Luka atau Tukak Lambung

Pemahaman

Tukak adalah luka (bisul) yang lambat sembuh atau terus muncul kembali, terbuka dan menyakitkan. Sedangkan lambung adalah organ berotot yang terletak di sisi kiri perut bagian atas, penerima makanan dari kerongkongan. Saat makanan mencapai ujung kerongkongan, ia memasuki perut melalui katup otot yang disebut sfingter esofagus bagian bawah. Lambung mengeluarkan asam dan enzim yang mencerna makanan.

Tukak lambung adalah kondisi yang mengacu pada luka di dalam lapisan lambung (tukak peptik) atau duodenum (bagian usus yang mengikuti lambung). Penyebab lambung luka karena ketidakseimbangan antara keasaman sekresi lambung (yang memungkinkan pencernaan) dan mekanisme pertahanan lambung yang melindunginya dari aksi asam ini. Lapisan menjadi tidak mencukupi, cairan menyerang selaput lendir yang menyebabkan radang lambung hingga kemudian menjadi tungkak.

Etiologi tukak lambung

Beberapa penyebabnya:

  • Asupan obat antiinflamasi nonsteroid (aspirin, ibuprofen, kodein) adalah penyebab utama kedua dari munculnya luka lambung

  • Dalam banyak kasus penyakit infeksi lambung pada mukosa yang disebabkan oleh bakteri Helicobacter pylori, bakteri ini paling sering tertular melalui mulut di masa kanak-kanak.

Faktor lain yang meningkatkan sekresi asam juga berkontribusi pada pembentukan tukak:

  • Merokok
  • Stres yang berkepanjangan
  • Mengkonsumsi makanan yang sangat asam atau pedas, kopi, teh atau alkohol.
Luka atau Tukak Lambung

Gejala tukak lambung

Tanda tukak usus duodenum bervariasi dari orang ke orang dan tergantung pada intensitas pertandanya. Penyakit tukak lambung bermanifestasi sebagai nyeri di daerah epigastrium (terletak di atas dan di tengah perut), mirip dengan kram atau rasa lapar yang menyakitkan. Contoh gejala lambung luka ini terjadi 1-3 jam setelah makan dan biasanya membaik dengan asupan makanan. Ini berkembang dalam percepatan beberapa minggu, di mana ia tidak lagi memanifestasikan dirinya.

Beberapa bentuk ulkus tidak menimbulkan ciri apa pun dan dalam kasus ini, hanya endoskopi yang dapat mengungkapkan keberadaannya. Gejala luka lambung lainnya termasuk merasa cepat kenyang, adanya sendawa dan usus kembung sering muncul saat lambung luka.

Prognosis tukak lambung

Pendarahan internal adalah komplikasi paling umum dari sakit tukak lambung, ini dapat terjadi ketika ulkus berkembang di lokasi pembuluh darah. Pendarahan lambung bisa berupa:

  • Pendarahan lambat dan jangka panjang

  • Menyebabkan anemia

  • Kelelahan

  • Sesak nafas

  • Kulit pucat

  • Jantung berdebar-debar (detak jantung terlihat).

Anamnesis tukak saluran pencernaan

Setelah palpasi perut dan pencarian kemungkinan faktor penyebab (obat-obatan, tembakau, diet), deteksi keberadaan H. pylori dan atau endoskopi gastrointestinal bagian perut atas dapat memastikan diagnosis. Sebuah Fibroskopi duodenum oeso-gastro dilakukan selama lesi karakteristik yang diamati menggunakan mini-kamera melewati saluran pencernaan melalui mulut dan sampel (atau biopsi) diambil untuk analisis yang memungkinkan untuk mengesampingkan tesis kanker perut, tetapi juga untuk mencari keberadaan bakteri Helicobacter pylori dengan berbagai tes. Tes darah sering dilakukan dan mungkin juga dicari antibodi khusus untuk kuman ini.

Mengobati tukak lambung

Obat yang mengurangi sekresi asam biasanya diresepkan, ini dengan cepat menghilangkan pertanda sambil mempromosikan penyembuhan ulkus. Jika infeksi lambung H. pylori dikonfirmasi, antibiotik ditambahkan ke pengobatan. Obat luka lambung kronis dilakukan dengan pembedahan seperti pengangkatan bagian lambung (gastrektomi) atau pemotongan saraf (vagotomi) dipertimbangkan untuk kasus yang paling rumit (perdarahan, perforasi atau ulkus lambung yang resisten terhadap perawatan medis yang sesuai), tetapi tetap jarang terjadi.

Pencegahan tungkak lambung

Ada beberapa langkah yang bisa dilakukan untuk mencegah lambung luka akibat maag, seperti membatasi konsumsi minuman beralkohol kadar tinggi, kopi dan rempah-rempah (terutama mustard dan merica). Makan perlahan, mengunyah dengan baik dan tidak langsung tidur setelah makan malam juga membantu meminimalkan risiko sakit maag. Tidaklah bijaksana untuk membuat daftar lengkap makanan yang baik untuk Anda, karena makanan tersebut bervariasi dari orang ke orang. Namun, tampaknya susu dan semua produk olahannya dapat memberikan efek menenangkan pada nyeri. Meskipun tidak selalu demikian, karena banyak orang merasa sulit mencerna laktosa.

Referensi

  1. John Hopkins Medicine: Stomach and Duodenal Ulcers (Peptic Ulcers): https://www.hopkinsmedicine.org/health/conditions-and-diseases/stomach-and-duodenal-ulcers-peptic-ulcers

  2. NHS: Stomach ulcer: https://www.nhs.uk/conditions/stomach-ulcer/complications

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *