Osteosarcoma

Apa itu osteosarcoma

Osteosarcoma adalah sebuah barah rangka primer yang amat lazim. Ini amat kerap menyerbu kanak-kanak, masa muda dan dewasa. Osteosarcoma yang sangat agresif membutuhkan kemoterapi dan penyayatan. Lazimnya penjelasan secara gampang tentang osteosarcoma merupakan dapat berupa pengertian osteosarcoma ialah tipe barah rangka yang diawali di jaringan-jaringan pencipta rangka. Osteosarcoma amat kerap dijumpai di rangka panjang dan amat kerap di pangkal. Tetapi, terkadang di tangan bisa dimulai di rangka manapun. Dalam perkara yang amat langka, ini terbuat di rangkaian di keluaran rangka.

Selain dari penjelasan tentang kanker osteosarcoma, terdapat pula pengertian osteosarcoma adalah tipe barah yang menghasilkan rangka yang tidak matang. Ini adalah tipe barah amat lazim yang timbul di rangka, dan lazimnya dijumpai di penghabisan rangka panjang, seringkali di sekeliling dengkul. Osteosarcoma bisa bertumbuh di berbagai bagian kerangka. Tetapi, amat kerap melihat barah di penghabisan rangka sebelah penyambungan. Osteosarkoma amat kerap terbuat di dengkul di penghabisan dasar rangka pangkal atau penghabisan atas tibia. Mereka juga telah diamati di pinggang, pundak, pinggul, rangka ekor, kerangka dan rahang.

Diagnosa osteosarcoma

Agar mendiagnosa kanker osteosarcoma, dokter mungkin memulai dengan pemeriksaan fisik agar sangat mengerti gejalanya.

Beberapa metode agar memperoleh diagnosa osteosarcoma :

  • Pengujian pencitraan. Pengujian pencitraan menolong dokter mengusut tanda rangka, memburu barah dan memburu ciri-ciri bahwa barah sudah meluas.
  • Menghapus contoh jaringan agar pengujian ( biopsi ). Metode biopsi dilakukan supaya mengelompokkan contoh jaringan yang menyangka untuk pengujian makmal.

Penentuan tipe biopsi yang dibutuhkan dan cara spesifiknya membutuhkan perencanaan yang matang. Dokter butuh melakukan biopsi dengan metode yang tidak akan mengganggu operasi pengangkatan kanker osteosarcoma.

Penyebab osteosarcoma

Seperti banyak tipe barah lainnya, penyakit osteosarcoma memiliki asal usul yang bukan sepenuhnya dipahami. Setelah diamati perkembangan penyakit osteosarcoma dapat disebabkan oleh berbagai unsur.

Unsur penyebab osteosarcoma amat umum :

  • Tipe barah mata
  • Penyakit rangka jinak
  • Keadaan jarang yang mendominasi berbagai tipe neoplasma

Berbagai unsur dampak kanker osteosarcoma :

  • Pertumbuhan tulang yang cepat. Risiko osteosarcoma meningkat selama percepatan pertumbuhan anak.
  • Paparan radiasi. Ini mungkin terjadi dari pengobatan untuk jenis kanker lain. Ini bisa memakan waktu beberapa atau beberapa tahun untuk terjadi.
  • Faktor genetik. Penyakit osteosarcoma salah satu dari beberapa jenis kanker langka pada orang muda. Ini mungkin terkait dengan gen retinoblastoma, yang dapat dikaitkan dengan kanker mata pada anak kecil atau dengan tumor lain pada anak-anak dan dewasa muda yang melibatkan mutasi gen.

Gejala osteosarcoma

Lazimnya rangka yang terdampak oleh kanker osteosarcoma adalah rangka pangkal, rangka gersang, dan rangka dengkul. Neoplasma pula dapat terbentuk pada rangka pundak, rangka panggul atau rangka rahang.

Berbagai gejala osteosarcoma :

  • Linu rangka yang dalam yang membangkitkan
  • Penggelembungan atau tonjolan di tempat neoplasma tinggal
  • Kemerosotan bobot tubuh secara mendadak
  • Kelelahan
  • Kesulitan bernapas
  • Demam atau keringat malam

Beberapa nyeri tungkai dan bengkak biasa terbuat pada kanak-kanak yang dalam berkembang dan aktif. Bicaralah pada dokter bila ciri-ciri belum lenyap dalam beberapa minggu atau bila semakin parah.

Pengobatan osteosarcoma

Pengobatan osteosarcoma sesuai dengan berbagai hal, termasuk bilamana neoplasma itu berada, seberapa gesit pertumbuhannya, dan apakah itu menyebar. Umur dan kesehatan secara keseluruhan juga akan menjadi faktor penyebabnya. Penawar kanker osteosarcoma bekerja paling baik ketika pasien memulai sebelum barah meluas ke keluaran rangka ke rangkaian atau organ lain. Kebanyakan orang menemukan tumor lebih awal karena mengakibatkan perasaan kesakitan, bengkak, atau lemas. 

Berbagai penawar bagi kanker osteosarcoma :

  • Operasi. Tujuan dari pembedahan adalah untuk mengambil seluruh barah. Bahkan berbagai jaringan yang ketinggalan bisa tumbuh menjadi tumor baru.
  • Kemoterapi. Kemoterapi memakai obat keras supaya membasmi jaringan barah atau mengakhiri perkembangannya.
  • Terapi sinaran. Sinar-X berkekuatan tinggi bisa membasmi jaringan barah. Lazimnya disebut osteosarcoma X ray, yang diartikan sinaran tidak berjalan dengan semestinya pada sel osteosarcoma semisal halnya pada barah lainnya.
  • Terapi baru. Para ahli dalam menganalisa campuran obat kemo terbaik supaya menyembuhkan osteosarcoma dan menguji tipe obat yang amat modern. Ahli pula sedang mengerjakan terapi sinaran yang amat kuat dan lebih bertarget.

Referensi

  1. Mayo Clinic : Osteosarcoma : https://www.mayoclinic.org/diseases-conditions/osteosarcoma/diagnosis-treatment/drc-20351053
  2. Cleveland Clinic : Osteosarcoma : https://my.clevelandclinic.org/health/diseases/15041-osteosarcoma
  3. UPMC : Osteosarcoma (Bone Cancer) : https://www.upmc.com/services/neurosurgery/brain/conditions/brain-tumors/osteosarcoma#symptomsdiagnosis
  4. WebMD : Osteosarcoma : https://www.webmd.com/cancer/what-is-osteosarcoma#3

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *