Pityriasis Rosea Gibert

Pityriasis rosea adalah lebam yang lazimnya diawali sebagai bintik bundaran atau oval lebar di payudara, abdomen, atau pundak bisa juga disebut penyakit umum. Lazimnya diikuti oleh partikel-partikel kecil yang menyapu dari tengah tubuh dalam bentuk yang menyerupai cabang pohon pinus yang terkulai.

Sebutan lain yang amat kerap dipakai oleh dokter ialah herald patch. Herald patch adalah penyakit selaput yang dicirikan dengan lebam merah yang bersisik dan agak menyembul. Lebam tersebut lazimnya berasa gatal, tetapi kadang juga bukan terasa gatal. Maka dari itu pityriasis rosea hampir sama pengertiannya dengan herald patch, yang melambangkan tipe penyakit selaput.

Pityriasis rosea bisa menyerbu pada segala golongan umur. Lazimnya lenyap sendirinya dalam jangka 10 minggu. Pengertian secara mudahnya pengertian pityriasis adalah penyakit selaput lazimnya yang berwujud bercak kemerahan.

Gejala pityriasis rosea

Diagnosa pityriasis rosea

Untuk mendapatkan diagnosa pityriasis rosea diperlukan berbagai pengujian. Pertanyaan klinis dan berbagai pertanyaan biasanya diajukan oleh dokter kepada pasien yang terkena pityriasis. Terkadang diperlukan usapan dari area plak, karena pityriasis mungkin menyerupai herpes yang beredar yang diakibatkan oleh cendawan.

Berbagai obat bisa mengakibatkan lebam yang tampak semisal pityriasis rosea, maka perlu agar mengenyampingkan obat-obat yang mengakibatkan lebam itu. Terkadang, pengujian yang dijalankan oleh dokter agar menyingkirkan beberapa kondisi seperti infeksi. Saat pengujian diperlukan oleh dokter, mungkin ada sebagian kulit akan diangkat atau memesan tes darah.

Penyebab pityriasis rosea

Walaupun penyebab jelasnya tetap tidak ditemukan, dokter mengira itu terkait dengan penularan wabah, dominannya berbagai wujud herpes. Ini lazimnya mendampakkan kanak-kanak, masa muda, dan orang baliq. Meskipun bisa timbul pada masyarakat dari segala usia. Itu pula dapat mempengaruhi pasien bila pasien sedang mengandung .

Salah satu yang dicurigai sebagai pemantik adalah penularan wabah herpes. Tetapi lantas, wabah herpes pada masalah pityriasis rosea berbagai dengan wabah yang mengakibatkan herpes rumpun. Selain itu, penting dipahami juga bahwa kekacauan ini bukan tergolong penyakit yang menjangkiti dari satu orang ke orang lain.

Gejala pityriasis rosea

Kebanyakan orang bukan melihat gejala apapun dengan pityriasis rosea kecuali timbulnya lebam itu sendiri. Pityriasis rosea mempunyai wujud lebam yang khusus. Lebam lazimnya berwujud oval dan lumayan lebar yang disebut herald patch, dan lazimnya timbul di payudara atau di pundak. Kira-kira dua hari sampai dua minggu mendatang, dapat timbul limpahan lebam yang berukuran amat sedikit di payudara, pundak, atau leher. 

Beberapa gejala pityriasis rosea :

  • Terasa gatal menurun dan sebentar-sebentar terbuat pada kira-kira 50% orang yang terkena, terutama saat orang olahraga dan mandi air panas.
  • Rasa gatal tampaknya meningkat seiring stres
  • Biasanya disertai gejala mirip flu, seperti sakit tenggorokan, kecapekan, mual, pegal, dan nafsu makan menurun.
  • Mayoritas orang dalam keadaan segar dan bukan menunjukan gejala lain.

Pityriasis rosea mempunyai wujud lebam yang khusus. Lebam lazimnya berwujud oval dan lumayan lebar yang disebut herald patch, dan lazimnya timbul di payudara atau di pundak. Kira-kira dua hari sampai dua minggu mendatang, dapat timbul melimpah lebam yang berukuran amat kecil di payudara, pundak, atau leher.

Pengobatan pityriasis rosea

Dokter kemungkinan merekomendasikan penggunaan sabun nabati yang halus, seperti sabun susu oat misalnya. Jika lesi menyebabkan gatal, obat pityriasis rosea yang berupa  kortikosteroid atau antihistamin dapat diresepkan, atau bahkan beberapa sinar UV. Meskipun ruam ini menghilang tanpa meninggalkan bekas luka, beberapa orang menemukan adanya perubahan warna pada kulit mereka selama beberapa bulan. Tidak ada pengobatan yang akan membersihkan ruam lebih cepat dari pengobatan alami.

Pengobatan yang mungkin akan membantu :

  • Hindari sabun wangi.
  • Sebisa mungkin cobalah untuk menggaruk. Dianggap bahwa menggaruk dapat memperburuk rasa gatal dan lingkaran setan gatal-garuk dapat berkembang dengan menggaruk secara teratur.
  • Krim sederhana dapat menenangkan kulit dan mengurangi rasa gatal
  • Krim atau salep mentol bisa mendinginkan dan menenangkan
  • Tablet antihistamin dapat membantu mengurangi rasa gatal 
  • Krim steroid jika rasa gatal semakin parah
  • Perawatan sinar ultraviolet 

Tidak ada perawatan yang diperlukan. Bercak merah berkembang menjadi  penyembuhan antara 5 dan 8 minggu setelah muncul dan tidak meninggalkan bekas.Tapi kepergian mereka terkadang bisa lebih lama (2-3 bulan). Para dokter biasanya memberikan resep berupa obat pityriasis rosea ke pasien.

Referensi

  1. Mayo Clinic : Pityriasis rosea : https://www.mayoclinic.org/diseases-conditions/pityriasis-rosea/symptoms-causes/syc-20376405
  2. AAD : PITYRIASIS ROSEA: DIAGNOSIS AND TREATMENT : https://www.aad.org/public/diseases/a-z/pityriasis-rosea-treatment
  3. WebMD : What Is Pityriasis Rosea? : https://www.webmd.com/skin-problems-and-treatments/whats-pityriasis-rosea#1
  4. MedicineNet : Pityriasis Rosea : https://www.medicinenet.com/pityriasis_rosea/article.htm
  5. Patient : Pityriasis Rosea : https://patient.info/childrens-health/viral-skin-infections-leaflet/pityriasis-rosea

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *