Home / Komputer / 5 Jenis Memory Komputer Yang Sering Dijumpai

5 Jenis Memory Komputer Yang Sering Dijumpai

Memory merupakan sebuah media penyimpanan yang bersifat sementara pada komputer yang sedang ber-operasi, jadi selama komputer masih dalam keadaan hidup maka penyimpanan sementara ini (memory) digunakan untuk menyimpan data yang sedang diproses oleh processor.

5 Jenis Memory Komputer Yang Sering Dijumpai

Selain RAM (Random Access Memory) ternyata memory komputer memiliki jenis selain RAM yang memiliki 2 jenis sifat yaitu volatile yaitu yang memerlukan aliran listrik untuk melakukan penyimpanan data dan non-volatile yang tidak memerlukan alirasn listrik untuk melakukan penyimpanan data.

5 Jenis Memory Komputer

Sequential Access Memory (SAM)

Jenis memory ini merupakan salah satu sesepuh dari memory zaman sekarang seperti ram dan cache karena bentuk SAM yang umum ditemukan adalah magnetic tape, kecepatan aksesnya sangat rendah, kapasitasnya sangat besar, selalu non-volatile dan portable, karena sifat tersebut di atas maka memory jenis ini biasanya digunakan untuk memback-up data.

Direct Access Memory (DAM)

Jenis memori ini cukup terkenal sebelum adanya flashdisk karena jenis memori ini sering ditemukan dalam bentuk magnetic disk, bisa juga berupa diskette atau hard disk. DAM ini aksesnya cukup cepat tapi tetap aja masih lebih cepat RAM, kapasitasnya cukup besar, non-volatile, dan sangat mudah dibawa karena ukurannya yang kecil.

Random Access Memory

Jenis memory yang hampir semua orang tau ini merupakan jenis memory yang sangat cepat, relative lebih kecil, pada umumnya bersifat volatile walaupun ada beberapa tipe yang bersifat non-volatile dan non-portable, kenapa non-portable ? karena RAM merupakan jenis memory yang ditanam didalam mother board.

Cache Memory

Memory ini jauh lebih cepat dibandingkan dengan RAM karena cache memory merupakan memory sekunder yang digunakan untuk menyimpan data atau instruksi yang sering diakses. Jadi kegunaan jenis memory ini adalah untuk mempercepat pengambilan data.

Registered

Walaupun memory jenis ini sangat tinggi harganya, kapasitasnya sangat kecil tetapi register mutlak diperlukan untuk melakukan operasi/eksekusi program di dalam computer. Kecepatan dari register adalah yang tertinggi dibandingkan dengan semua jenis yang ada.

About Riri Presanti

Seorang Jurnalis Bebas yang Tanpa Batas, Mengitari dunia tanpa henti, mengarungi samudra tanpa kenal lelah, menyusuri hutan tanpa kenal takut dan rindu akan mama dan bunda... Semua itu, hanya demi berita dan informasi untuk dunia...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *