Kutu

Kutu adalah serangga kecil berwarna keabu-abuan seukuran biji wijen. Mereka hidup di kulit kepala, lebih khusus lagi di garis rambut. Kutu rambut itu dapat tetap berada di kepala seseorang hingga 30 hari, tetapi mereka mati setelah 3 hari ketika terlepas.

Kutu mudah menyebar terutama oleh anak sekolah beralih interaksi pribadi yang dekat dan dengan berbagi barang.

Ada tiga jenis kutu manusia,meliputi:

  • Kutu. Kutu ini ditemukan di kulit kepala. Kutu rambut lebih gampang dilihat di tengkuk dan di atas telinga.
  • Kutu tubuh. Kutu ini hidup di pakaian dan di tempat tidur dan berpindah ke kulit untuk memberi makan. Kutu tubuh paling sering menyerang orang yang tidak bisa mandi atau mencuci baju secara teratur, seperti tunawisma.
  • Kutu kemaluan. Umumnya disebut kepiting, kutu ini muncul di kulit dan rambut area kemaluan dan, paling jarang, pada bulu tubuh yang kasar, seperti bulu dada, alis, atau bulu mata.

Kebanyakan orang mempunyai kutu di kepala dan juga kutu di rambut, mereka menemukan kutu-kutu tersebut dari berbagai unsur. Dengan perasaan gatal itu dapat berpotensi menunjukan terdapatnya kutu manusia.

Penyebab kutu rambut

Siklus hidup kutu rambut

Siklus hidup kutu rambut dibagi menjadi tiga tahap. Pertama,  telur kutu : telur oval berwarna abu-abu, kekuningan atau krem, dan seukuran sebutir pasir, menempel pada rambut, dekat dengan kulit kepala. Kutu rambut berasal dari penularan dari seseorang yang lazimnya menggosok dikarenakan gatal di kepala.

Kutu di rambut menetas setelah 7 sampai 10 hari dan membentuk nimfa . Yang terakhir menyerupai kutu dewasa, namun lebih kecil. Nimfa kemudian mengambil bentuk kutu dewasa tujuh hari setelah menetas, bertelur kembali, dan seterusnya.

Kutu tidak menularkan penyakit dan bukan merupakan tanda kenajisan. Sebaliknya, serangga kecil ini lebih menyukai lingkungan yang kering, tipis, tidak berminyak dan bersih. Rambut kutuan biasanya merasakan gatal di kepala, perasaan tersebut diakibatkan oleh adanya kutu di kepala yang mengeluarkan air liur menciptakan alergi di kepala.

Penyebab kutu rambut

Penyebab adanya kutu rambut bisa dari bermacam cara, antara lain:

  • Kontak secara langsung dengan orang yang mempunyai banyak rambut, contoh berpelukan.
  • Bersentuhan dengan benda-benda yang bersifat pribadi, contoh topi dan sarung bantal 

Kutu tidak terbang atau melambung, tetapi mereka merangkak dengan cepat. Dengan adanya contoh kejadian tersebut diatas, maka sering dijumpai orang yang memiliki rambut berkutu.

Perkembangbiakan kutu rambut tidak dapat terjadi pada hewan, seperti kucing atau anjing. Oleh karena itu, tidak mungkin tertular melalui kontak dengan hewan peliharaan. 

Dengan demikian penyebab rambut berkutu, dapat menyebarkan secara cepat. Penjangkitan kutu dari kulit kepala seseorang ke orang lain. Cara berkembangbiak kutu rambut yaitu seekor kutu betina yang bisa bertelur lebih dari 100 telur, yang disebut telur kutu, dalam hidupnya. Kutu betina mengeluarkan lem untuk menempelkan setiap telur ke rambut kulit kepala, lazimnya hampir setinggi kulit kepala. Kutu tersebut menetas sekitar 8 hari sesudah diletakkan, dan tumbuh ke tahap dewasa sekitar 9 sampai 12 hari sesudah mengeram.

Orang yang banyak kutu biasanya banyak dimiliki oleh para tunawisma. Karena mereka tidak menjaga kebersihan. Hal tersebut menjadi penyebab rambut kutuan serta bisa menjadi pemicu perkembangan kutu rambut

Gejala kutu rambut

Ciri utama keberadaan kutu rambut ialah kulit kepala yang gatal. Gejala kutu rambut lazimnya diawali dengan sensasi gatal yang dominan di belakang telinga dan di belakang leher. Telur kutu rambut manusia dapat menyerang siapa saja, apabila kebersihan tidak terjaga secara sempurna.

Mengonsumsi darah dari kulit kepala, kutu juga bisa mengakibatkan bintik-bintik merah karena air liur yang disuntikkan selama gigitan. Gejala penyakit kutu rambut dapat secara gesit terdeteksi secara cepat oleh manusia. 

Pengobatan kutu rambut

Cara menghilangkan telur kutu rambut manusia lazimnya bisa dilakukan dirumah dengan obat kutu rambut yang dijual bebas, seperti dengan sampo atau bilasan obat kutu rambut. Sebagian besar obat untuk kutu rambut mengandung ekstrak krisan atau versi sintetis. Akan tetapi beberapa orang mengaplikasikan sisir bergigi halus untuk menyikat kutu dan telur kutu.

Perawatan yang dipilih tergantung pada pengobatan yang sudah dicoba. Meskipun obat untuk kutu rambut umumnya melenyapkan kutu, diperlukan waktu beberapa hari untuk meredakan gatal.

Beberapa cara untuk menghilangkan telur kutu rambut manusia, meliputi :

  • Sampo dan krim kutu tanpa resep
  • Lotion anti kutu
  • Obat resep lisan
  • Pengobatan manual
  • Pengobatan alternatif

Referensi

  1. Everydayhealth : Everything You Need to Know About a Head Lice Infestation : https://www.everydayhealth.com/lice/
  2. Mayo Clinic : Lice : https://www.mayoclinic.org/diseases-conditions/lice/symptoms-causes/syc-20374399
  3. Medicinenet : Head Lice : https://www.medicinenet.com/head_lice/article.htm
  4. Drugs.com : Head Lice : https://www.drugs.com/health-guide/head-lice.html
  5. Medexpress : Lice : https://www.medexpress.com/services-and-treatment/lice.html

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *