Kista Ganglion (Sinovial)

Pemahaman

Fungsi ganglion ialah sebagai mediator antara mata dan otak. Kista ganglion adalah sejenis kantong berisi cairan yang tumbuh dengan mengorbankan sendi atau tendon, bagian itu dilumasi dengan cairan sinovial dalam jumlah kecil. Tetapi setelah gerakan yang tidak biasa (membawa beban berat atau berkebun) yang membebani tendon dan persendian dengan cara yang tidak biasa, tubuh dapat mengimbanginya dengan mengeluarkan lebih banyak cairan sinovial. “Limpahan cairan inilah yang akan membentuk semacam bola yang disebut kista sinovial “, kata Dr Frédérique Mazodier seorang ahli bedah ortopedi di Institut Bedah Tangan Prancis di Paris. 

Kista artro-sinovial pada tingkat persendian, paling sering muncul sebagai benjolan di pergelangan tangan bagian atas (pada lokasi jam tangan) atau di dalam (pada tingkat alur radial tempat denyut nadi diambil). Kista mukoid dapat ditempatkan di persendian jari, yang beberapa orang dapat merusak kuku pada. Tetapi ganglion di kaki juga dapat terjadi.

Sedangkan kista teno-sinovial, ditemukan pada lintasan tendon. Jenis kista yang berbeda ini sangat umum terjadi dan dapat muncul secara acuh tak acuh di semua kategori populasi. “Diperkirakan 30-40% dari populasi suatu hari akan terpengaruh oleh jenis kista ini “, Dr. Marc Leroy menggarisbawahi. Pria sama terpengaruhnya dengan wanita, orang muda maupun orang tua.

Pengobatan kista ganglion

Etiologi dan gejala kista ganglion

Seringkali, penyebab penyakit ganglion tidak diketahui dan bersifat jinak juga idiopatik. Hal ini juga dapat terjadi setelah trauma (keseleo pergelangan tangan atau pecahnya ligamen), disebut kista pasca trauma, jauh lebih menyakitkan.

Selain perkembangan “bola” atau benjolan, sakit ganglion tidak menunjukkan gejala tertentu. Ketidaknyamanan yang disebabkan oleh kista dalam kehidupan sehari-hari dapat bervariasi. Selain itu, rasa sakitnya tidak permanen bisa muncul dalam kekambuhan selama beberapa hari dan kemudian hilang sama sekali sebelum episode berikutnya.

Meski bisa menyerang siapa saja, ganglion kista masih lebih sering terjadi pada kasus penyakit radang (rheumatoid arthritis atau radang rematik) dan pergelangan atau trauma pada tangan.

Prognosis kista ganglion

Komplikasi yang dapat terjadi, antara lain:

  • Gangguan saraf
  • Pembuluh darah menjadi abnormal
  • Infeksi dan tumbuhnya jaringan parut pada luka dan bekas lesi operasi
  • Sakit atau nyeri, kesemutan, kram, gerak sendi yang terganggu dan penurunan kekuatan otot, akibat adanya penekanan pada saraf.

Anamnesis kista sinoval

Seperti pada umumnya diagnosis akan dilakukan oleh dokter dengan menanyakan riwayat kesehatan (baik individu maupun keluarga), menanyakan gejala, melakukan pemeriksaan fisik untuk melihat tanda penyakit. Apabila diperlukan dokter juga dapat melakukan tes tambahan.

Keberadaan penyakit ganglion pada benjolan di sendi akan dipastikan ketika dokter melakukan pemeriksaan fisik dan mungkin memberikan sinar pada area tersebut. Tindakan tersebut juga dapat mengetahui isi “bola” berupa cair (mungkin bisul) atau padat. Penting untuk menyelidiki lebih lanjut, khususnya dengan pemeriksaan tambahan pencitraan (USG , X-ray atau MRI) untuk menemukan penyebab ganglion, jika tidak risiko kekambuhannya akan semakin besar. 

Pengobatan kista ganglion

Cara menyembuhkan ganglion yang terjadi tanpa alasan khusus harus diawasi, tetapi tidak perlu diobati. Setelah wabah, kista dapat menjadi stabil, berkembang dan kemudian tiba-tiba mundur setelah 6 bulan. “Diperkirakan 30 sampai 40% kista di tangan (pergelangan) menghilang secara spontan setelah 4 bulan pertama”, kenang Dr Frédérique Mazodier.

Jika rasa sakit dan ketidaknyamanan tidak terlalu hebat, lebih baik tidak mengintervensi dan melihat bagaimana kista berkembang seiring waktu. Cara mengobati ganglion tanpa operasi, biasanya dokter akan merekomendasikan penggunaan bidai untuk mengistirahatkan pergelangan tangan.

Cara mengempeskan ganglion dengan tusukan selalu memungkinkan tetapi seringkali tidak disarankan karena berbagai alasan dan berisiko infeksi, solusinya hanya memuaskan sebagian karena tindakan ini hanya mengosongkan cairan tetapi kantungnya tetap ada. Untuk alasan yang sama, tidak disarankan untuk menghancurkan kista, kantong tetap ada dan kista kemudian cenderung kambuh dengan menjadi lebih tebal. 

Jika terjadi kista traumatis, kambuh dan nyeri yang sangat mengganggu, reseksi (pengangkatan kista dengan intervensi bedah) dapat dipertimbangkan. Ini adalah solusi paling efektif. Operasi ganglion dilakukan secara rawat jalan dengan anestesi lokal, dimana dokter bedah akan mengangkat lesi dan menganalisanya. Pasien kemudian menggunakan perban selama beberapa hari dan membiarkan persendian tidak bergerak selama dua minggu. 

Selama seluruh periode pemulihan, disarankan untuk tidak membawa beban berat, melakukan gerakan yang kuat dan melindungi sendi dengan baik  (terutama untuk mencuci). Pada prinsipnya, dimungkinkan untuk melanjutkan aktivitas normal setelah 4-5 minggu.

Kista ganglian cenderung kambuh pada sekitar 10% kasus, apakah ganglion harus dioperasi atau dapat sembuh dengan sendiri? Cara mengobati ganglion yang kambuh akan sama seperti situasi awal, yaitu bedah lokal jika terjadi rasa sakit atau ketidaknyamanan yang parah. Prosedur pembedahan kedua dapat dipertimbangkan jika kista terletak di tempat yang sama.

Mencegah kista sinoval

Penyebab kista ganglion tidak diketahui secara pasti, sehingga pencegahnya juga tidak dapat dipastikan. Tetapi para ahli beranggapan beberapa faktor ini dapat mengurangi tingkat kemungkinan terjadinya kista ganglions, antara lain:

  • Hindari  kegiatan yang dapat memperparah rasa sakit di tangan atau sendi tubuh.
  • Istirahat yang cukup saat beraktivitas (terutama yang berat) untuk menghindari penggunaan tangan yang berlebihan. 

Referensi

  1. Wartakota.tribunnews.com: Menyeramkan, Dr Gia Pratama Lakukan Tindakan Bedah Kista Ganglion pada Benjolan Kaki Pasien: (https://wartakota.tribunnews.com/2019/12/01/menyeramkan-dr-gia-pratama-lakukan-tindakan-bedah-kista-ganglion-pada-benjolan-kaki-pasien?page=all)
  2. IDN Medis.com: Kista Ganglion: Penyebab – Gejala dan Cara Mengobati: (https://idnmedis.com/kista-ganglion)

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *