Keratitis

Keratitis adalah infeksi pada kornea, selaput luar yang menyelubungi mata. Infeksi mata lazimnya terkait dengan pemakaian lensa kontak. Tetapi, dampak yang diterima pada mata juga bisa mengakibatkan infeksi kornea. Ada pula yang mempunyai pemahaman pengertian keratitis adalah pembengkakan pada kornea selaput jernih berwujud kubah di sebelah depan mata yang menyelimuti pupil dan iris. Apabila mendapati infeksi kornea mata merah atau gejala penyakit mata keratitis secepatnya diskusikan dengan dokter. Masalah keratitis rendah sampai menengah lazimnya bisa disembuhkan secara ampuh tanpa terampas pandangan.

Keratitis mungkin tidak terkait dengan infeksi kornea. Keratitis tidak menjangkit bisa diakibatkan oleh luka yang komparatif sedikit, dengan menggunakan lensa kontak terlampau lama atau oleh barang aneh di mata. Keratitis melambangkan infeksi kornea mata yang diakibatkan oleh kuman, wabah, cendawan dan benalu. Adapun pengertian kornea adalah lipatan terluar pada mata serupa membran jernih yang berwujud kubah, yang menyelubungi sebelah depan mata. Lakon kornea amat perlu untuk pandangan. Masing lakon kornea mata mempunyai fungsi berbeda-beda, tetapi bersama-sama menopang. Infeksi kornea juga bisa meninggalkan bekas cedera di mata, mempengaruhi kualitas visual pasien tersebut dan bahkan berpotensi memerlukan pencakokan kornea.

Diagnosa keratitis

Diagnosa keratitis secara klinis dari keratitis mikroba seringkali bergantung pada sejarah pajanan infeksius dan gambaran morfologi inflamasi kornea. Dokter mata memakai petunjuk klinis agar mengenali infeksi kornea mata. Berbagai tanda yang khas meskipun tidak bisa membantu membedakan kuman, cendawan, patogen amoeba kornea.

Penelitian visual serupa keadaan pandangan dan struktur mata juga akan dijalankan. Pengesahan penyusunan mata akan menolong dokter agar mendapati lebarnya infeksi kornea dan pengaruhnya terhadap sisi lain dari bola mata. Bila dibutuhkan, dokter juga akan mendapatkan contoh air yang keluar dari mata agar diteliti di laboratorium. Penelitian ini dipakai agar mendapati sebab di balik keratitis yang terbuat. Pengujian darah pula berpotensi disarankan pada pasien yang dicurigai mempunyai keratitis sebab mengalami sakit lainnya

Penyebab keratitis

Penyebab keratitis yang melambangkan infeksi kornea, biasanya terkait dengan pemakaian lensa kontak. Penularan sesudahnya diakibatkan oleh kebersihan lensa yang terabaikan atau kurang beradaptasi, atau karena menggunakan lensa di malam hari. Tetapi, penyebab keratitis terbentuk kasus yang jarang terjadi. Infeksi penyakit mata keratitis dapat diperoleh dampak goresan atau barang yang masuk ke mata.

Berbagai penyebab keratitis :

  • Mata dahaga, mata yang dahaga dapat juga menjadi penyebab keratitis. Kasus dengan sarung mata atau terusan air mata bisa bermakna mata pasien tidak lembab sebanding seharusnya.
  • Pemakaian lensa kontak, seseorang menggunakan lensa kontak seharian. Lalai merawat kejernihan kanta kontak atau kotak kanta kontak menaikkan potensi terdampak keratitis.
  • Keratitis cendawan, saat sisi dari pokok atau tumbuhan, contoh tangkai, menyakiti mata, sehingga orang yang menangani tumbuhan amat berdampak.
  • Memaparkan mata ke air, contoh ketika menyelam atau di kotak pemandian air hangat bisa berisiko naik memiliki keratitis.

Gejala keratitis

Beberapa gejala keratitis secara umum :

  • Mata merah
  • Merasakan sesuatu semisal tanah di mata
  • Merasakan kesakitan
  • Kerentanan kepada sinar
  • Mata berbinar
  • Pandangan buram
  • Kesusahan membersit selaput mata

Bila diakibatkan oleh luka atau penularan, misal virus herpes simpleks, keratitis lazimnya cuma menyerbu satu mata, tetapi kedua mata bisa terpengaruh bila keratitis diakibatkan oleh sebab lain. 

Komplikasi keratitis

Komplikasi keratitis yang sangat dikhawatirkan dari keratitis adalah penumpukan lapisan kornea, cedera kornea, dan sayatan pada kornea yang bisa menyebabkan pembengkakan penuh bola mata dan beresiko merampas bola mata. Cedera pada kornea kemungkinan menyebabkan rendahnya kepekaan pandangan, bagus sebentar ataupun kekal, sebaliknya pula bisa menyebabkan kekelaman. 

Kerumitan dari penularan mata keratitis :

  • Selaput gores pada kornea, bisa mengakibatkan kasus pandangan dan berpotensi memerlukan cangkokan kornea.
  • Bisul di kornea
  • Penularan lebih lanjut, misalkan oleh kuman atau cendawan.
  • Glaukoma

Pengobatan keratitis

Pengobatan keratitis bergantung pada penyebabnya :

  • Keratitis kuman, penularan kuman rendah berpotensi cuma memerlukan obat tetes mata antibiotik dan tidak ada yang lain. penularan kuman yang sangat parah berpotensi mengharuskan pasien agar menenggak antibiotik oral, yang bisa mempunyai dampak reaksi yang amat parah.
  • Keratitis cendawan, biasanya memerlukan obat tetes mata anticendawan dan antijamur oral.
  • Keratitis wabah, wujud ini memerlukan obat tetes mata anti wabah dan obat oral. Dalam berbagai masalah, air mata ciptaan mungkin diperlukan jika virus menyebabkan mata mengering.
  • Keratitis benalu, benalu kecil yang bisa mengakibatkan keratitis benalu, acanthamoeba, bisa menimbulkan sejumlah masalah. Meskipun terkadang bisa diobati dengan obat tetes mata antibiotik. Dalam masalah yang amat parah, pencangkokan kornea kemungkinan satu-satunya penyembuhan yang layak.
  • Keratitis non-penularan, lazimnya, keratitis non-penularan ialah bentuk keratitis yang amat tidak mengkhawatirkan. Mungkin hanya perlu memakai air mata ciptaan untuk mengeringkan apapun, sambil menunggu goresan sembuh. Dalam berbagai kasus, obat mata topikal kemungkinan diperlukan jika ada kekhawatiran tentang komplikasi lebih lanjut.

Resep antibiotik, dalam bentuk tetes atau tetes mata, merupakan penyembuhan andalan untuk keratitis. Frekuensi penangkapan ialah konsekuensi, pada awal infeksi, terkadang meningkat setiap jam dan bahkan pada petang hari.

Referensi 

  1. Mayo Clinic : Keratitis : https://www.mayoclinic.org/diseases-conditions/keratitis/symptoms-causes/syc-20374110
  2. NCBI : The Clinical Diagnosis of Microbial Keratitis : https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC1973090/
  3. MedicalNewsToday : What is keratitis? : https://www.medicalnewstoday.com/articles/320347
  4. Drugs : Keratitis : https://www.drugs.com/health-guide/keratitis.html
  5. Nvision : WHAT TO KNOW ABOUT KERATITIS: DANGERS, SYMPTOMS, TREATMENT : https://www.nvisioncenters.com/conditions/keratitis/

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *