Hipotermia

Hipotermia adalah suatu kondisi yang terjadi ketika suhu tubuh anda turun dibawah 95°F Komplikasi besar dapat terjadi akibat penurunan suhu ini, termasuk kematian. Hipotermia sangat berbahaya, karena mempengaruhi kemampuan untuk berpikir jernih. Ini dapat mengurangi kemungkinan mencari pertolongan medis.

Gejala hipotermia

Gejala – gejala umum hipotermia meliputi :

  • Menggigil berlebihan
  • Nafas melambat
  • Bicara lambat
  • Kecanggungan
  • Tersandung
  • Kebingungan

Seseorang yang memiliki kelelahan yang berlebihan, denyut nadi yang melemah, atau yang tidak sadar mungkin juga hipotermia.

apa itu hipotermia

Penyebab hipotermia

Cuaca dingin adalah penyebab hipotermia. Ketika tubuh anda mengalami suhu yang sangat dingin, ia akan kehilangan suhu panas yang sangat cepat daripada yang bisa dihasilkan. Berada di air dingin terlalu lama juga dapat menyebabkan efek ini.

Ketidakmampuan untuk menghasilkan panas tubuh yang memadai sangat berbahaya. Suhu tubuh dapat turun dengan cepat dan signifikan.

Paparan suhu yang lebih dingin dari normal juga dapat menyebabkan hipotermia. Contoh, jika anda memasuki ruangan yang sangat dingin dan ber-AC segera setelah berada diluar, anda beresiko kehilangan terlalu banyak suhu panas tubuh dalam waktu singkat.

hipotermia

Faktor resiko hipotermia

Usia

Usia adalah faktor resiko hipotermia. Bayi dan orang dewasa yang lebih tua memiliki resiko paling tinggi terkena hipotermia. Hal ini disebabkan menurunnya kemampuan untuk mengatur suhu tubuh mereka. Orang-orang dalam kelompok ini harus berpakaian dengan pantas untuk cuaca dingin. Anda juga harus mengatur pendingin udara untuk membantu mencegah hipotermia di rumah.

Penyakit Mental dan Demensia

Penyakit mental seperti skizofrenia dan gangguan bipolar, menempatkan anda pada resiko yang lebih besar untuk hipotermia. Demensia atau kehilangan ingatan yang sering terjadi dengan kesulitan komunikasi dan pemahaman, juga dapat meningkatkan resiko hipotermia. Orang-orang dengan gangguan mental mungkin tidak berpakaian dengan tepat untuk cuaca dingin. Mereka juga mungkin tidak menyadari bahwa mereka kedinginan dan mungkin tinggal diluar dalam suhu dingin terlalu lama.

Alkohol dan penggunaan narkoba

Alkohol dan penggunaan narkoba juga dapat mengganggu penilaian anda tentang flu. Anda juga lebih cenderung kehilangan kesadaran, yang dapat terjadi diluar dalam cuaca dingin yang berbahaya. Alkohol sangat berbahaya karena memberi kesan palsu tentang pemanasan bagia dalam. Pada kenyataan nya itu menyebabkan pembuluh darah mengembang dan kulit kehilangan lebih banyak panas.

Kondisi medis lainnya 

Kondisi media terlalu dapat mempengaruhi kemampuan tubuh untuk mempertahankan suhu yang memadai atau merasa dingin. Kondisi-kondisi ini meliputi:

  • Hipotiroidisme, yang terjadi ketika kelenjar tiroid anda menghasilkan terlalu sedikit hormon.
  • Radang sendi
  • Dehidrasi
  • Diabetes

Penyakit Parkinson, yang merupakan gangguan sistem syaraf yang mempengaruhi gerakan.  

Hal-hal berikut juga dapat menyebabkan kurangnya rasa ditubuh anda :

  • Stroke
  • Cedera tulang belakang
  • Terbakar
  • Kekurangan gizi

penyakit hipotermia

Obat-obatan

Beberapa obat anti depresan, sedatif dan antipsikotik dapat mempengaruhi kemampuan tubuh anda untuk mengatur suhu. Bicaralah pada dokter anda jika anda menggunakan obat-obatan jenis ini, terutama jika anda sering bekerja diluar dalam cuaca dingin atau jika anda tinggal disuatu tempat yang cuaca dingin.

Dimana anda tinggal

Tempat tinggal anda juga dapat mempengaruhi resiko suhu tubuh dingin. Tinggal didaerah yang sering mengalami suhu sangat rendah meningkatkan resiko terkena dingin yang ekstrem.

Apa pilihan perawatan untuk hipotermia

Hipotermia adalah keadaan darurat medis. Hubungi 911 jika anda mencurigai bahwa anda atau seseorang yang anda kenal menderita hipotermia

Tujuan dari perawatan hipotermia adalah untuk meningkatkan suhu tubuh anda di kisaran normal. Sambil menunggu perawatan darurat, orang akan terkena dampak atau perawat mereka dapat mengambil beberapa langkah untuk memperbaiki situasi :

  • Tangani orang tersebut dengan hati-hati.

       Tangani orang yang berdampak dengan hati-hati. Jangan memijat mereka dalam upaya mengembalikan aliran darah. Setiap gerakan yang kuat atau berlebihan dapat menyebabkan berhenti jantung. Pindahkan atau lindungi mereka dari dingin.

  •  Lepaskan pakaian basah orang tersebut.

       Lepaskan pakaian basah orang tersebut. Bila perlu, robek untuk menghindari memindahkan individu. Tutupi mereka dengan selimut hangat, termasuk wajah mereka, tetapi tidak dengan mulut mereka. Jika selimut tidak tersedia, gunakan panas tubuh anda untuk menghangatkannya.

Jika mereka sadar, cobalah memberi mereka minuman hangat atau sup, yang dapat membantu meningkatkan suhu tubuh.

  • Berikan kompres hangat

Berikan kompres hangat ( bukan panas ) pada individu, seperti botol air hangat atau handuk hangat. Hanya oleskan kompres ke dada, leher dan pangkal paha. Jangan berikan kompres ke lengan atau kaki dan jangan gunakan bantal pemanas atau lampu panas. Menerapkan kompres ke daerah-daerah ini akan mendorong darah dingin kembali ke jantung, paru-paru dan otak, yang bisa berakibat fatal. Suhu yang terlalu panas dapat membakar kulit atau menyebabkan henti jantung.

  • Pantau pernapasan orang tersebut

Pantau pernapasan individu. Jika pernapasan mereka terlihat melambat, atau jika mereka kehilangan kesadaran, lakukan CPR jika anda dilatih untuk melakukannya.

Perawatan Medis

Hipotermia yang parah secara medis dirawat dengan cairan hangat, sering salin, disuntikkan ke dalam vena. Seorang dokter akan menghangatkan kembali darah, suatu prosedur dimana mereka mengambil darah, menghangatkannya dan kemudian memasukkan kembali ke dalam tubuh.

Penghangatan jalan nafas juga bisa dilakukan melalui masker dan tabung hidung.  Menghangatkan perut melalui rongga lavage, atau pompa perut, dimana larutan garam memompa ke dalam perut, juga bisa membantu.

hipotermia adalah

Bagaimana saya dapat mencegah hipotermia

Tindakan pencegahan adalah kunci untuk menghindari hipotermia.

Pakaian

Langkah paling sederhana yang dapat anda ambil melibatkan pakaian yang anda kenakan. Berpakaian berlapis-lapis pada hari yang dingin, bahkan jika anda tidak berpikir itu terasa sangat dingin diluar. Lebih mudah melepas pakaian daripada melawat hipotermia. Tutupi semua bagian tubuh, dan kenakan topi, sarung tangan dan syal selama musim dingin. Juga berhati-hatilah saat berolahraga diluar ruangan pada hari-hari yang dingin. Keringan dapat mendinginkan anda dan membuat tubuh anda lebih rentan terhadap hipotermia. 

Tetap Kering

Tetap kering juga penting. Hindari berenang untuk waktu yang lama dan pastikan anda mengenakan pakaian anti air ditengah hujan dan salju. Jika anda terjebak di dalam air karena kecelakaan kapal. Cobalah tetap kering di atau di atas kapal. Hindari berenang sampai anda melihat bantuan terdekat.

Menjaga tubuh pada suhu normal penting untuk mencegah hipotermia. Jika suhu anda turun dibawah 95°F. Anda harus mencari bantuan medis, bahkan jika anda tidak merasakan gejala hipotermia.

Apa komplikasi yang berhubungan dengan hipotermia

Perhatian medis segera sangat penting untuk mencegah komplikasi. Semakin lama anada menunggu, semakin banyak komplikasi yang akan timbul dari hipotermia. Komplikasinya meliputi 

  • Radang dingin, atau kematian jaringan , yang merupakan komplikasi secara umum yang     terjadi ketika jaringan tubuh membeku. 
  • Chilblains atau kerusakan saraf atau pembuluh darah.
  • Gangren atau kerusakan jaringan.
  • Parit kaki, yang merupakan perusakan saraf dan pembuluh darah dari perendaman air.

Hipotermia juga dapat menyebabkan kematian.

Referenci :

WebMD: Hypothermia: https://www.webmd.com/a-to-z-guides/what-is-hypothermia

Mayo Clinic: Hypothermia: https://www.mayoclinic.org/diseases-conditions/hypothermia/diagnosis-treatment/drc-20352688

Centers for Disease Control and Prevention: Prevent Hypothermia & Frostbite: https://www.cdc.gov/disasters/winter/staysafe/hypothermia.html

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *