Kanker Otak

Kanker otak ialah tumor kanker otak. Apakah itu dimiliki di otak atau di bagian lain di tubuh, tumor terdiri dari massa sel yang berkembang dengan sendirinya dan dengan metode yang tidak terkendali. Kanker dapat jinak maupun ganas . 

Berbagai macam kanker otak. Bermacam kanker otak berperilaku non-kanker (jinak), dan sebagian kanker otak berperilaku kanker (ganas). Tumor otak bisa berawal di otak (tumor otak primer), atau kanker bisa berawal disisi lain tubuh dan menyebar ke otak (tumor otak sekunder, atau metastasis).

Tumor otak jinak ialah akumulasi sel abnormal yang berkembang biak secara pelan dan seringkali tetap terisolasi dari jaringan otak normal di sekelilingnya. Tumor otak berkembang pelan, tidak menyebarluaskan ke sisi otak yang lain, dan biasanya lebih gampang dikeluarkan ketimbang kanker ganas . Tumor ganas berkembang biak dan tumbuh dengan cepat. Kesulitan untuk membedakan tumor ini dari jaringan otak normal di sekelilingnya. Karena alasan inilah maka sulit agar mengeluarkannya sepenuhnya tanpa mengacaukan jaringan otak di sekelilingnya.

Tumor jinak bisa digolongkan sebagai berikut:

  • chordomas, yang asalnya terletak pada sel embrio dari sumsum tulang belakang atau dasar saraf kranial
  • hemangioblastomas, yang diawali di pembuluh darah
  • meningioma, diawali dari selaput yang membalut otak
  • osteomas, di tulang tengkorak
  • pinealoma, di kelenjar pineal
  • adenoma hipofisis, di kelenjar hipofisis
  • schwannomas, di sel yang memutari saraf.

Patofisiologi kanker 

Patofisiologi kanker otak diawali dari instabilitas genetik sel. Sesudah itu berlangsung angiogenesis, metastasis, dan akhirnya bisa mengakibatkan edema otak dan penambahan intrakranial. Sakit kanker otak mengakibatkan manifestasi klinis bergeser berbagai mekanisme. Meskipun berukuran kecil,sakit kanker otak bisa berdampak pelapukan pengiriman impuls saraf otak.

Cara mencegah kanker otak

Lazimnya belum ada cara mencegah kanker otak agar bisa diketahui. Namun dengan diagnosa secara dini dan cara mengobati kanker otak yang cenderung bermetastasis ke otak, dapat mencegah kanker otak

Berbagai cara pencegahan kanker otak, antara lain :

  • Mendefinisikan radiasi. Radiasi diklaim merupakan salah satu faktor utama pemicu kanker otak
  • Istirahat yang cukup dan menghindari stress. Penting mempunyai waktu atau tambahan mencukupi istirahat
  • Menjaga sistem makanan yang tepat. Selain mengecilkan radiasi langsung, akan tetapi juga diharuskan melakukan sistem makanan yang tepat dan keseimbangan gizi
  • Menerapkan pengecekan kesehatan yang tersusun. Seseorang dengan mempunyai sejarah keluarga yang mengidap kanker otak, ada baiknya agar keadaan kesehatan secara tersusun.

Seseorang dengan memiliki pengetahuan mengenai pencegahan kanker otak, maka seorang dengan mudah melakukan cara menghindari kanker otak.

Penyebab kanker otak

Penyebab Kanker otak masih tidak dapat ditemukan. Kanker otak yang diawali di otak itu sendiri disebut tumor otak primer . Itu bisa menyebarluaskan ke area sekitar otak dan menghancurkannya. Kanker payudara, paru-paru, kulit, maupun sel darah (leukemia atau limfoma) juga bisa memperluas ( bermetastasis ) ke otak, penyebab kanker otak metastasis. Kelompok sel kanker ini kemudian dapat berkembang biak di satu wilayah maupun berbagai bagian otak.

Berbagai unsur risiko yang diketahui untuk kanker otak meliputi:

  • riwayat radiasi ke kepala
  • imunosupresi (misalnya orang yang memakai obat yang melemahkan sistem ketahanan, orang dengan HIV, AIDS)
  • paparan vinil klorida (bahan kimia yang dipakai dalam pembuatan plastik.

Gejala kanker otak

Kanker otak mengakibatkan tanda ketika mendapatkan dorongan pada otak atau menghancurkan jaringan otak. Gejala penyakit kanker disesuaikan pada ukuran dan letak tumor, dan kelancaran pertumbuhannya.

Meskipun sakit kepala seringkali melambangkan gejala kanker otak, utama agar diingat bahwa kebanyakan sakit kepala bukan diakibatkan oleh kanker tetapi diakibatkan oleh keadaan yang belum terlalu utama seperti migrain atau tekanan darah. Sakit kepala berakibat gejala kanker otak seringkali parah, berhubungan dengan mual dan muntah, dan seringkali lebih parah di pagi hari. Mereka dapat berdiam lama atau dapat berlaku sesekali.

Tanda-tanda kanker otak serta gejala kanker otak sangat bermacam disesuaikan pada besarnya tumor otak itu sendiri.

Lazimnya tanda-tanda kanker otak maupun gejala kanker otak, meliputi :

  • Onset baru atau pengubahan pola sakit kepala
  • Sakit kepala yang berangsur-angsur terjadi secara beruntun dan berlebihan
  • Mual atau muntah yang belum dipahami
  • Masalah daya lihat, seperti daya lihat kabur, daya pandang ganda atau kehilangan daya pandang tepi
  • Hilangnya perasaan atau pergerakan bertahap di lengan atau kaki
  • Kesusahan dengan kesetaraan
  • Kesusahan berbicara
  • Kegelisahan dalam hal sehari-hari
  • Kepribadian atau tindakan berubah
  • Kejang, terutama pada seseorang yang tidak mempunyai sejarah kejang
  • Keadaan kesusahan pada telinga

Ciri-ciri kanker otak itu sendiri atau campuran tidak satu pun bisa memprediksi bahwa seorang menderita kanker otak. Salah satu cara agar mendapati ciri-ciri terkena kanker otak dengan melihat warna darah seberapa terang atau gelap tampilannya. Banyak kondisi yang dapat diperhatikan untuk mengetahui ciri-ciri terkena kanker otak. Mulai dari depresi bisa membuat penyakit kanker otak mendapatkan beberapa efek kanker otak yang timbul hingga mengubah metabolisme tubuh.

Namun tubuh harus meninjau darah, baik yang terdapat di dalam tinja ataupun yang terdapat di dalam kencing. Karena darah bisa menjadi tanda peringatan. Dengan adanya ciri-ciri penyakit kanker otak yang sudah nampak,  serta mengetahui pemicu kanker otak pada tubuh maka diharapkan adanya tindakan yang signifikan. Tujuannya untuk memperkecil pemicu kanker otak agar tidak meluas. 

Diagnosa kanker otak

Adanya gejala di atas dapat membuat dokter mencurigai adanya kanker otak. Sebuah computed tomography atau magnetic resonance imaging (MRI) ialah pengecekkan pertama yang dilakukan agar diagnosa kanker otak dengan segala jenisnya. Pemeriksaan sinar-X khusus ini dapat mendeteksi berbagai macam tumor otak dan menunjukkan letak dan ukurannya dengan tepat. Tetapi, mereka bukan memungkinkan untuk menunjukkan apakah tumor itu berlaku kanker maupun bukan.

Terkadang satu-satunya cara agar memperoleh diagnosa kanker otak pasti dari tumor otak ialah melalui biopsi. Ahli bedah saraf melakukan biopsi dan ahli patologi membuat diagnosis akhir, menentukan apakah tumor tampak jinak atau ganas, dan menilai sesuai.

Pengobatan kanker otak

Pengobatan kanker otak lazimnya dengan strategi gabungan dari pembedahan, kemoterapi (obat antikanker) dan radiasi, bersama dengan pemberian obat kanker otak agar mengatur tanda.

Steroid dosis besar sering ditujukan sampai periode radiasi untuk mengecilkan benjolan  yang diakibatkan oleh tumor. Ini akan sering meredakan semua gejala, atau setidaknya sebagian diantaranya, tanpa mempengaruhi tumor itu sendiri. kanker dan meminimalkan pelapukan jaringan otak yang sehat disekeliling kanker, mengecilkan jumlah komplikasi neurologis.

Lazimnya tidak mungkin untuk menghilangkan semua sel kanker otak. Jika jumlahnya terbatas, kanker bisa kembali. Cara menyembuhkan kanker otak dapat dilakukan secara tradisional maupun konsultasi ke dokter. Semua tergantung pada tingkat keparahan penyakit itu. Seorang yang terkena penyakit kanker otak sebagian besar terkadang melakukan penyembuhan kanker otak dengan langsung datang ke dokter, tanpa mencoba untuk melakukan cara menyembuhkan kanker otak dengan tradisional.

Referensi

  1. Mayo Clinic : Brain tumor : https://www.mayoclinic.org/diseases-conditions/brain-tumor/symptoms-causes/syc-20350084
  2. Webmd : Brain Cancer Health Center : https://www.webmd.com/cancer/brain-cancer/default.htm
  3. MedicineNet : How Do You Get Brain Cancer? : https://www.medicinenet.com/brain_cancer/article.htm
  4. Cancer Council : Brain cancer : https://www.cancer.org.au/cancer-information/types-of-cancer/brain-cancer
  5. emedicinehealth : Brain Cancer : https://www.emedicinehealth.com/brain_cancer/article_em.htm

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *