Hematuria (Kencing Darah)

Pemahaman

Pengertian urin atau air seni atau air kencing adalah cairan sisa yang diekskresikan oleh ginjal yang kemudian akan dikeluarkan dari dalam tubuh melalui proses urinasi. Albuminuria atau proteinuria adalah adanya protein dalam urin manusia yang melebihi nilai normal yaitu lebih dari 150 mg/24 jam. Piuria (kencing nanah) atau pyuria adalah kondisi dimana sel darah putih terdapat minimal 10 sel di 10 milimeter kubik urin dan mengindikasikan infeksi. Sedangkan pengertian hematuria adalah adanya darah dalam urin.

Ada dua jenis hematuria, yaitu mikroskopis adalah sebuah kehadiran kecil darah yang tidak terlihat dengan mata telanjang, terdeteksi melalui analisis atau urine strip. Biasanya, mereka didiagnosis secara kebetulan, selama pemeriksaan kedokteran kerja atau sekolah atau hanya selama analisis urin yang diresepkan untuk gejala lain. Dalam kasus hematuri mikroskopis ini, tes urine harus diulang. Jika keberadaan darah dipastikan (bahkan dalam jumlah kecil), penting untuk memeriksakan diri ke dokter. 

Apa itu hematuria gross? Jenis kedua yang dapat terlihat segera dengan mata telanjang, dimana terdapat warna urine yang berbeda (mulai dari pink ke merah kecoklatan). Setelah analisis pengungkapan pertama, prosedur yang sama berlaku, pengujian baru harus dilakukan dan konsultasi disarankan jika hasilnya juga positif.

Untuk kedua jenis hematuri ini juga ditambahkan stress heamaturia, yang dapat bersifat mikroskopis maupun makroskopis. Sebaliknya, ini hasil dari guncangan fisik atau trauma mikro berulang pada ginjal dan kandung kemih dan diamati terutama pada atlet berpengalaman, seperti mereka yang berlatih maraton.

Belum ada angka resmi mengenai penderita hematuria. Namun, data dari Departemen Kesehatan RI tahun 2014 menunjukkan bahwa jumlah penderita penyakit ISK mencapai 90-100 kasus per 100.000 penduduk per tahun.

Etiologi hematuria

Pertama-tama, penting untuk diketahui bahwa tampilan darah dalam urin dapat menjadi indikasi penyebab tertentu. Ketika terjadi saat keluarnya urin yang disebut hematuria awal, bukan karena masalah uretra atau prostat. Terminal hematuria mencapai akhirnya ketika buang air kecil, biasanya asal masalah bermula dari kandung kemih. Akhirnya, hematuria total adalah adanya darah dalam aliran urin yang berasal dari ginjal.

Berhati-hatilah dengan pengobatan antikoagulan yang dapat menyesatkan penyebab hematuria. Beberapa masalah atau penyakit pada ekskresi dapat memicu hematuria, seperti:

  • Tumor ginjal  
  • Tumor kandung kemih  
  • Trauma, setelah guncangan fisik dan di mana perineum mulai berdarah
  • Batu empedu, saat batu bergerak di dalam ginjal dan menciptakan lesi yang mulai berdarah
  • Infeksi saluran kemih adalah penyebab hematuria paling umum. Misalnya, ketika seorang wanita yang menderita infeksi tersebut menunda pengobatannya. Dalam hal ini, ketidaknyamanan pada perineum serta luka bakar mungkin dirasakan, sampai terjadi hematuria

Gejala hematuria

Ciri-ciri penyakit hematuria ditandai dengan adanya:

  • Demam
  • Menggigil
  • Sering, perih dan susah pipis
  • Sakit pada perut bagian bawah
  • Rasa sakit di punggung bagian bawah
  • Pembengkakan tubuh termasuk di area mata
  • Anak kecil mudah rewel dan nafsu makannya berkurang
  • Darah yang kotor yang keluar bersama urine berwarna merah muda, merah atau berwarna cola karena adanya sel darah merah. Terkadang tidak menyakitkan, kecuali jika melewati gumpalan darah.

Prognosis hematuria

Biasanya komplikasi hematuria adalah kehilangan darah yang relatif ringan. Selain itu, darah yang sangat sedikit sudah cukup untuk mewarnai urine. Bagaimanapun, penyakit hematuria selalu merupakan pertanda dari sesuatu yang tidak normal, oleh karena itu penting untuk segera berkonsultasi dengan ahli urologi setelah analisis.

Dalam jangka panjang, jika tidak ada yang dilakukan untuk mencari tahu apa penyebab kencing darah, maka anemia dan pembentukan gumpalan di urin bisa muncul. Dalam kasus ini, buang air kecil bisa menjadi sangat menyakitkan.

Hanya sekali dari 10 kehadiran mikro-hematuria mengungkapkan tumor saluran kemih  dan 1 dari 10 penyakit urologi atau nefrologi. Karena itu kita harus mengecilkan situasi, 8 dari 10 kasus tidak ada pemicu serius dan keseimbangan akhir hematuria akan cukup normal.

Anamnesis hematuria

Seperti pada umumnya diagnosis akan dilakukan oleh dokter dengan menanyakan riwayat kesehatan (baik individu maupun keluarga), menanyakan gejala, melakukan pemeriksaan fisik untuk melihat tanda penyakit. Apabila diperlukan dokter juga dapat melakukan tes tambahan. 

Dokter akan merekomendasikan tes pertama: urinalisis atau ECBU. Bergantung pada hasil pemeriksaan ini dan pemeriksaan medis, dokter mungkin harus meresepkan USG saluran kemih atau pemindai uro. Mungkin juga merujuk pasien ke dokter spesialis (ahli urologi), yang akan dapat merujuk pasien ke sistoskopi atau endoskopi kandung kemih.

Pengobatan hematuria

Tidak ada pengobatan khusus untuk mengobati hematuria. Di sisi lain, dokter harus mencari pemicunya, yang mungkin dapat diobati (misalnya: pengobatan sistitis). Setelah melakukan pengobatan, urine akan kembali diperiksa untuk memastikan keberadaan darah. Jika belum hilang, dokter akan merekomendasikan untuk melakukan tes tambahan atau mungkin dirujuk ke ahli urologi.

Pencegahan hematuria

Pemicunya yang cukup beragam sehingga membuatnya sulit untuk dicegah, tetapi bukan berarti tidak dapat dihindari. Lakukan beberapa cara ini, seperti:

  • Hindari nikotin
  • Gerak fisik teratur
  • Cukup kebutuhan air putih tubuh
  • Jangan menunda buang air kecil 
  • Kurangi makanan asin dan yang mengandung mineral oksalat
  • Jaga berat badan ideal dengan mengkonsumsi makanan bergizi seimbang

Referensi

  1. Jurnal Poltekkes Kemenkes Bengkulu: Variasi Bakteri Pada Penderita Infeksi Saluran Kemih (ISK): https://jurnal.poltekkes-kemenkes-bengkulu.ac.id/index.php/jmk/article/download/441/261
  2. Tirto.id: Mengenal Gejala Hematuria atau Kencing Darah dan Pengobatannya: https://tirto.id/mengenal-gejala-hematuria-atau-kencing-darah-dan-pengobatannya-ee7v
  3. Lifepack: Hematuria: https://lifepack.id/hematuria
  4. Brainly: Apa yang Dimaksud Dengan Urine: https://brainly.co.id/tugas/6881356

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *