Ketombe

Ketombe melambangkan keadaan yang tidak beresiko, terjadi saat selaput kepala mati atau berminyak dan mendapatkan bercak tipis selaput kering. Sisik putih kecil menghiasi rambut dan jatuh semisal salju di pundak. 

Ketombe adalah keadaan selaput yang dominan menyerbu selaput kepala. Kepala kadang kala merasa gatal ringan serta terjadi pengelupasan. Bentuk keadaan yang amat serius termasuk pembengkakan selaput kepala, dikenal dengan nama dermatitis. Namun diyakini melibatkan sekelompok unsur genetik dan lingkungan, keadaan nya bisa menyiksa di musim dingin. Ini bukan karena kejernihan yang kotor dan mekanisme yang mendasarinya melibatkan perkembangan sel selaput yang berlebihan. Ada berbagai macam yang kerap dimiliki seseorang yaitu ketombe kering dan ketombe basah.

Ketombe diperoleh dari mikroba yang disebut malassezia globosa yang dasarnya ada pada selaput kepala masing orang. Menciptakan selaput kepala gatal dan aroma yang bisa mengakibatkan ketombe kering dan ketombe basah. Gejala ketombe kering lazimnya muncul fragmen pada rambut dan pundak. Sekedar ketombe basah didapatkan sebab proses sebun dari kelenjar sebasea minyak berkebanyakan dan menciptakan busik berlemak di selaput kepala yang bisa berdampak penularan.

Diagnosa ketombe

Ketombe dapat disebut juga suatu keadaan yang bisa didiagnosa sendiri oleh sebagian orang dari gejala selaput kepala, gatal, mati, dan berbusik. Dermatitis seboroik timbul sebagai selaput yang tampak kemerahan dengan busik dan plak kuning berlemak, ringan dengan tepi belum jelas.

Penderita akan mengeluh adanya sisik atau kepingan putih keabuan yang mengumpul di kepala. Selain itu, orang yang memperoleh ketombe pula akan mengeluh adanya sensasi gatal pada kepala.

Cara mencegah ketombe

Cara mencegah ketombe sebenarnya sangat mudah dilakukan, sebagian besar orang sering menggunakan hanya dengan shampo anti ketombe atau anti jamur seminggu sekali setelah selaput kepala murni.

Bermacam langkah yang bisa melambangkan cara mencegah ketombe, antara lain :

  • Upayakan agar tidak menggosok selaput kepala saat memakai shampo
  • Urut lembut selaput kepala
  • Sikat rambut setiap hari dan keramas setidaknya tiga kali seminggu
  • Memakai produk rambut
  • Menghabiskan waktu di luar area bisa menolong melunturkan ketombe
  • Mengatur stress bisa memperkecil resiko ketombe

Penyebab rambut ketombe

Sel kulit terus terbentuk di selaput kepala, pengelupasan sel kulit kering karena itu merupakan proses normal. Namun bisa memiliki ketombe, pengelupasan terkadang dipercepat. Minyak yang ada di kepala mengakibatkan selaput ini menggumpal yang kemudian mempunyai tampilan seperti serpihan putih. 

Beberapa penyebab rambut ketombe, meliputi :

  • Selaput yang teriritasi dan berlemak
  • Tidak cukup keramas
  • Jamur mirip ragi yang meruntuhkan minyak dikulit kepala mayoritas orang dewasa
  • Selaput mati
  • Kepekaan kepada barang-barang perlindungan rambut
  • Keadaan selaput lainnya

Perkembangan jamur mirip ragi yang berlebihan dapat menjadi penyebab rambut berketombe. Fenomena ini dapat menjadi penyebab ketombe oleh stress, kadar hormon, terlalu kelimpahan lemak di selaput kepala atau masalah pada struktur imunitas badan. 

Namun, banyak peneliti percaya bahwa penyebab rambut berketombe mungkin bisa diperoleh dari struktur imunitas yang lemah, kekurangan nutrisi tertentu atau kasus sistem saraf. Oleh sebab itu penyebab ketombe masing-masing orang pelbagai.

Penyebab kulit kepala kering 

Keadaan selaput kepala masing orang bermacam-macam, ada yang normal, berlemak, sampai tandus. Selaput kepala mati tetap saja akan mengakibat kan bermacam jenis perkara, di antaranya ialah selaput kepala yang mengelupas dan memperoleh kepingan yang menyerupai kelemumur.

Bermacam unsur yang menjadi penyebab kulit kepala kering, yaitu :

  • Eksim. Penyebab dominan selaput kepala menjadi mati ialah eksim. Eksim sendiri terjadi sebagai respon struktur imunitas badan saat selaput kepala terpapar zat atau faktor yang mengakibatkan eksitasi.
  • Terpapar suhu dingin. Berada di area dengan suhu dingin dalam jangka durasi dapat menciptakan selaput tubuh mati. Hal ini karena udara dingin akan menciptakan selaput kepala terlepasnya lemak naturalnya.
  • Psoriasis. Keadaan kepala mati juga dapat mengakibatkan karena psoriasis. Keadaan ini dicirikan dengan selaput kepala merona dan berbusik karena stratum selaput kepala mengelupas dan menimbun.

Penyebab kulit kepala kering terjadi saat selaput kepala tidak memiliki mencukupi lemak untuk dilumasi. Karena lemak dari selaput rambut menolong mengkondisikan rambut. Orang dengan selaput kering amat rentan memperoleh selaput kepala mati. Artinya banyak hal yang menjadi penyebab kulit kering juga dapat menjadi penyebab kulit kepala kering.

Gejala kulit ketombe

Gejala ketombe yang amat jelas ialah kepingan putih menjengkelkan dan kulit mati yang terus timbul di rambut dan bahu. Mayoritas orang yang mendapati selaput kepala yang gatal dan berbusik. 

Sisik kekuningan atau kemerahan bisa timbul di garis rambut, di dalam dan disekitar telinga. Seborrhea selaput kepala bisa memperlambat pertumbuhan rambut tetapi tidak menjadi penyebab keguguran rambut permanen. Seringkali, seborrhea kulit kepala tidak terasa gatal namun dapat pula merupakan menjadi gejala kulit ketombe. Ada bermacam penyakit inflamasi lain yang bisa menjadi gejala selaput ketombe yang berlebihan.

Pengobatan kulit ketombe

Walau seringkali kronis, ketombe dapat diobati. Cara mengatasi ketombe bermacam-macam, mayoritas orang akan memakai obat ketombe maupun memakai obat tradisional ketombe. Tetapi lebih baik mencoba shampo non-obat terlebih dahulu, sebelum mencoba cara mengatasi rambut ketombe dengan obat ketombe. Ketombe yang belum serius berpotensi dapat dihilangkan dengan pijat selaput kepala dan mencuci dengan benar sampai bersih dari shampo.

Cara menghilangkan ketombe di rambut dengan menggunakan shampo, antara lain :

  • Shampo zinc pyrithione. Melunturkan jamur Malassezia yang mungkin ada di selaput kepala.
  • Shampo asam salisilat. Menolong melunturkan busik tetapi bisa mengeringkan selaput kepala.
  • Sampo berbahan dasar tar. Memperlambat laju pengelupasan selaput, membasmi jamur, dan menurunkan peradangan.
  • Sampo selenium sulfida. Menurunkan Malassezia dan menurunkan pengelupasan selaput.
  • Sampo ketokonazol. Membasmi jamur dan tersedia benar tanpa resep maupun dengan resep dokter.

Jika ketombe tidak merespons shampo, mungkin menderita dermatitis seboroik. Maka dianjurkan agar menemui dokter kulit untuk mendapatkan steroid topikal atau krim anti jamur.

Perawatan dirumah untuk ketombe

Cara menghilangkan ketombe di kepala dapat dilakukan secara sendiri tanpa harus ke dokter dan dilakukan di kediaman. Sebagian orang melakukan antisipasi dengan memakai obat anti ketombe. Orang bisa dengan mudah mendapatkan obat anti ketombe juga di jual bebas di pasaran atau di apotik.

Pengobatan alternatif yang paling umum untuk ketombe dan dermatitis seboroik adalah minyak pohon teh. Pengobatan ini sering disebut pengobatan yang menggunakan obat tradisional ketombe. Lazimnya dengan memakai obat tradisional ketombe, maka bisa memperoleh alternatif agar mengatasi kulit kepala kering dan cara menghilangkan ketombe di kepala.

Oleh dari itu kebanyakan orang saat ini tidak merasa kesulitan untuk mengatasi ketombe. Kebanyak orang lebih memilih untuk menjalankan pengobatan di kediaman untuk mengatasi ketombe, daripada harus konsultasi ke dokter dan memakai obat ketombe yang dianjurkan oleh dokter.

Referensi

  1. MedBroadcast : Dandruff : https://medbroadcast.com/condition/getcondition/dandruff
  2. HSE : Dandruff : https://www.hse.ie/eng/health/az/d/dandruff/prevention-of-dandruff.html
  3. Mayo Clinic : Dandruff : https://www.mayoclinic.org/diseases-conditions/dandruff/symptoms-causes/syc-20353850
  4. MedicalNewsToday : The difference between dandruff and a dry scalp : https://www.medicalnewstoday.com/articles/320988
  5. Keeps : Every Question You Have About Dandruff (But Don’t Want to Ask) : https://www.keeps.com/learn/dandruff-causes-cures
  6. MedicineNet : Dandruff : https://www.medicinenet.com/seborrhea/article.htm
  7. Everyday Health : What Is Dandruff? Symptoms, Causes, Diagnosis, Treatment, and Prevention : https://www.everydayhealth.com/dandruff/guide/

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *