Tinea cruris

Tinea crusis, terkadang disebut sebagai gatal di selangkangan, ialah ruam jamur pada kulit yang muncul di lipatan selangkangan (lipatan inguinal). Kondisi ini utama nya menyerang pria dewasa. Diakibatkan oleh sejenis jamur yang disebut dermatofit , jamur ini menyebarluaskan dalam lingkaran di atas kulit, membentuk cincin. Kulit memerah karena iritasi.

Tinea cruris adalah infeksi jamur yang menyebabkan ruam merah dan gatal pada area tubuh yang hangat dan lembab. Ruam sering kali mengenai selangkangan dan paha atas dan mungkin berbentuk seperti cincin. Banyak orang dewasa yang mempunyai penyakit tinea cruris.

Beberapa orang secara keliru mengira mereka memiliki cacing di bawah kulit mereka. Jamur yang menyebabkan infeksi biasanya terdapat pada kulit dan kuku dan biasanya tidak berbahaya. Namun, dalam kondisi tertentu, mereka dapat berkembang biak secara signifikan, menyebabkan iritasi dan kerusakan pada kulit.

Infeksi pada kulit yang disebabkan oleh jamur disebut dermatofitosis. The plantar epidermophytosis adalah kaki atlet; yang tinea cruris menyerang kulit kepala. Tinea cruris sarana dermatofitosis dari pangkal paha. Semua kondisi ini disebabkan oleh dermatofita; hanya daerah tertular yang bervariasi.

Tinea crusis klasik mempengaruhi belahan pangkal paha, ruam merah di selangkangan, dan bokong bagian bawah, tetapi tidak pada alat kelamin. Radang skrotum biasanya disebabkan oleh kondisi jamur lain, kandidiasis, yang memerlukan perhatian medis.

Meskipun seringkali tidak nyaman dan mengganggu, gatal di selangkangan biasanya tidak serius. Perawatan mungkin melibatkan menjaga area selangkangan tetap bersih dan kering dan mengoleskan obat antijamur topikal ke kulit yang terkena.

Penyebab Tinea crusis

Dermatofita lebih disukai berkembang biak pada kulit yang lembab dan hangat dan berkembang di lipatan kulit, misalnya di selangkangan atau di celah antara jari-jari kaki. Pria yang kelebihan berat badan lebih mungkin terkena Tinea crusis jika mereka banyak berkeringat atau jika ada banyak lipatan kulit. Mengenakan pakaian ketat dan iklim yang panas dan lembab juga mendorong perkembangan jamur tinea cruris.

Organisme yang menyebabkan gatal bintik-bintik di selangkangan serta memiliki bercak merah di paha yang akan tumbuh subur di lingkungan yang lembab dan dekat.Ruam merah di selangkangan disebabkan oleh jamur yang menyebar dari orang ke orang atau dari berbagi handuk atau pakaian yang terkontaminasi. Ini sering disebabkan oleh jamur tinea cruris yang sama yang menyebabkan kutu air. Infeksi sering menyebar dari kaki ke selangkangan karena jamur dapat menyebar di tangan atau di atas handuk

Pria yang berlatih olahraga yang memerlukan penggunaan cangkang pelindung sangat rentan terhadap Tinea crusis. Peralatan basah yang ditinggalkan di ruang ganti adalah lingkungan yang ideal untuk perkembangan dermatofita. Jamur bisa hidup di handuk, permadani, dan dudukan toilet. Berbagi handuk, sisir, dan sepatu dapat memfasilitasi penularan infeksi jamur.

Karena dermatofita dapat menyebabkan berbagai jenis infeksi, tidak jarang pria dengan kaki atlet mengalami intertrigo inguinal saat ia menyeka kaki sebelum menyeka selangkangan. Ciri-ciri penyakit jamur kulit antara lain:

  • Kulit sangat gatal
  • Muncul ruam 
  • Perubahan pada tekstur kulit disertai sensasi panas mengganggu

Penyakit ini bisa mengakibatkan munculnya bintik merah di paha atau bintik merah di selangkangan. Semua tergantung di area yang terkontaminasi dengan jamur. Biasanya penyakit tersebut memiliki bentuk lingkaran warna merah di area paha dan selangkangan atau di area lipatan yang terkena jamur. Apabila lingkaran warna merah tersebut terdapat di paha, maka akan merasa paha gatal bintik merah dan akan menimbulkan bercak pada kulit paha. Demikian pula dengan di selakangan atau lainnya. Maka dari itu dapat dilihat secara langsung ciri-ciri penyakit jamur kulit yang terdapat dalam tubuh.

Gejala Tinea crusis

Tinea crusis sering menyebabkan nyeri atau gatal, tetapi ini tidak sistematis. Petunjuk terlihat berikut ini mengkonfirmasi bahwa itu memang infeksi jamur:

  • radang selangkangan, daerah anus dan paha atas, yang melindungi alat kelamin
  • Sedikit pembengkakan pada kulit
  • Kontur yang berbeda
  • Perpanjangan atau penyebaran lepuh ini, yang meninggalkan bagian yang jelas di tengah
  • Lepuh kering atau bersisik, kadang mengalir atau tertutup kerak
  • Warna kulit gelap atau terang yang tidak normal
  • Kemerahan atau peradangan

Infeksi jamur sering menyebar dalam lingkaran konsentris, meninggalkan kulit berwarna normal di tengah. Di pinggiran area yang terinfeksi, kulit membengkak, merah, dan bersisik.

Gatal selangkangan biasanya dimulai dengan area kulit yang memerah di lipatan di selangkangan.Penyakit bercak merah pada kulit paha dalam bentuk setengah bulan. Ruam mungkin berbentuk cincin dan dibatasi dengan garis lepuh kecil. Ini mungkin terbakar atau terasa gatal, dan kulit mungkin bersisik atau bersisik.Penyakit ini sering pula disebut penyakit kulit merah bulat, karena jamur ini berbentuk lingkaran warna merah di area lipatan tubuh yang lembab.

Tinea seringkali terasa sakit atau gatal, tetapi tidak di setiap kasus. Ada petunjuk visual untuk membantu mengidentifikasi infeksi jamur. Ini termasuk:

  • Radang selangkangan, area anus, dan paha atas – tidak termasuk alat kelamin itu sendiri
  • Tambalan yang sedikit terangkat
  • Perbatasan tajam
  • Meluas atau menyebar, dengan tempat terbuka di tengah

Diagnosa Tunea crusis

Selangkangan gatal dapat disebabkan oleh sejumlah kondisi (seperti eksim, kutu, kandidiasis, kudis, dan seborrhea) dokter akan dapat menentukan asal mula gangguan tersebut. Untuk melakukan ini, ia akan mengambil sebagian kecil dari kulit yang teriritasi dan memeriksanya di bawah mikroskop. Dalam beberapa kasus, dia mungkin mengirim sampel ke laboratorium untuk menentukan penyebab iritasi.

Ketika seorang pria menemui dokter untuk inguinal intertrigo, yang terakhir mungkin bertanya kepadanya olahraga apa yang dipraktikkan atau jenis pakaian yang dikenakan, atau apakah dia memiliki hewan peliharaan. Dermatofitosis dapat dengan mudah kembali setelah pengobatan jika penyebab infeksi belum dihilangkan; oleh karena itu penting untuk mengetahui asalnya.

Pengobatan tinea cruris dan Pencegahan

Inguinal intertrigo, yang dianggap sebagai kondisi jinak, biasanya diobati dengan obat yang tidak memerlukan resep medis. Ini akan hilang dengan mudah dalam waktu sekitar 2 hingga 4 minggu berkat aplikasi, 2 atau 3 kali sehari, krim antijamur, bedak atau lotion ke area yang terinfeksi.

Obat tinea cruris bisa berupa beberapa krim dan bubuk antijamur seperti klotrimazol atau mikonazol, tersedia di apotek tanpa resep dokter, efektif melawan sebagian besar dermatofita. Penting untuk melanjutkan pengobatan sampai selesai, bahkan jika gejalanya hilang. Salep tinea cruris di jual dengan berbagai macam merek yang biasa dipakai pada umumnya. Maka dari itu sangat mudah untuk memperoleh obat untuk tinea cruris.

Jika peradangan berlanjut selama lebih dari 2 atau 3 minggu meskipun menggunakan obat antijamur, Anda harus berkonsultasi dengan dokter. Dokter Anda akan meresepkan krim antijamur atau obat antijamur lain untuk dikonsumsi dalam bentuk tablet.

Untuk meredakan dan mencegah timbulnya Tinea crusis, perhatikan pedoman berikut ini:

  • Kenakan pakaian longgar dan pakaian dalam
  • Ganti pakaian anda sesering mungkin, terutama jika anda berkeringat
  • Mandi sesegera mungkin setelah berolahraga
  • Cuci pakaian olahraga anda setelah digunakan
  • Jangan memakai baju renang basah anda terlalu lama
  • Jangan gunakan handuk atau pakaian orang lain
  • Setelah mandi, kenakan kaus kaki Anda terlebih dahulu. Jika Anda meletakkan pakaian dalam sebelum kaus kaki, jamur di kaki dapat bersentuhan dengan pakaian dalam dan menyebabkan Tinea crusis
  • Oleskan tepung maizena atau bedak talk ke area di mana kemungkinan infeksi paling besar untuk mencegah penumpukan kelembaban.

Adapun cara menyembuhkan lecet di selangkangan, adalah sebagai berikut:

  • Menggunakan bedak
  • Petroleum jelly
  • Lip balm
  • Celana pendek ketat
  • Minyak kelapa
  • Body lotion

Dengan demikian gesekan yang terus menerus tidak akan membuat peradangan semakin memburuk. Banyak macam cara menyembuhkan lecet di selangkangan sebelum konsultasi ke dokter.

Referensi

  1. Medbroadcast : Tinea Cruris (Jock Itch) : https://medbroadcast.com/condition/getcondition/tinea-cruris-jock-itch
  2. Medicinenet : Jock Itch : https://www.medicinenet.com/jock_itch/article.htm
  3. Verywellhealth : Jock Itch Symptoms, Causes, and Treatments : https://www.verywellhealth.com/jock-itch-tinea-cruris-fungal-infection-1068772

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *