah penyebab utama resistensi insulin. Obesitas dan resistensi insulin dapat meningkatkan risiko diabetes tipe 2.

Peradangan

Wanita dengan PCOS sering mengalami peningkatan tingkat peradangan dalam tubuh mereka. Kelebihan berat badan juga dapat mengkontribusi terhadap peradangan. Studi telah menghubungkan peradangan berlebih dengan tingkat androgen yang lebih tinggi.

Gejala PCOS paling umum adalah 

  • Periode tidak teratur. Kurangnya ovulasi mencegah lapisan rahim dari penumpahan setiap bulan. Beberapa wanita dengan PCOS mendapatkan kurang dari delapan periode setahun.
  • Pendarahan hebat. Lapisan rahim menumpuk untuk periode waktu yang lebih lama, sehingga periode yang anda dapatkan bisa lebih berat dari biasanya.
  • Pertumbuhan rambut. Lebih dari 70 persen wanita dengan kondisi ini menumbuhkan rambut di wajah dan tubuh mereka. Termasuk di punggung, perut, dan dada. Pertumbuhan rambut yang berlebihan disebut hirsutisme
  • Jerawat. Hormon pria dapat membuat kulit lebih berminyak dari biasanya dan menyebabkan berjerawat pada area seperti wajah, dada, dan punggung atas.
  • Berat badan bertambah. Hingga 80 persen wanita dengan PCOS kelebihan berat badan atau obesitas.
  • Kebotakan pada pria. Rambut kulit kepala menjadi lebih tipis dan rontok.
  • Kulit menjadi gelap. Bercak hitam pada kulit dapat berbentuk pada lipatan tubuh  seperti leher, di pangkal paha, dan dibawah payudara.
  • Sakit kepala. Perubahan hormon dapat memicu sakit kepala pada beberapa wanita.

Ringkasan PCOS dapat mengganggu siklus menstruasi, menyebabkan periode lebih sedikit. Jerawat, pertumbuhan rambut, pertambahan berat badan dan bercak kulit gelap adalah gejala lain dari kondisi ini.

penyakit pcos adalah

Bagaimana PCOS mempengaruhi tubuh anda 

Memiliki tingkat androgen yang lebih tinggi dari normal dapat mempengaruhi kesuburan dan aspek kesehatan lain.

Infertilitas

Untuk hamil, anda harus berovulasi. Wanita yang tidak berovulasi teratur tidak melepaskan banyak telur untuk dibuahi. PCOS adalah salah satu penyebab utama ketidaksuburan pada wanita.

Sindrom metabolik

Hingga 80 persen wanita dengan PCOS berlebihan berat badan atau obesitas ( 13 sumber terpercaya ). Obesitas dan PCOS meningkatkan risiko gula darah tinggi, tekanan darah tinggi, kolesterol HDL ( baik ) rendah, dan kolesterol LDL ( buruk ) tinggi.

Bersama-sama, faktor-faktor ini disebut sindrom metabolik, dan mereka meningkatkan risiko penyakit jantung, diabetes dan stroke.

Sleep apnea

Kondisi ini menyebabkan pernapasan berulang-ulang berhenti pada malam hari, yang mengganggu tidur. Sleep apnea lebih sering terjadi pada wanita yang kelebihan berat badan – terutama jika mereka juga menderita PCOS. Risiko apnea tidur adalah 5 sampai 10 kali lebih tinggi pada wanita gemuk dengan PCOS daripada pada mereka yang tidak PCOS.

Kanker endometrium

Selama ovulasi, lapisan rahim keluar. Jika anda tidak berovulasi setiap bulan, lapisannya bisa menumpuk. Lapisan uterus yang menebal dapat meningkatkan risiko kanker endometrium.

Depresi

Perubahan hormon dan gejala seperti pertumbuhan rambut yang tidak diinginkan dapat mempengaruhi emosi anda secara negatif. Banyak penderita PCOS yang akhirnya mengalami depresi dan kecemasan.

Ringkasan ketidakseimbangan hormon dapat mempengaruhi kesehatan wanita dalam banyak hal. PCOS dapat meningkatkan risiko infertilitas, sindrom metabolik, sleep apnea, kanker endometrium, dan depresi.

Bagaimana PCOS diagnosis

    Dokter biasanya mendiagnosis PCOS pada wanita yang memiliki setidaknya dua dari tiga gejala ini:

  • Kadar androgen tinggi. 
  • Siklus haid yang tidak teratur.
  • Kista di ovarium

Dokter anda juga harus bertanya apakah anda memiliki gejala seperti jerawat, pertumbuhan rambut wajah dan tubuh, dan kenaikan berat badan.

Pemeriksaan panggul dapat mencari masalah dengan indung telur anda atau bagian lain dari saluran reproduksi anda. Selama tes ini, dokter anda akan memasukkan jari bersarung ke dalam vagina anda dan memeriksa pertumbuhan ovarium atau rahim anda.

Tes darah memeriksa kadar hormon pria lebih tinggi dari normal. Anda mungkin juga memiliki tes darah untuk memeriksa kadar kolesterol, insulin, dan trigliserida untuk mengevaluasi risiko anda untuk kondisi terkait seperti penyakit jantung dan diabetes.

USG menggunakan gelombang suara untuk mencari folikel abnormal dan masalah lain dengan ovarium dan rahim anda.

Kehamilan dan PCOS

PCOS mengganggu siklus menstruasi normal dan membuat lebih sulit untuk hamil. Antara 70 dan 80 persen wanita dengan PCOS memiliki masalah kesuburan.

Kondisi ini juga dapat meningkatkan risiko komplikasi kehamilan. Wanita dengan PCOS dua kali lebih mungkin dibandingkan dengan wanita tanpa kondisi untuk melahirkan bayinya secara prematur. Mereka juga berisiko lebih besar mengalami keguguran, tekanan darah tinggi, dan diabetes gestasional.

Namun, wanita dengan PCOS bisa hamil menggunakan perawatan kesuburan yang meningkatkan ovulasi. Kehilangan berat badan dan menurunkan kadar gula darah dapat meningkatkan peluang anda untuk memiliki kehamilan yang sehat.

Tips diet dan gaya hidup untuk mengobati PCOS 

 Perawatan untuk PCOS biasanya dimulai dengan perubahan gaya hidup seperti penurunan berat badan, diet dan olahraga.

 Kehilangan hanya 5 sampai 10 persen dari berat anda dapat membantu mengatur siklus menstruasi anda dan meningkatkan gejala PCOS. Penurunan berat badan juga dapat meningkatkan kadar kolesterol, menurunkan insulin dan mengurangi risiko penyakit jantung dan diabetes.

 Diet apapun yang membantu anda menurunkan berat badan dapat membantu kondisi anda. Namun, beberapa diet mungkin memiliki keunggulan dibandingkan yang lain.

Studi yang membandingkan diet untuk PCOS telah menemukan bahwa diet rendah karbohidrat efektif untuk menurunkan berat badan dan menurunkan kadar insulin. Diet indeks glikemik rendah ( IG rendah ) yang mendapatkan sebagian besar karbohidrat dari buah-buahan, sayuran,dan biji-bijian membantu mengatur siklus menstruasi lebih baik dari pada diet penurunan berat badan biasa.

lahraga bahkan lebih bermanfaat jika dikombinasikan dengan diet sehat. Diet dan olahraga membantu anda menurunkan berat badan lebih dari satu intervensi saja, dan ini menurunkan risiko diabetes dan penyakit jantung.

Ada beberapa bukti bahwa akupuntur dapat membantu meningkatkan PCOS, tetapi penelitian lebih lanjut diperlukan.

Perawatan medis umum

Pil KB dan obat-obatan lainnya dapat membantu mengatur siklus menstruasi dan mengobati gejala PCOS seperti pertumbuhan rambut dan jerawat.

 Kontrol kelahiran

Mengkonsumsi estrogen dan progestin setiap hari dapat mengembalikan keseimbangan hormon normal, mengatur ovulasi, meredakan gejala seperti pertumbuhan rambut berlebih, dan melindungi terhadap kanker endometrium. Hormon-hormon ini datang dalam bentuk pil, patch, atau cincin vagina.

 Metformin

Metformin ( Glucophage, Fortamet ) adalah obat yang digunakan untuk ,mengobati diabetes tipe 2. Ini juga memperlakukan PCOS dengan meningkatkan kadar insulin.

Satu studi menemukan bahwa mengambil metformin sambil melakukan perubahan diet dan olahraga meningkatkan penurunan berat badan, menurunkan gula darah, mengembalikan siklus menstruasi normal lebih baik daripada perubahan diet dan olahraga saja.

Clomiphene

Clomiphene ( Clomid ) adalah obat kesuburan yang dapat membantu wanita dengan PCOS hamil. Namin itu meningkatkan risiko untuk kembar dan kelahiran kembar lainnya.

Obat-obat hair removal

Beberapa perawatan dapat membantu menghilangkan rambut yang tidak diinginkan atau menghentikannya tumbuh. Krim Eflornithine ( Vaniqa ) adalah obat resep memperlambat pertumbuhan rambut. Laser hair removal dan elektrolisis dapat menghilangkan rambut yang tidak diinginkan pada wajah dan tubuh.

Operasi 

Pembedahan dapat menjadi pilihan untuk meningkatkan kesuburan jika perawatan lain tidah berhasil. Pengeboran ovarium adalah prosedur yang membuat lubang kecil di ovarium dengan laser atau jarum yang dipanaskan tipis untuk mengembalikan ovulasi normal.

pcos adalah adalah

Kapan harus ke dokter, temui dokter anda jika :

  • Anda melewati menstruasi dan tidak hamil
  • Anda memiliki gejala PCOS, seperti pertumbuhan rambut di wajah dan tubuh.
  • Anda sudah mencoba untuk selama lebih 12 bulan tetapi belum berhasil
  • Anda memiliki gejala diabetes, seperti haus dan kelaparan yang berlebihan, penglihatan kabur, atau penurunan berat badan yang tidak dijelaskan

Jika anda memiliki PCOS,rencanakan kunjungan rutin dengan dokter perawatan primer anda. Anda akan memerlukan tes rutin untuk memeriksa diabetes, tekanan darah tinggi, dan kemungkinan komplikasi lainnya.

Kesimpulan

PCOS dapat mengganggu siklus menstruasi wanita dan membuatnya lebih sulit hamil. Tingginya kadar hormon pria juga menyebabkan gejala yang tidak diinginkan seperti pertumbuhan rambut di wajah dan tubuh.

Intervensi gaya hidup adalah perawatan pertama yang direkomendasikan dokter untuk PCOS, dan mereka sering bekerja dengan baik. Penurunan berat badan dapat mengobati gejala PCOS dan meningkatkan kemungkinan hamil. Diet dan latihan aerobik adalah dua cara efektif untuk menurunkan berat badan.

Obat-obatan adalah pilihan jika perubahan gaya hidup tidak berhasil. Pil KB dan metformin dapat mengembalikan siklus menstruasi yang lebih normal dan mengurangi gejala PCOS.

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *