Kleptomania

Pemahaman

Anda mungkin pernah mendengar tentang klepto atau mungkin mengenal salah satu penipu kompulsif. Namun berhati-hatilah, kelainan ini harus sesuai dengan ciri-ciri kleptomania tertentu. Kleptomania adalah impuls yang tak tertahankan untuk mencuri benda tanpa harus berharga dan seringkali dia membidik objek yang tidak berharga, semuanya terjadi tanpa persiapan apapun. Definisi impuls sendiri ialah dorongan hati atau rangsangan yg dapat menjalar di dalam tubuh melalui sel-sel saraf.

Gejala kleptomania

Etiologi kleptomania

Asal-usulnya masih kurang dipahami. Banyak psikolog menganggapnya sebagai pengganti kehidupan seks. Memang, pencarian kesenangan melalui rahasia, aktivitas terlarang akan berfungsi untuk mengkompensasi seksualitas yang kurang atau tidak memuaskan. Ini juga yang dituduhkan pada pyromania. Spesialis lain mengutip perasaan ditinggalkan selama masa kanak-kanak untuk menjelaskan gangguan ini. 

Akhirnya, perlu dicatat bahwa beberapa gangguan psikologis mendahului atau menyertai klepto. Jadi, mayoritas penderitanya mengalami masalah depresi. Pencurian kemudian akan menjadi solusi yang ditemukan untuk mengurangi penurunan mood, semacam penghiburan sementara. Gangguan perilaku makan juga sangat umum, seperempat penderita bulimia memiliki perilaku kleptomaniac. Namun kaitan antara kedua masalah ini tidak jelas.

Gejala kleptomania

Salah satu kriteria utama untuk mengenalinya, ditandai dengan tidak bergunanya barang curian. Jadi, pencuri mengambil barang-barang yang seringkali tidak bernilai dan tidak berguna baginya. Mereka kemudian disimpan atau dibuang. Beberapa kleptomaniac bahkan mungkin mencoba mengembalikannya ke pemiliknya! Bagi mereka, penyebab pencurian adalah karena  kebutuhan yang objeknya bukanlah tujuan akhir dan hanya merupakan tindakan yang diperhitungkan.

Selain itu, banyak penderita mengalami suatu bentuk kesenangan dalam mencuri, terkadang diperburuk oleh pengambilan risiko. Inilah mengapa gangguan ini sering diibaratkan sebagai bentuk kecanduan. Tetapi kesenangan ini seringkali diikuti dengan rasa bersalah yang kuat, yang menyebabkan beberapa dari mereka secara tidak sadar berusaha untuk ditangkap.

Prognosis kleptomania

Jika tidak diobati dan sudah menjadi kebiasaan maka dapat memicu masalah emosional, keluarga, hukum, pekerjaan dan keuangan yang parah. Misalnya, mereka tahu mencuri itu salah tetapi mereka merasa tidak berdaya untuk menahan dorongan itu, sehingga mungkin didera rasa bersalah, malu, membenci diri sendiri dan dipermalukan.

Anamnesis kleptomania

Gejalanya juga tercantum dalam DSM-IV, kepanjangan DSM yaitu Manual Diagnostik dan Statistik Gangguan Mental. Gangguan tersebut harus memenuhi kriteria berikut:

  • Keinginan tak tertahankan dan berulang 
  • Ketegangan yang kuat sebelum melakukan aksinya
  • Kesenangan atau kelegaan selama beraksi
  • Item tidak dicuri untuk penggunaan pribadi atau untuk nilai komersial apa pun
  • Pencurian tidak dimotivasi oleh kemarahan, balas dendam dan tidak terkait dengan delusi, episode manik atau halusinasi.

Pengobatan kleptomania

Untuk menyembuhkan penyakit klepto, masih perlu diakui bahwa seseorang menderita kleptomaniac. Karena sebagian besar orang yang bersangkutan tidak pernah membicarakannya dan tidak secara spontan berkonsultasi dengan psikiater untuk menyelesaikan masalah. Dengan tertangkap maka penderita dapat dideteksi dan dirawat. 

Jika tidak ada pengobatan khusus, terapi perilaku kognitif tampaknya menjadi pendekatan terbaik. Beberapa penelitian juga menunjukkan peran yang bermanfaat untuk antidepresan. Yang lebih mengejutkan, terapi seks juga dapat memberikan bantuan yang efektif. Sebagai pengobatan beberapa bahkan mengusulkan untuk tidak pernah menginjakkan kaki di toko lagi.

Pencegahan kleptomania

Tidak banyak informasi tersedia tentang pencegahan kleptomania. Karena penyebab penyakit kleptomania belum jelas, sehingga belum diketahui cara pencegahannya secara pasti. Mendapatkan perawatan segera setelah pencurian kompulsif dimulai, dapat membantu mencegah clepto menjadi lebih buruk dan mencegah beberapa konsekuensi negatif.

Beberapa tindakan yang dapat mencegah berkembangnya gangguan psikologis antara lain:

  • Menciptakan lingkungan yang bahagia dan damai untuk anak-anak
  • Mengajar anak-anak dan remaja tentang hubungan dan nilai-nilai kemanusiaan
  • Melatih teknik manajemen stres
  • Menginstruksikan kepada penderita gangguan perilaku, untuk menghindari situasi yang memicu kondisi penyakit tersebut
  • Tidak ada obat lengkap untuk kleptomaniac. Namun, diagnosis dan pengobatan dini membantu dalam mengatur aktivitas harian pasien.

Referensi

  1. NCH Healthcare: Kleptomania: https://www.nchmd.org/education/mayo-health-library/details/CON-20033010#:~:text=Complications,, self-loathing and humiliation.
  2. Medlife: Kleptomania: https://www.medlife.com/web/kleptomania-causes-symptoms-treatment-prevention/

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *