Keracunan Timbal

Pemahaman

Arti timbal atau timbel adalah logam berat berwarna abu-abu kebiruan dan beracun bagi manusia, dengan lambang Pb (unsur kimia pb) dan nomor atom 82. Timah adalah sebuah unsur kimia dalam tabel periodik yang memiliki simbol Sn (bahasa Latin: stannum) dan nomor atom 50. Pengertian logam yaitu unsur kimia yang mempunyai sifat-sifat kuat, liat, keras, penghantar listrik dan panas, serta mempunyai titik cair tinggi. Sedangkan pengertian logam berat adalah unsur logam yang mempunyai massa jenis lebih besar dari 5 g/cm3 dan tidak dapat diurai.

Bahaya timbal saat tertelan, efeknya yang paling serius ada pada sistem saraf pusat, tetapi juga bisa mencapai sel darah merah dan sistem pencernaan. Logam timbal bisa masuk ke tubuh melalui mulut atau paru-paru. Tingkat asimilasi timbal bervariasi dari satu orang ke orang lain, tergantung pada keadaan kesehatan.

Pengertian paparan ialah peristiwa di mana dalam peristiwa tersebut hanya disajikan adegan-adegan yang secara tidak langsung menjelaskan siapa tokoh-tokoh yang akan bermain dalam cerita itu. Perbedaan harus dibuat antara keracunan dan kontaminasi timbal. Dikatakan kontaminasi timbal ketika paparan logam (keracunan logam berat) menyebabkan kadar timbal dalam darah di atas normal, tanpa menimbulkan gejala. Jika kontaminasi cukup besar untuk menimbulkan gejala, maka itu disebut keracunan timbal.

Orang dewasa adalah korban utama kontaminasi dan keracunan timah. Tetapi ketika anak kecil terpengaruh, kesehatan mereka sangat berisiko. Timbal dalam jumlah yang sangat rendah dapat mengganggu perkembangan kognitif dan menyebabkan masalah kesehatan. Kekhawatirannya semakin besar karena anak kecil menyerap 5-10 kali lebih banyak timbal daripada orang dewasa. Sebagian fenomena ini dapat dijelaskan, terjadi disebabkan kebiasaan mereka memasukkan segala sesuatu ke dalam mulut. Selain itu, sebagian besar bahaya logam berat yang dimasukkan ke dalam tubuh mereka (sekitar 25%), tetap bersirkulasi dan memberikan efek neurotoksiknya. Sebagai perbandingan, pada orang dewasa hanya 5-10% timbal yang diserap tetap dalam sirkulasi. Sisanya diperbaiki di tulang dan gigi.

Keracunan bisa akut karena merupakan hasil dari paparan singkat timbal dalam jumlah yang sangat tinggi atau bahkan kronis, karena kontak yang terlalu lama dengan timbal dalam jumlah rendah. Setelah berasimilasi, timbal dengan cepat ditemukan di aliran darah. Kemudian, menempel pada tulang dan gigi. Sejumlah kecil timbal yang terkumpul di tulang akan dilepaskan dan secara bertahap dibuang melalui urin. Proses ini berlangsung selama beberapa dekade.

Sumber paparan timbal

Manfaat timbal pada beberapa benda di keseharian tidak dapat dipisahkan. Beberapa sektor industri masih menggunakan timbel. Misalnya, masih digunakan dalam produksi baja dan kuningan serta dalam pembuatan produk elektronik dan baterai untuk mobil. Selain itu, beberapa pembangkit listrik tenaga termal (terutama yang berbahan bakar batu bara), terus melepaskan timbel ke tanah, udara, dan air. Ingatlah bahwa timbel yang dipancarkan ke lingkungan di masa lalu tidak menurun.

Amalgam yang digunakan dalam kedokteran gigi, biasa disebut  “tambalan” tidak mengandung timbel, tetapi 50% merkuri dan paduan logam. Yang termasuk logam, contohnya perak, timah, seng dan tembaga). Berikut sumber timbel yang dapat menyebabkan kontaminasi atau keracunan timbel, antara lain:

Pembuatan atau renovasi kaca patri

Terutama jika timah harus dilebur, aktivitas ini dapat menghasilkan eksposur yang signifikan

Udara

Keberadaan Pb di udara telah berkurang drastis berkat penghapusan aditif Pb dalam bensin. 

Rokok (aktif dan pasif)

Pb yang secara alami terkandung dalam daun tembakau dilepaskan ke udara selama pembakaran

Pembuatan amunisi 

Bahannya mengandung Pb serta penggunaan di ruang tembak dengan sistem ventilasi yang tidak memadai telah menyebabkan beberapa kasus keracunan dalam beberapa tahun terakhir

Kerajinan tangan

Tembikar dan keramik impor terkadang dilapisi dengan glasir timah. Kristal, berbagai kaca, bisa dibuat dengan Pb. Pengertian tembikar yaitu alat keramik yang dibuat oleh perajin. Masalah muncul jika wadah jenis ini digunakan untuk menyajikan minuman atau makanan, terutama jika wadah tersebut bersifat asam dan panas

Tanah

Khususnya di dekat jalan raya, jembatan dan pabrik peleburan timah, tanah dan debu terkadang mengandung Pb dalam jumlah yang cukup untuk menjadi racun bagi anak kecil. Kontaminasi tanah juga berasal dari penggunaan Pb secara luas di industri di masa lalu

Perhiasan berkualitas buruk

Mengenakan perhiasan tidak ada salahnya. Namun, anak-anak yang secara teratur menghisap atau mengunyah perhiasan berkualitas buruk dapat menjadi beracun. Perhiasan yang mengandung Pb dapat dikenali dari warnanya atau akan meninggalkan bekas saat digosok di atas kertas putih dengan warna agak keabu-abuan (jika timah tidak dilapisi cat).

Beberapa pengobatan tradisional

Beberapa produk pengobatan Ayurveda yang tidak resmi mengandung Pb tingkat tinggi dan logam berat lainnya, seperti merkuri dan arsen. Kohl adalah zat tepung tradisional berwarna gelap yang digunakan sebagai eye shadow di Timur Tengah, Afrika Utara dan Asia. Beberapa mengandung Pb tinggi dan kasus keracunan telah dilaporkan pada anak kecil. Terlepas dari kenyataan bahwa badan kesehatan telah melarang keberadaan Pb dalam kosmetik, beberapa memang mengandungnya

Air minum

Air keran mungkin mengandung Pb. Ini mungkin terjadi pada rumah-rumah di mana perpipaannya termasuk solder Pb atau pipa penghubung Pb tua ke pasokan air kota (umumnya dipasang sebelum tahun 1970-an). Menurut Health Canada, kandungan Pb dalam air ledeng untuk populasi umum di bawah batas yang dapat diterima, yaitu 10 mikrogram (g) Pb per liter air setelahnya. 5 menit mengalir (setara dengan 0,010 ppm Pb). Di Amerika Serikat, standarnya adalah 15 mikrogram Pb per liter air, saat air pertama kali dikeluarkan di pagi hari. Jika ragu, air dapat diuji di laboratorium terakreditasi. 

Makanan

Menurut Health Canada, jejak Pb ditemukan di hampir semua makanan. Pb di udara kembali ke tanah dan diambil oleh tanaman. Di beberapa negara, solder Pb dari kaleng makanan merupakan sumber lain. Di Kanada, produsen makanan kaleng telah berhenti menggunakan Pb selama 20 tahun terakhir, tetapi malah menggunakan penyolderan listrik. Tidak ada kasus kontaminasi Pb yang dilaporkan dari wadah makanan di Kanada selama beberapa tahun. Solder timah mudah dikenali, mereka membentuk garis lebar dan tidak rata di sisi kotak

Lukisan

Menurut Health Canada dan Canada Mortgage and Housing Corporation (CMHC), hingga 1960-an Pb digunakan sebagai pigmen dalam cat. Terutama dalam nuansa warna putih dan pastel, kandungan Pb dari cat ini bisa mencapai setengah dari berat total. Di rumah, jika catnya dalam kondisi baik maka resikonya kecil. Namun, debu yang mengandung Pb dapat terhirup saat cat berbahan dasar Pb terkelupas (saat pengupasan atau pengamplasan) atau saat membakar kayu yang dicat. 

Sejak tahun 1960-an, kandungan Pb dalam cat secara bertahap menurun. Pada tahun 1991, produsen cat Kanada secara sukarela berhenti menggunakan Pb, kenang CMHC. Saat ini, cat Pb masih digunakan untuk mengecat bangunan komersial atau industri, serta di industri militer dan angkatan laut.

Gejala terpapar timbal

Beberapa pertanda akan muncul, seperti:

Keracunan akut

Ciri yang timbul bila tubuh terpapar dalam tingkat akut, diantaranya:

  • Diare
  • Koma
  • Kejang
  • Muntah 
  • Kematian
  • Sakit perut
  • Rasa logam di mulut

Keracunan kronis

Berdasarkan tingkat usia, pertanda yang muncul akan berbeda (tergantung toksisitas logam berat). Pada anak-anak jika ada kerusakan maka biasanya terwujud pada usia sekolah, berikut ciri yang dapat terlihat:

  • Kelelahan 
  • Perilaku agresif
  • Kesulitan belajar
  • Mudah tersinggung
  • Rentang perhatian rendah

Pada tingkat keterpaparan yang lebih tinggi, gejala berikut mungkin juga muncul:

  • Nyeri perut
  • Sakit kepala
  • Pucat akibat anemia
  • Masalah pendengaran
  • Masalah koordinasi motorik
  • Gangguan bahasa dan bicara
  • Kehilangan nafsu makan dan berat badan.

Paparan timbel yang kronis pada orang dewasa tidak menyebabkan gejala yang mudah dideteksi, tapi itu bisa meningkatkan risiko berikut:

  • Keguguran
  • Masalah kesuburan 
  • Kelahiran prematur 
  • Kematian pada janin 
  • Masalah kesehatan yang mungkin kronis

Orang yang beresiko

Siapa saja yang beresiko terpapar zat ini?

  • Anak-anak yang menderita pica, gangguan makan kompulsif yang secara sistematis menelan zat tertentu yang sebenarnya tidak dapat dimakan (tanah, kapur, pasir, kertas, sisik cat).
  • Janin, bayi dan anak berusia di bawah 6 tahun dan wanita hamil akan lebih beresiko. Timbel yang terperangkap di tulang dapat dilepaskan di dalam tubuh, melewati plasenta dan mencapai janin. 
  • Lansia (terutama wanita), yang telah terpapar timah hitam dalam jumlah yang signifikan di masa lalu. Osteoporosis yang mempengaruhi lebih banyak wanita pasca menopause, dapat menyebabkan timbel yang terkumpul di tulang dilepaskan ke dalam tubuh. Di sisi lain, orang tua lebih cenderung memiliki kadar timbel darah tinggi dengan gejala yang lebih sedikit daripada anak-anak.

Faktor risiko

Sedangkan unsur timbal akibatnya, antara lain:

  • Tinggal di dekat pabrik yang melepaskan timbel ke lingkungan
  • Kekurangan nutrisi kalsium, vitamin D, protein, seng dan zat besi memfasilitasi penyerapan timbel oleh tubuh
  • Bekerja di pabrik pemrosesan atau daur ulang logam untuk baterai atau produk elektronik yang mengandung timbel
  • Menetap di rumah yang dibangun sebelum 1980, karena risiko yang terkait dengan paparan air ledeng (timbal pipa) dan cat lama berbahan timbel

Prognosis keracunan timbal

Secara neurologis, timbel dapat meracuni otak dan sistem saraf anak. Efek neurologis tersebut mungkin tidak dapat dipulihkan dan akan berdampak pada: 

  • Mengganggu konsentrasi
  • Meningkatkan perilaku antisosial
  • Mengurangi pencapaian akademik
  • Jika anak bisa bertahan setelah keracunan timbel parah, ia mungkin harus melanjutkan hidup dengan keterbelakangan mental.
  • Mengurangi kecerdasan intelektual (IQ). Menurut sebuah penelitian, untuk setiap 10 mikrogram timbel per desiliter darah (10 g per dl), ada kehilangan sekitar 4 poin hasil kecerdasan. Belum diketahui apakah efek ini akan berlanjut dalam jangka menengah dan panjang.

Penyakit akibat logam berat pada tubuh yang memiliki kadar timbel tinggi, juga berisiko mengalami:

  • Koma
  • Kejang 
  • Anemia
  • Kematian
  • Hipertensi
  • Gangguan ginjal
  • Toksisitas pada organ reproduksi

Anamnesis keracunan timbal

Keracunan timah sering didiagnosis setelah screening dilakukan di tempat kerja. Dokter yang merawat mungkin juga mencurigai keracunan timbal berdasarkan gejala dan kemungkinan sumber timbal yang terpajan pada pasien. Dalam kasus ini, tes juga dilakukan terhadap kerabat pasien yang juga bisa menjadi korban keracunan timah.

Untuk melakukan pengujian, tes darah dilakukan untuk mendeteksi kadar (level) timbal dalam darah. Hasilnya diberikan dalam mikrogram timbal per desiliter darah atau dalam mikromol timbal per liter darah (mol/l). Tingkat timbal darah terutama mencerminkan paparan timbal baru-baru ini. Namun, penelitian menunjukkan bahwa paparan jangka panjang sedikit meningkatkan kadar timbal dalam darah.

Tingkat timbal dalam darah yang dianggap aman untuk kesehatan terus menurun selama beberapa dekade terakhir. Saat ini, jika seseorang memiliki kadar timbal dalam darah sama dengan atau lebih besar dari 10 g / dl (atau 0,5 mol / l), dokternya berkewajiban untuk memberi tahu otoritas kesehatan masyarakat. Ini ambang batas pelaporan wajib diusulkan oleh Centers for Disease Control di Amerika Serikat pada tahun 1991 dan kemudian diadopsi oleh otoritas kesehatan masyarakat di Quebec. Melebihi ambang batas ini tidak selalu menimbulkan gejala keracunan.

Beberapa ahli percaya bahwa kerusakan kognitif ringan dapat muncul di bawah batas ini dan mungkin tidak ada ambang batas paparan yang aman, terutama pada anak-anak. Faktanya, mereka yang berusia 20-39 tahun menunjukkan bahwa subjek dengan kadar timbal tertinggi (2,1 g/dl) dua kali lebih mungkin untuk menderita depresi dan 5 kali lebih banyak gangguan panik dibandingkan dengan tingkat terendah (0,7 g/dl atau kurang).

Keberadaan timbal juga bisa diukur dalam urin atau rambut. Akan tetapi, analisis sampel urin jarang digunakan karena hasilnya sangat sulit diinterpretasikan. Sedangkan untuk analisis rambut, tidak disarankan sebagai metode diagnostik karena hasilnya terlalu bervariasi.

Pengobatan keracunan timbal

Pada sebagian besar kasus, tidak ada perawatan medis yang diindikasikan. Intervensi yang paling penting adalah mendeteksi dan mencegah pajanan lebih lanjut terhadap timbal, kondisi ini mungkin memerlukan pemeriksaan rumah profesional. Tindak lanjut medis biasanya dilakukan setiap 3- 6 bulan.

Pada keracunan akut yang parah, agen pengkelat seperti succimer atau EDTA (asam ethylenediaminetetraacetic) digunakan. Mereka disuntikkan ke pembuluh darah di mana mereka mengikat molekul timbal dalam darah dan kemudian dikeluarkan melalui urin, sehingga mengurangi kadar timbal dalam darah hingga 40-50%. Jumlah pengobatan tergantung pada tingkat keparahan keracunan. Pengertian EDTA ialah salah satu jenis asam amino trikarboksilat yg sering digunakan sebagai titran dalam titrasi kompleksometri. Dengan EDTA, pengobatan berlangsung rata-rata 5 hari dan tidak boleh diperpanjang terlalu lama karena agen pengkelat juga mengikat mineral yang bermanfaat bagi tubuh (seperti zat besi dan seng).

Perhatikan bahwa kelasi dapat menimbulkan risiko yang signifikan karena timbal dimasukkan kembali ke dalam sirkulasi di dalam tubuh. Selain itu, reaksi alergi bisa terjadi. Beberapa penelitian telah mengevaluasi keefektifan pengobatan ini dalam mengurangi gejala langsung dan mencegah efek jangka panjang dari keracunan timbal. Keputusan untuk menggunakan jenis perawatan ini harus selalu dibuat dengan berdiskusi dengan dokter yang berpengalaman di bidang ini.

Pada saat yang sama, dapat dokter merekomendasikan mengkonsumsi makanan sehat dan bergizi, jika perlu juga mengkonsumsi suplemen kalsium atau zat besi. Sebagai antidot tubuh, Pengertian antidotum sendiri ialah sebuah substansi yang dapat melawan reaksi peracunan.

Pencegahan kontaminasi timbal

Timbal adalah logam beracun bagi tubuh manusia, terutama untuk sistem saraf anak kecil. Beberapa dari efeknya mungkin tidak dapat diubah, jadi diperlukan kehati-hatian. Jika terjadi keracunan dan gejala sudah didapati, maka sudah terlambat untuk dicegah. Namun, jika terjadi kontaminasi, gejalanya tidak selalu dapat dideteksi. Kontaminasi kemudian harus dikonfirmasi dengan sampel darah.

Secara umum, tujuan pencegahan dasar adalah untuk membatasi paparan ke berbagai sumber timbal sebanyak mungkin. Ada beberapa langkah yang relatif sederhana yang dapat Anda lakukan untuk mengurangi jumlah timbal di lingkungan sekitar dan membatasi penyerapannya, antara lain:

Makanan

Berikan anak-anak makanan dengan gizi seimbang yang mencakup kalsium, vitamin D, zat besi, protein dan seng. Malnutrisi meningkatkan jumlah timbal yang diserap dan melemahkan pertahanan tubuh terhadap polutan. Hindari memasak atau menyimpan makanan di wadah berlapis kaca, pernis mereka mungkin mengandung jejak timbal. Jangan menaruh makanan dan minuman beralkohol atau yang asam (jus buah, jus tomat) ke dalam wadah kristal timbal atau wadah yang memiliki pola dekorasi timbal.

Di dalam rumah

Pelajari tentang tindakan pencegahan yang harus diambil jika Anda membeli, menyewa atau merenovasi rumah yang dibangun sebelum tahun 1980. Jika ragu, mintalah sampel air, cat, debu atau tanah di laboratorium swasta atau berkonsultasi dengan tukang bangunan. Bersihkan lantai, tepi jendela, dan permukaan lain secara teratur yang kemungkinan menjadi sumber paparan timbal dengan kain lembab.

Pada cat berbahan dasar timbal, apakah dalam kondisi baik, solusi terbaik seringkali adalah tidak melakukan apa pun. Namun, jika cat terkelupas maka dapat ditutup dengan wallpaper vinyl atau panel dinding. Ini bukanlah pilihan akhir, tetapi yang paling sederhana dan lebih murah.

Di beberapa rumah, mungkin tepat untuk menyalakan air sebelum digunakan. Dalam hal ini, menggunakan filter air yang terpasang pada keran mungkin bisa menjadi solusi. Biarkan air keran mengalir selama 15-30 detik (ada yang merekomendasikan 1 menit) sebelum digunakan. Air yang menggenang di pipa ledeng kemungkinan besar mengandung timbal. Rekomendasi ini berlaku untuk rumah dengan pipa air yang mengandung solder timbal, dimana sebagian besar dibangun sebelum tahun 1990. Minta sampel air ledeng diuji di laboratorium untuk menentukan kandungan timbal

Gunakan air dingin pada susu formula bayi, untuk minum dan memasak. Timbal lebih mudah larut dalam air panas. Lepaskan sepatu sebelum memasuki rumah agar tidak mencemari interior dengan tanah yang terkontaminasi atau debu eksterior. Orang yang terpapar pb timbal di tempat kerja harus berganti pakaian sebelum kembali ke rumah. Kami juga merekomendasikan untuk mencuci pakaian secara terpisah.

Tindakan lainnya

Pengaplikasian yang dapat diterapkan dalam keseharian, contohnya:

  • Bersihkan mainan dan dot 
  • Hindari mengonsumsi makanan di tempat
  • Cuci tangan secara teratur (terutama sebelum makan dan tidur) 
  • Pastikan anak tidak memasukkan kotoran atau benda ke dalam mulutnya
  • Hindari membeli perhiasan berkualitas rendah, terutama untuk anak-anak
  • Apabila sering bermain di dekat jalan utama, maka lakukan tindakan pencegahan tertentu. Bersihkan tangan dengan baik dan keringkan kaki saat kembali dari luar
  • Sebelum mempraktikkan teknik kerajinan tangan atau aktivitas lain yang membutuhkan penanganan unsur pb (misalnya kaca patri) atau kontak dengan benda timah (seperti di ruang pemotretan), ketahui dengan baik risikonya dan lakukan tindakan tindakan pencegahan. 

Referensi

  1. Sehat Fresh: Komplikasi Keracunan Timbal yang Mungkin Terjadi pada Anak: https://www.sehatfresh.com/komplikasi-keracunan-timbal-yang-mungkin-terjadi-pada-anak
  2. Brainly: Pengertian Timah dan Contohnya: https://brainly.co.id/tugas/12057660
  3. Brainly: Apa yang Dimaksud Dengan Logam?: https://brainly.co.id/tugas/13750131
  4. Brainly: Apa yang Dimaksud Dengan Paparan: https://brainly.co.id/tugas/1543027

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *