Hemangioma

Pemahaman

Tanda lahir (toh) atau hemangioma infantil atau hemangioma adalah tumor pembuluh darah jinak yang muncul di tubuh bayi beberapa hari atau minggu setelah lahir dan tumbuh dengan cepat selama bulan-bulan pertama kehidupan, sebelum mundur secara spontan dan menghilang seiring bertambahnya usia (dari 5-7 tahun). Namun, terkadang komplikasi memerlukan perawatan medis. Jika terdapat kelainan vaskular yang paling umum dan mempengaruhi 5-10% anak-anak.

Etiologi Hemangioma

Penyebab hemangioma biasanya dipicu oleh pengorganisasian sistem vaskular yang belum matang pada minggu-minggu sebelum kelahiran dan berlanjut secara abnormal ke dalam kehidupan ekstrauterin. Penting untuk ditekankan bahwa meskipun ada upaya untuk mengklasifikasikan, tetapi diagnostik seputar istilah “hemangioma” masih didapati banyak kebingungan semantik. Perhatikan bahwa pada umumnya akan didapati tumor vaskular jinak lainnya, seperti hemangioma kongenital. Apa itu hemangioma kongenital? Ini berbeda dengan tumor yang didapat dari hemangioma, dimana tumor kongenital sudah ada sejak lahir, tidak tumbuh dan warnanya ungu dan sering terlokalisasi di tungkai dekat sendi. Akhirnya, perlu dibedakan tumor vaskular dari malformasi vaskular.

Hemangioma pada bayi perempuan 3 kali lebih mungkin mengembangkan “toh” daripada bayi laki-laki. Resiko hemangioma pada bayi juga terlihat lebih tinggi pada bayi dengan kulit putih cerah, berat badan rendah dan ketika kehamilan mengalami komplikasi.

Gejala Hemangioma

Tanda lahir bisa berukuran dari beberapa milimeter hingga beberapa sentimeter, diisolasi pada 80% kasus dan terlokalisasi di kepala serta leher pada 60% kasus. Tapi ada juga tanda lahir yang tersebar (multiple). Setelah fase pertumbuhan yang cepat, perkembangannya terganggu sekitar pada tahun pertama kehidupan bayi dan kemudian dalam banyak kasus tumor secara bertahap mundur hingga menghilang sepenuhnya. 

Ada tiga jenis klinis hemangioma, yaitu:

  • Hemangioma kulit atau strawberry hemangioma.  Pengertian hemangioma strawberry angioma sendiri ialah kondisi dimana “toh” mengenai dermis, berwarna merah cerah, berbentuk plak atau lobus dengan permukaan halus atau kasar seperti buah dan muncul selama tiga minggu pertama kehidupan.
  • Hemangioma subkutan. Mengenai hipodermis, berwarna kebiruan dan muncul kemudian (sekitar 3-4 bulan).
  • Bentuk campuran haemangioma adalah mempengaruhi dermis dan hipodermis. Berwarna merah di tengah dan kebiruan di sekitarnya.

Prognosis hemangioma

Komplikasi yang dapat muncul sebagai akibat dari tanda lahir ini, antara lain:

  • Gagal jantung
  • Gangguan psikologis
  • Penurunan nafsu makan
  • Ruam dan infeksi, terutama ada di area popok pada bayi dan balita
  • Trombositopenia, penggumpalan trombosit yang mengalami sekuestrasi
  • Gangguan indra penglihatan, pendengaran dan pernafasan yang bermasalah (obstruksi jalan nafas)
  • Rusaknya kulit, meninggalkan keriput atau meninggalkan penampilan pembuluh darah dangkal (permukaan) di area yang terpapar
  • Ulkus atau ulser (luka) atau bahkan mungkin pendarahan karena tipisnya kulit di atas permukaan “toh”, sedangkan pembuluh darah di bawahnya terus tumbuh.

Anamnesis hemangioma

Seperti pada umumnya diagnosis akan dilakukan oleh dokter dengan menanyakan riwayat kesehatan, menanyakan gejala, melakukan pemeriksaan fisik untuk melihat tanda penyakit (baik penyebab maupun komplikasinya). Apabila diperlukan dokter juga dapat melakukan tes tambahan pemindaian, seperti ultrasonografi (USG), CT Scan, radiografi atau tes MRI.

Pengobatan hemangioma

Regresi penyakit hemangioma terjadi secara spontan pada 80-90% kasus (tergantung pada sumbernya), perlu dilakukan pengobatan bila haemangioma besar dan menjadi rumit. Terutama pada kasus berikut ini:

  • Tumor nekrosis
  • Perdarahan dan ulkus
  • Lokasi tumor berisiko mencegah berfungsinya suatu organ, baik itu mata, mulut, telinga atau hidung
  • Tanda lahir yang sangat tidak sedap dipandang memiliki efek psikis yang signifikan bagi anak, tetapi juga bagi orang tua. Kondisi ini dapat menyebabkan berbagai macam perasaan negatif, terasing, rasa bersalah, kecemasan dan bahkan ketakutan.

Perawatan untuk hemagioma menggunakan kortikosteroid, cryotherapy (perawatan dingin). Walau jarang dilakukan, salah satu cara menghilangkan tanda lahir di wajah dengan cepat umumnya dilakukan dengan laser dan eksisi bedah. Pengobatan baru yang ditemukan secara kebetulan pada tahun 2008, yaitu propranolol memberikan hasil yang baik dan sekaligus membatasi risiko efek samping.

Cara menghilangkan tanda lahir secara alami, diantaranya:

  • Hindari sinar matahari langsung
  • Tempelkan es yang sudah dibungkus kain bersih ke kulit selama 15-20 menit, diamkan kulit selama satu jam, lalu ulangi kompres berdasarkan kebutuhan.
  • Oleskan minyak zaitun atau perasan air lemon atau pepaya halus atau jus tomat pada kulit yang terpapar menggunakan bola kapas, diamkan selama 5-10 menit. Cuci dengan air hangat dan keringkan, ulangi 2-3 kali sehari.

Pencegahan hemangioma

Tidak ada cara untuk mencegah hemangioma, baik yang dilakukan sebelum maupun selama kehamilan. Namun, dokter tetap perlu mengawasi perkembangan hemangioma pada anak. Sehingga penting untuk memiliki komitmen tinggi dan tetap menjaga janji tindak lanjut (pemeriksaan).

Referensi

  1. Academia.edu: Hemangioma: https://www.academia.edu/29983332/HEMANGIOMA
  2. Nakita: Ini Cara Mudah Hilangkan Tanda Lahir Membandel, Mari Buktikan!: https://nakita.grid.id/read/0227186/ini-cara-mudah-hilangkan-tanda-lahir-membandel-mari-buktikan?page=all

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *