Kista Ginjal

Kista ginjal adalah kekacauan terhadap ginjal yang didapati dengan timbulnya saku bermuatan cairan ( kista ) di kedalaman rangkaian ginjal. Kista ginjal sanggup timbul terhadap sebelah atau seluruh ginjal. Penyebab kista ginjal diperoleh dikarenakan terwujudnya kista terhadap ginjal tiada ditemukan dengan jelas, tapi unsur umur dicurigai andil mengacaukan timbulnya penyakit kista ginjal. Kecacatan itu lazimnya berkarakter lunak, tak gawat dan langka memunculkan pertanda. Penyakit kista ginjal tak serupa dengan kecacatan ginjal polikistik yang didapati oleh unsur warisan. Kecacatan itu amat beragam dalam ukuran dan penilaian tersebut sanggup mengecilkan kesanggupan ginjal guna bermanfaat dengan wajar. Gagal ginjal sanggup terbentuk bila kista mewujudkan lebar dan berlebih.

Tapi tersedia pula yang menjelaskan bahwa kista ginjal adalah saku cairan berwujud lingkaran di kedalaman atau di kedalaman ginjal. Penyakit kista ginjal sanggup dihubungkan dengan kekacauan gawat yang sanggup mengacaukan kegunaan ginjal. Tapi yang amat lazim, kista ginjal adalah tipe yang dinamai kista ginjal mudah, kista melambangkan kanker yang langka memunculkan kerumitan. Tak pasti alasannya yang mengakibatkan kecacatan tersebut. Lazimnya, cuma satu kista yang timbul di dasar ginjal, tapi sebagian kista sanggup mengacaukan satu atau dua ginjal. Tapi, kecacatan yang terbilang mudah tak serupa dengan kista yang terwujud dengan kecacatan ginjal polikistik. Kecacatan kista ginjal dengan tipe rendah kerap kali terketahui sejauh pengujian pencitraan yang dilaksanakan guna keadaan lainnya. Kecacatan tersebut yang tak memunculkan pertanda atau ciri-ciri lazimnya tak membutuhkan pengobatan kista ginjal.

Diagnosa kista ginjal

Penyakit kista ginjal dengan tipe rendah lazimnya tak memunculkan pertanda, sehingga ahli kerap kali menjumpai kecacatan tersebut ketika menjalankan pengujian pencitraan dikarenakan reaksi lainnya. Para ahli sanggup memakai pengujian pencitraan dan pengujian laboratorium guna membuang perkara lainnya yang amat gawat, tercakup berbagai barah ginjal. Bila pribadi didiagnosa dengan kista ginjal tipe rendah, korban lazimnya tak membutuhkan penelitian atau pengobatan kista ginjal berkala.

Mayoritas waktu, kecacatan yang bertipe rendah dijumpai sejauh pengujian pencitraan yang dilaksanakan karena penjelasan lainnya. Sesudah kesakitan tersebut didapati, pengujian diagnosa lainnya berpotensi dilaksanakan guna mendapati kelanjutannya mengenai perkembangannya.

Berbagai pengujian yang akan dilaksanakan :

  • CT scan : Pengujian terkomputerisasi yang membentuk ilustrasi tiga dimensi dari ginjal yang menggambarkan neoplasma atau kista.

  • MRI : Pencitraan dengan memakai kumpulan radio dan magnet guna memperlihatkan ilustrasi rangkaian lembut badan dan anggota tubuh, tercakup ginjal

  • Ultrasonografi : Pengujian yang memakai kumpulan bunyi guna membentuk ilustrasi ginjal.

  • Pengujian kegunaan ginjal : Pengujian darah dengan tipe mudah yang meneliti seberapa bagusnya kinerja ginjal.

  • Urinalisis : Cara yang menilai muatan kencing dari contoh kencing.

Perihal tersebut seluruhnya sanggup dijalankan secara perawatan jalan tak mesti inap. Kerapkali, tak dibutuhkan persediaan sebelumnya, walaupun pribadi mesti kerap menuruti anjuran ahli sebelum menjalankan pengujian.

Penyebab kista ginjal

Berbeda dengan kecacatan ginjal polikistik yang didapati oleh unsur warisan, penyebab kista ginjal secara jelas tak sanggup ditemukan. Tapi, dicurigai tersedia lipit yang mendasari ginjal yang awalnya menurun dan mewujudkan saku. Saku tersebut lantas termuat cairan, terhempas dan membentuk kista. Penanganan kista ginjal pula disesuaikan penyebab kista ginjal, sesudah menjalani pengujian oleh para ahli. Kecacatan tersebut amat kerap terbentuk terhadap lelaki ketimbang perempuan. Selain daripada itu, kecacatan tersebut amat gampang terbentuk terhadap pribadi yang berumur 50 tahunan keatas dan korban diabetes.

Kista Ginjal

Gejala kista ginjal

Kecacatan dengan tipe rendah lazimnya tak memunculkan ciri-ciri. Mayoritas perkara, ahli menjumpainya sejauh peralihan ultrasound atau CT yang dilaksanakan dikarenakan penjelasan lainnya.

Tetapi gejala kista ginjal sanggup :

  • Mendapati perih di sebelah pinggir, pundak atau abdomen sisi atas bila meluas dan merangsang anggota badan lainnya

  • Berdarah

  • Membentuk penularan, mengakibatkan suam, meriang, atau pertanda penularan lainnya

  • Kekacauan kegunaan ginjal

Kecacatan itu dengan tipe rendah sudah dihubungkan dengan penekanan hipertensi, tapi tak pasti kaitannya.

Pengobatan kista ginjal

Pengobatan kista ginjal ditentukan dengan tahapan kegawatannya. Bila kecacatan yang dimiliki oleh cuma satu, berdimensi mini, dan tak memunculkan ciri-ciri, ahli tak akan mengirimkan penanganan kista ginjal dengan terkhusus. Dikarenakan kecacatan itu sanggup lenyap dengan mandirinya maupun diam serta tak memunculkan perkara lainnya. Tetapi, mayoritas masyarakat kerap beranggapan bahwa kecacatan ini sanggup dilenyapkan dengan memakai obat tradisional kista ginjal yang konon sanggup melenyapkan nya. Kerapkali obat tradisional kista ginjal awalannya dipilih bagi masyarakat yang terdampak kecacatan nya. Tersedia pula yang menjual obat herbal kista ginjal tak melewati anjuran ahli. Obat herbal kista ginjal itu gampang didapati dan dijumpai di apotik ataupun dijual bebas dipasaran. Oleh daripada itu obat tradisional kista ginjal dan obat herbal kista ginjal menjadi awalan yang pakai oleh korban sebelum mendatangi klinik.

Bila kecacatan tersebut dengan tipe rendah korban tak memunculkan pertanda atau ciri-ciri dan tak mengacaukan kegunaan ginjal, korban berpotensi tak membutuhkan pengobatan kista ginjal sebagai penanganan kista ginjal. Sebaliknya, ahli akan menganjurkan korban melaksanakan pengujian pencitraan serupa ultrasound, secara berkelanjutan guna memandang kecacatan yang dimiliki oleh korban mengembang. Lazimnya pula ahli menganjurkan obat kista ginjal kepada korban agar dikonsumsi oleh korban. Bila kecacatan nya beralih serta mengakibatkan pertanda ataupun ciri-ciri, korban sanggup memutuskan guna melaksanakan pengobatan kista ginjal diwaktu yang serupa. Kadangkala ahli menganjurkan obat kista ginjal bagi korban yang masih memiliki kecacatan tahap awalan. Tapi kadangkala kista ginjal dengan tipe rendah lenyap secara mandiri.

Penyembuhan bagi kista yang mengakibatkan pertanda dan gejala

Ahli kerap menganjurkan pengobatan kista ginjal mencakup :

  • Melukai serta membersihkan kista. Langka, Guna menyempitkan kista, ahli akan menyelipkan jarum panjang dan ramping melewati selaput dan melewati tembok kista ginjal.

  • Penyayatan guna membawa kista. Operasi kista ginjal akan dijalankan bila kecacatan tersebut bervolume besar atau ciri-ciri berpotensi membutuhkan penyayatan guna melepaskan dan membawa kista tersebut. Operasi kista ginjal kerap kali dijalankan oleh para ahli bila mendapati perkara kecacatan kista.

Diselaraskan dengan tipe cara yang dianjurkan oleh ahli, penanganan kista ginjal itu berpotensi membutuhkan rawat inap di klinik.

Referensi

  1. MedicalNewsToday : What’s to know about kidney cysts? : https://www.medicalnewstoday.com/articles/318641

  2. Family Doctor : What are kidney cysts? : https://familydoctor.org/condition/kidney-cysts/

  3. WebMD : Kidney Cyst : https://www.webmd.com/a-to-z-guides/kidney-cyst-causes-symptoms-treatments

  4. Mayo Clinic : Kidney cysts : https://www.mayoclinic.org/diseases-conditions/kidney-cysts/diagnosis-treatment/drc-20374138

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *