Lichen planus

Lichen planus adalah kecacatan selaput keseronokan yang dicirikan dengan adanya papula yang gatal. Mayoritas orang bisa mengendalikan masalah lichen yang khusus dan kecil di rumah, tanpa perhatian medis. Bila keadaan mengakibatkan perasaan kesakitan atau gatal yang parah, potensi membutuhkan obat resep. Lichen planus melambangkan kecacatan yang tidak menjangkiti. Namun, ada pula yang memiliki pengertian lain dari lichen planus adalah suatu keadaan yang bisa mengakibatkan penggelembungan dan eksitasi pada selaput, rambut, cakar, dan jaringan lumut.

Dalam selaput, lichen planus lazimnya muncul seperti tonjolan keunguan, gatal, dan datar yang mengembang selama beberapa mingguan. Di bibir, vagina, dan wilayah lain yang dibungkus oleh jaringan lumut, lichen planus menciptakan bintik putih berenda, kadangkala disertai cedera yang menyakiti. Sedangkan pengertian lichen adalah kecacatan yang melambangkan ketidaknormalan selaput yang dicirikan timbulnya warna merona di selaput atau lesi di bibir. Ketidaknormalan tersebut diakibatkan oleh kekacauan kekuatan ketahanan badan. Dengan adanya pengertian lichen yang melambangkan simbiosis antara organisme yang berbeda. Maka dari itu pengertian lichen dikategorikan melambangkan kecacatan kulit jangka panjang yang serupa memar pada selaput. 

Namun, beberapa dokter terkadang mengendalikan masalah yang berupa oral lichen planus. Diman pengertian oral lichen planus adalah kecacatan inflamasi menahun yang mempengaruhi jaringan lumut rongga mulut. Kecacatan lichen planus oral melambangkan kecacatan autoimun yang dimediasi oleh sel sitotoksik yang memicu apoptosis sel basal epitel bibir. Lichen planus oral mitra mukosa dari lichen planus selaput, sering timbul pada dekade keempat kehidupan dan melibatkan perempuan lebih dari laki-laki dalam rasio.

Gejala lichen planus

Diagnosa lichen planus

Seorang dokter selaput seringkali bisa mengetahui apakah pasien mempunyai lichen planus dengan melihat selaput, cakar, dan mulut. Untuk memastikan bahwa pasien mempunyai lumut, dokter selaput bisa mengangkat sedikit selaput. Dokter selaput mungkin menyebutnya biopsi. Terkadang mungkin memerlukan pengujian darah agar menyingkirkan kecacatan lainnya.

Dokter membuat diagnosa lichen planus oral berdasarkan :

  • Diskusi tentang riwayat kesehatan dan gigi
  • Kaji ulang gejala, termasuk lesi di mulut dan tempat lain di tubuh 
  • Pemeriksaan mulut dan area lain di tubuh

Beberapa tes yang biasa dilakukan :

  • Biopsi. Sampel jaringan kecil diambil dari satu atau lebih lesi di bibir dan diteliti di dasar mikroskop agar mencari indikasi oral lichen planus. Pengujian mikroskopis lain yang lebih khusus mungkin diperlukan untuk mengidentifikasi protein susunan imunitas yang umumnya berhubungan dengan oral lichen planus.
  • Budaya. Sampel jaringan diambil dari mulut pasien dengan menggunakan kapas. Sampel diteliti di dasar mikroskop guna menetapkan apakah menderita infeksi jamur, bakteri, atau virus sekunder.
  • Pengujian darah. Pengujian tersebut dapat dilakukan untuk mengidentifikasi keadaan semisal hepatitis C, yang kemungkinan jarang dikaitkan dengan lichen planus oral dan lupus, yang berpotensi terlihat mirip dengan lichen planus oral.

Penyebab lichen planus

Penyebab lichen planus sampai saat ini masih belum ditemukan. Kebanyakan yang yakin ini ialah kelainan autoimun, dimana susunan imunitas secara salah menyerbu rangkaian sehat. Kondisi ini sering terjadi  selama syok psikoafektif dan susunan imunitas diyakini terlibat dalam perkembangan penyakit.

Beberapa hal yang ditemukan mengenai lichen planus :

  • Kelihatannya tidak keadaan keturunan
  • Lichen planus oral tidak kondisi menjangkiti
  • Lichen planus oral tidak suatu bentuk kanker
  • Lichen planus oral bukan berhubungan dengan gizi

Berbagai penyebab lichen planus dicurigai menyangkut perihal :

  • Obat-obatan terkhusus yang bisa menimbulkan respons kepada lichen planus
  • Zat yang ada indikasi pertengahan hubungan dengan berbagai komponen kimia yang dipakai dalam perluasan fotografi berwarna dan oral lichen planus

Lichen planus oral paling kerap merupakan dampak dari amalgam gigi logam. Lichen planus oral bukan turun-temurun, namun ada  bentuk familial yang jarang dari lichen planus.

Gejala lichen planus

Memar lichen planus dari papula dengan diameter beberapa milimeter. Pelat yang terwujud ditutupi dengan garis kotak-kotak keputihan. Rasa gatal sering menyertai papula.

Gejala lichen planus diawali perlahan atau timbul sekaligus :

  • Kekeringan
  • Rasa metalik dan membara di bibir
  • Bintik putih di lidah, pipi dan gusi. Bintik tersebut berupa titik atau jalur sempit yang membuat pola mirip renda
  • Merona dan benjol
  • Mengupas atau melepuh

Luka ini bisa terasa terbakar dan menyakitkan. Gejala oral lichen planus kemungkinan akan paling sakit saat makan atau minum asupan yang tajam, asin, masam. Gejala lichen planus oral di vagina mirip dengan lichen planus oral di selaput. Diiringi dengan perasaan perih atau terhangus di wilayah fadihat, perih ketika berinteraksi seksual atau keputihan berwarna kuning kehijauan berbaur darah.

Pengobatan lichen planus

Kebanyakan lichen planus relatif gampang. Individu yang terdampak yang bukan memiliki gejala tidak memerlukan pengobatan. Pada akhirnya, belum terdapat obat yang disepakati guna menyembuhkan kondisi ini. Krim kortikosteroid topikal atau inhibitor kalsineurin topikal serupa tacrolimus atau pimecrolimus dapat meredakan gatal dan memar. Perawatan didasarkan pada terapi kortikosteroid topikal yang berupa obat penenang dan antihistamin yang diresepkan secara sistemik sangat membantu. Dalam wujud yang sangat luas, latihan kortikosteroid sistemik atau puvaterapi bisa dipakai. Terutama jika hanya bersifat sedang. Efek tersebut sebagian didapati oleh efek sedatif antihistamin.

Pada lichen planus yang amat serius, dokter bisa menganjurkan penyembuhan atau latihan oral dengan cahaya ultraviolet. Namun, rasa gatal bisa kembali setelah obat dihentikan. Pengobatan lichen planus oral memerlukan jangka beberapa mingguan. Jika ketidaknormalan selaput cuma kecil dan tidak memunculkan keresahan, lazimnya lichen planus tak butuh diobati. Obat kumur khusus yang memuat obat penghilang rasa sakit, sebelum makan bisa meredakan perih. Lichen planus lazimnya lenyap dengan sendirinya seiring waktu. Beberapa obat bisa menghasilkan memar yang serupa dengan lichen planus. Memar ini bisa dibedakan dari lichen planus dikarenakan akan lenyap saat obat yang mengganggu dihentikan.

Referensi

  1. NCBI : Oral lichen planus: An update on pathogenesis and treatment : https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC3329692/
  2. AAD : LICHEN PLANUS: DIAGNOSIS AND TREATMENT : https://www.aad.org/public/diseases/a-z/lichen-planus-treatment
  3. Mayo Clinic : Oral lichen planus : https://www.mayoclinic.org/diseases-conditions/oral-lichen-planus/diagnosis-treatment/drc-20350874
  4. MedicalNewsToday : Everything you need to know about lichen planus : https://www.medicalnewstoday.com/articles/184866#1
  5. WebMD : Oral Lichen Planus : https://www.webmd.com/oral-health/oral-lichen-planus#1
  6. MedicineNet : Lichen Planus : https://www.medicinenet.com/lichen_planus/article.htm

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *