Kurap

Apakah itu kurap

Kurap juga dikenal sebagai dermatofitosis, infeksi dermatofit, atau tinea adalah infeksi jamur pada kulit.

Kurap adalah nama yang salah, karena jamur, bukan cacing, menyebabkan infeksi. Lesi yang disebabkan oleh infeksi ini menyerupai cacing dalam bentuk cincin-karena itulah namanya.

Kurap biasanya secara khusus digunakan untuk menggambarkan tinea korporis (kurap tubuh), meskipun kadang-kadang dapat digunakan untuk menggambarkan infeksi tinea di lokasi lain, seperti tinea cruris (kurap pangkal paha).

Infeksi kurap dapat mempengaruhi manusia dan hewan. Infeksi awalnya muncul sebagai bercak merah pada area kulit yang terkena dan kemudian dapat menyebar ke bagian lain dari tubuh. Ini dapat mempengaruhi kulit kepala, kaki, kuku, selangkangan, janggut atau area lainnya.

apa itu kurap

Mengenali gejala kurap

Gejalanya bervariasi tergantung pada tempat anda terinfeksi. Dengan infeksi kulit, anda mungkin mengalami yang berikut:

  • Bercak merah, gatal, atau bersisik, atau area kulit yang menonjol yang disebut plak.
  • Tambalan yang mengembangkan lepuh atau pustula.
  • Tambalan yang mungkin lebih merah di tepi luar atau menyerupai cincin.
  • Tambalan dengan tepi yang ditentukan dan dinaikkan.

Jika anda mengalami dermatofitosis di kuku anda, kuku anda mungkin menjadi lebih tebal dan berubah warna, atau mulai retak. Ini disebut dermatofitik onikomikosis, atau tinea unguium. Jika kulit kepala anda terkena, rambut di sekitarnya mungkin rusak atau rontok, dan tambalan botak dapat berkembang. Istilah media untuk ini adalah tinea capitis. Cari tahu lebih lanjut tentang kurap kulit kepala dan efeknya.

Penyebab kurap

Tiga jenis jamur yang berbeda dapat menyebabkan kurap: Trichophyton, Microsporum, dan Epidermophyton. Mungkin saja jamur ini hidup dalam waktu yang lama sebagai spora di tanah. Manusia dan hewan dapat terjangkit kurap setelah kontak langsung dengan tanah ini.

Infeksi juga dapat menyebar melalui kontak dengan hewan atau manusia yang terinfeksi. Infeksi ini umumnya menyebar di kalangan anak-anak dan dengan berbagai barang-barang yang mengandung jamur.

Berbagai jenis jamur menyebabkan kurap. Dokter memanggil kurap nama yang berbeda tergantung dimana ia mempengaruhi tubuh:

  • Kurap kulit kepala (tinea capitis) sering dimulai dengan penskalaan terisolasi di kulit kepala yang berkembang menjadi gatal, bercak botak bersisik. Ini paling umum di antara anak-anak.
  • Kurap tubuh (tinea corporis) sering muncul sebagai bercak dengan bentuk cincin bundar yang khas.
  • Jock gatal (tinea cruris) mengacu pada infeksi kurap pada kulit disekitar pangkal paha, paha bagian dalam, dan bokong. Ini paling umum pada pria dan remaja pria.
  • Athlete’s foot (tinea pedis) adalah nama umum untuk infeksi kurap kaki. Ini sering terlihat pada orang-orang yang bertelanjang kaki di tempat-tempat umum dimana infeksi dapat menyebar, seperti ruang ganti, kamar mandi, dan kolam renang.

kurap

Mendapatkan diagnosa kurap

Dokter anda akan mendiagnosa kurap dengan memeriksa kulit anda dan mungkin menggunakan cahaya hitam untuk melihat kulit anda di daerah yang terkena. Tergantung pada jenis jamur, kadang-kadang mungkin berpendar (cahaya) di bawah cahaya hitam.

Dokter anda mungkin mengkonfirmasi dugaan diagnosa kurap dengan meminta tes tertentu:

  • Jika anda mendapatkan biopsi kulit atau biakan jamur, dokter anda akan mengambil contoh kulit anda atau keluar dari lepuh dan mengirimkannya ke laboratorium untuk mengujinya apakah ada jamur.
  • Jika anda mendapatkan ujian KOH, dokter anda akan mengikis area kecil kulit yang terinfeksi ke slide dan menempatkan tetes cairan yang disebut potassium hydroxide (KOH) diatasnya. KOH memecah sel-sel kulit normal, membuat unsur-unsur jamur lebih mudah dilihat dibawah mikroskop.

Pengobatan kurap

Dokter anda dapat merekomendasikan obat-obatan dan penyesuain gaya hidup untuk mengobati kurap.

Obat-obatan

Dokter anda mungkin akan meresepkan berbagai obat tergantung pada tingkat keparahan infeksi kurap anda. Gatal-gatal, kaki atlet, dan kurap pada tubuh semua dapat diobati dengan obat topikal, seperti krim anti jamur, salep, gel, atau semprotan.

Kurap kulit kepala atau kuku mungkin memerlukan obat oral dengan kekuatan resep seperti griseofulvin (Gris-PEG) atau terbinafine.

Obat-obatan bebas atau anti jamur dapat direkomendasikan untuk digunakan juga. Produk-produk ini dapat mengandung clotrimazole, miconazole, terbinafine, atau bahan-bahan terkait lainnya. Temukan perawatan anti jamur online.

Penyesuaian gaya hidup

Selain resep dan obat bebas, dokter anda dapat merekomendasikan agar anda dapat merawat infeksi anda di rumah dengan :

  • Cuci tempat tidur dan pakaian setiap hari selama infeksi untuk membantu mensterilkan lingkungan anda.
  • Mengeringkan area secara menyeluruh setelah mandi.
  • Mengenakan pakaian longgar di daerah yang terkena dampak.
  • Mengobati semua daerah yang terinfeksi (tidak mengobati tinea pedis dapat menyebabkan kambuhnya tinea cruris).

penyakit kurap

Obat kurap rumah

Orang-orang telah menggunakan obat rumahan untuk kurap selama bertahun-tahun sebelum para peneliti menemukan perawatan anti jamur. Dukungan untuk menggunakan obat-obatan ini sebagian besar anekdotal. Tidak ada data ilmiah untuk mendukung penggunaan nya atas anti jamur OTC.

Perawatan ini termasuk :

Cuka sari apel

Beberapa orang menggunakan bola kapas yang direndam cuka sari apel di area kulit yang sakit tiga kali sehari untuk mengobati kurap.

Minyak kelapa 

Minyak kelapa bukan hanya untuk memasak, orang menerapkannya pada kulit mereka untuk mengurangi kejadian infeksi kurap. Jika anda menerapkan obat ini, oleskan minyak kelapa satu hingga tiga kali sehari.

Kunyit

Kunyit adalah bumbu yang bisa anda campur dengan air untuk membuat pasta anti jamur. Oleskan pasta langsung ke kulit anda dan biarkan kering.

Peringatan tentang pengobatan rumahan.

Obat rumahan tidak boleh digunakan sebagai pengganti pengobatan anti jamur yang telah dikenal. Alih-alih diskusikan apa saja yang mungkin ingin anda coba bersama perawatan yang telah terbukti dengan dokter anda. Pelajari lebih lanjut tentang pengobatan rumahan untuk kurap, termasuk bubuk licorice.

Tahap kurap

Anda tidak dapat melihat kurap saat jamur telah menginfeksi anda. Ini bisa memakan waktu hingga 2 minggu sebelum anda mulai memperhatikan gejala. Beberapa tahapan yang mungkin anda lihat meliputi :

  • Tahap awal. Selama tahap ini, anda mungkin melihat bercak kulit yang teriritasi berwarna merah muda atau merah. Terkadang hanya muncul sangat kering dan bersisik, belum tentu seperti kurap.
  • Tahap dua. Selama tahap ini, anda akan melihat ukuran lesi mulai tumbuh. Bagian tengah ruam mungkin menyerupai kulit yang sehat dengan area bersisik di sekitarnya.

Karena kurap sangat menular, anda ingin memulai pengobatan pada tanda-tanda pertama yang anda perhatikan. Jika tidak, itu mungkin menyebar dan tumbuh.

Apakah kurap menular?

Siapa pun dapat mengembangkan kurap. Namun infeksi ini sangat umum di antara anak-anak dan orang yang memiliki kucing dan anjing. Baik kucing dan anjing dapat menangkap kurap, dan kemudian menularkan kepada manusia yang menyentuh mereka.

Tanda-tanda yang harus diperhatikan pada hewan peliharaan meliputi:

  • Bercak-bercak kulit tak berambut yang tampak bundar
  • Tambalan berkerak atau bersisik
  • Bercak yang mungkin tidak sepenuhnya tidak berambut tetapi memiliki rambut rapuh atau rusak
  • Daerah buram atau keputihan di sekitar cakar

Jika Anda curiga hewan peliharaan Anda memiliki kurap, bawalah mereka ke dokter hewan untuk memeriksanya.

Anda mungkin lebih mungkin mengembangkan dermatofitosis jika Anda bersentuhan dengan jamur ketika kulit Anda menjadi lembab dan basah karena terpapar air yang lama (dimaserasi) atau jika Anda memiliki cedera kulit kecil atau lecet. Menggunakan pancuran umum atau kolam renang umum juga dapat membuat Anda terkena infeksi jamur.

Jika Anda sering bertelanjang kaki, Anda dapat mengembangkan kurap kaki (athlete’s foot). Mereka yang sering berbagi barang-barang seperti sikat rambut atau pakaian yang tidak dicuci juga memiliki peningkatan risiko terkena infeksi.

Kurap vs eksim

Kurap dapat menyerupai kondisi lain, eksim nummular. Dokter juga menyebut eksim nummular discoid eksim atau dermatitis nummular.

Yang serupa antara kedua kondisi tersebut adalah keduanya menyebabkan lesi berbentuk bulat atau berbentuk koin pada kulit. Lesi sering gatal dan bersisik.

Seseorang dengan kurap biasanya memiliki lebih sedikit tambalan seperti cincin daripada orang yang memiliki eksim nummular. Juga, eksim nummular biasanya tidak memiliki kliring di tengah, sedangkan kurap tidak.

Kurap juga mungkin memiliki pustula yang terkait dengannya, sedangkan eksim nummular tidak.

Terkadang kedua kondisi tersebut sangat mirip sehingga satu-satunya cara untuk mengetahui perbedaannya adalah dengan mengunjungi dokter Anda. Seorang dokter dapat mengambil sampel sel-sel kulit dan mengirimkannya ke laboratorium untuk pengujian.

Minyak atsiri kurap

Minyak atsiri adalah ekstrak yang sangat terkonsentrasi dari bunga, tumbuhan, dan jenis tanaman lainnya. Seringkali, orang membeli minyak ini dan mencairkannya dengan minyak pembawa, seperti minyak zaitun atau minyak kelapa, sebelum dioleskan ke kulit mereka.

Tidak ada data ilmiah untuk mendukung penggunaan rutin minyak atsiri dalam mengobati infeksi antijamur seperti kurap, hanya bukti anekdotal. Minyak atsiri harus didiskusikan dengan dokter Anda sebelum digunakan dan tidak boleh menggantikan perawatan konvensional.

Beberapa minyak atsiri yang digunakan orang untuk mengobati kurap meliputi:

Minyak Oregano

Minyak Oregano kuat dan berpotensi bertindak sebagai antijamur. Anda dapat membeli minyak oregano sebagai ekstrak, tetapi jangan langsung oleskan ke kulit Anda. Anda harus mencampurnya dengan kelapa atau minyak zaitun untuk melarutkannya terlebih dahulu.

Minyak sereh

Minyak sereh adalah minyak esensial yang mungkin juga bertindak melawan kurap. Anda harus mencampurnya dengan minyak pembawa seperti minyak zaitun atau kelapa sebelum mengoleskannya ke daerah yang terkena.

Minyak pohon teh

Minyak pohon teh adalah minyak lain yang diyakini memiliki sifat antijamur. Untuk kurap, Anda bisa mengoleskannya ke area kulit yang terkena setidaknya tiga kali sehari. Jika Anda mendapati minyak pohon teh terlalu mengiritasi, campur minyak dengan minyak kelapa untuk mengencerkannya.

Kurap vs psoriasis

Psoriasis adalah kondisi kulit lain yang terkadang menyerupai kurap. Psoriasis plak adalah kelainan karena disfungsi imun yang menghasilkan plak inflamasi pada kulit. Tampak sebagai plak merah muda dengan sisik putih tebal. Plak kecil yang terisolasi kadang-kadang dapat terlihat mirip dengan kurap.

Kurap dan psoriasis dapat menyebabkan bercak merah pada kulit serta kulit gatal dan bersisik.

Namun, kurap pada batang tubuh Anda (tinea corporis) biasanya akan memiliki penampilan melingkar dengan kliring di bagian tengah. Ini juga biasanya merupakan tempat yang terisolasi (atau terbatas hanya pada beberapa lesi).

Lesi kulit psoriasis plak biasanya lebih besar, melibatkan lebih banyak area kulit, dan terjadi di lokasi yang berbeda (punggung bawah, siku, lutut). Lesi psoriasis juga tidak memiliki kliring (kulit yang tampak normal) di tengah lesi.

Kurap dibiarkan tidak diobati

Jika tidak diobati, kurap dapat menyebar ke area lain dari tubuh. Seseorang juga bisa berisiko menularkan infeksi ke orang lain. Area komplikasi lain yang potensial termasuk:

  • Rambut rontok dan jaringan parut
  • Kelainan kuku

Komplikasi tinea capitis (kurap pada kulit kepala) sangat mengkhawatirkan, karena dapat menghasilkan kerontokan rambut permanen seumur hidup. Saat mempertimbangkan potensi komplikasi ini, yang terbaik adalah mengobati kurap secepat mungkin.

Mencegah kurap

Mempraktikkan perilaku sehat dan higienis dapat mencegah kurap. Infeksi dapat berasal dari kontak dengan hewan dan kurangnya kebersihan yang layak. Berikut adalah beberapa tips untuk menghindari kurap:

  • Cuci tangan Anda setelah berinteraksi dengan binatang.
  • Desinfektan dan bersihkan ruang tamu hewan peliharaan.
  • Hindari orang atau hewan dengan kurap jika Anda memiliki sistem kekebalan yang lemah.
  • Pakailah sepatu jika mandi atau berjalan di area komunitas.
  • Hindari berbagi barang-barang pribadi seperti pakaian atau sikat rambut dengan orang-orang yang mungkin memiliki kurap.
  • Jaga kulit Anda bersih dan kering.

Kurap selama kehamilan

Jika Anda terkena kurap selama kehamilan, ada obat yang dapat Anda gunakan untuk menghancurkan jamur penyebab kurap yang tidak diketahui menyebabkan masalah pada bayi. Contoh-contoh obat ini (boleh digunakan jika dioleskan) meliputi:

  • Ciclopirox (Loprox)
  • Clotrimazole (Lotrimin)
  • Naftifine (Naftin)
  • Oxiconazole (Oxistat)
  • Terbinafine

Namun, selalu terbaik untuk berbicara dengan dokter Anda sebelum menggunakan obat apapun saat hamil. Sebagian besar obat tidak dapat dipelajari dengan benar pada wanita hamil karena implikasi etis dari studi ini. Jadi hampir tidak mungkin untuk mengatakan dengan pasti bahwa obat, baik topikal atau oral, akan aman digunakan.

Selain itu, Anda harus berbicara dengan dokter Anda sebelum menggunakan obat apapun jika Anda menyusui.

Dokter tidak merekomendasikan minum obat karena berpotensi menimbulkan efek samping yang tidak diinginkan. Contohnya termasuk:

  • Ketoconazole oral
  • Mikonazol oral

Dokter biasanya tidak merekomendasikan minum obat oral untuk mengobati infeksi jamur selama kehamilan.

Apapun obat yang dipilih, jika Anda hamil dan menderita kurap, sebaiknya tanyakan kepada dokter terlebih dahulu sebelum menggunakan obat apa pun atau pengobatan rumahan untuk mengobati kondisi Anda.

kurap adalah

Kurap pada anjing

Anda bisa mendapatkan kurap dari anjing Anda. Anjing dapat mengambil spora jamur dari lingkungan, dan spora tertinggal pada apapun yang disentuh rambut anjing. Contohnya termasuk:

  • Sprei
  • Karpet
  • Pakaian
  • Sikat anjing
  • Mangkuk makanan

Awasi anjing Anda secara teratur untuk melihat tanda-tanda bahwa mereka mungkin memiliki kurap. Mereka biasanya akan kehilangan bulu di kulit mereka, seringkali dalam pola melingkar. Jika Anda mengamati ini, hubungi dokter hewan anjing Anda.

Anda juga harus sering mencuci tangan setelah membelai anjing untuk mengurangi risiko infeksi bila memungkinkan.

Kurap dari kucing

Menurut American Kennel Club, kucing lebih rentang terkena kurap daripada anjing. Mereka dapat meneruskan kondisi tersebut kepada pemilik manusia mereka juga.

Seperti kurap pada anjing, jika Anda melihat kurap pada kucing, hubungi dokter hewan. Mereka dapat meresepkan perawatan antijamur. Anda juga harus selalu mencuci tangan setelah mengelus kucing dan mencoba membersihkan semua benda yang bersentuhan dengannya, seperti sikat dan mangkuk air.

Jika Anda mendapatkan kurap dari kucing Anda, Anda bisa mengobatinya sama seperti infeksi jamur lainnya. Ini termasuk antijamur topikal.

Pandangan

Obat-obatan kulit dapat membersihkan kurap pada batang tubuh dan anggota tubuh dalam 2 hingga 4 minggu.

Jika Anda mengalami dermatofitosis parah yang tidak merespons terhadap perawatan OTC atau perawatan di rumah, atau Anda mencurigai infeksi tinea pada kulit kepala atau folikel rambut, dokter Anda mungkin akan meresepkan pil antijamur untuk membersihkan infeksi.

Kebanyakan orang merespons pengobatan secara positif.

Referensi: 

  1. Mayo Clinic: Ringworm: https://www.mayoclinic.org/diseases-conditions/ringworm-body/symptoms-causes/syc-20353780
  2. WebMD: What You Should Know About Ringworm: https://www.webmd.com/skin-problems-and-treatments/what-you-should-know-about-ringworm
  3. Medicine.net: Ringworm: https://www.medicinenet.com/ringworm/article.htm

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *