Granuloma Inguinale

Pemahaman

Granuloma adalah agregat fokus sel kekebalan yang terbentuk sebagai respons terhadap rangsangan inflamasi yang persisten. Dengan kata lain, granulomatous adalah sekelompok kecil sel darah putih dan jaringan lain (sejumlah bentuk peradangan nodular terlokalisasi) yang ditemukan di paru, kepala, kulit atau di tempat lain. 

Pengertian granuloma inguinale atau donovanosis ialah penyakit menular seksual (PMS) langka. Biasanya menghasilkan benjolan kemerahan yang tidak nyeri (nodul) pada atau dekat alat kelamin yang tumbuh perlahan, infeksi dicurigai jika orang tersebut memiliki gejala yang khas dan tinggal di daerah prevalensi infeksi. Diagnosis dipastikan setelah memeriksa sampel cairan dari ulserasi, pengobatan dengan antibiotik biasanya efektif.

Gejala granuloma inguinale

Etiologi granuloma inguinale

Granuloma inguinale adalah infeksi yang sangat jarang terjadi di negara-negara industri tetapi masih terjadi di Papua Nugini, Australia, Afrika Selatan, Karibia, dan sebagian Brazil serta di India. Penyebab granuloma yaitu bakteri Klebsiella granulomatis, dimanifestasikan oleh peradangan kronis dan fibrosis pada alat kelamin.

Gejala granuloma inguinale

Umumnya muncul 1-12 minggu setelah infeksi, pertanda pertama yaitu munculnya bintil merah tanpa rasa sakit yang perlahan membesar membentuk benjolan bulat dan timbul dengan bau busuk. Granuloma kemudian pecah membentuk ulserasi atau ulkus genital di dekat tempat infeksi asli:

  • Wajah pada kedua jenis kelamin
  • Vulva, vagina dan kulit di sekitarnya pada wanita¬†
  • Penis, skrotum, selangkangan dan paha pada pria
  • Anus dan bokong pada orang yang melakukan seks anal.

Prognosis granuloma inguinale

Ulserasi perlahan menyebar ke jaringan yang berdekatan, menyebabkan kerusakan lebih lanjut. Jika tidak diobati, bisul terus menyebar saat bersentuhan dengan area tubuh lainnya. Ulserasi sembuh perlahan dan dapat menyebabkan jaringan parut permanen. Terkadang infeksi menyebar ke kelenjar getah bening di selangkangan yang menyebabkannya membengkak atau menyebar melalui aliran darah ke tulang, persendian atau hati.

Anamnesis granuloma inguinale

Pemeriksaan cairan akibat ulserasi dilakukan pada seseorang yang dicurigai dan terutama tinggal di daerah yang banyak penyakitnya dan memiliki bisul yang khas. Untuk memastikan, sampel cairan yang dikumpulkan dengan cara dikikis dari ulserasi diambil dan diperiksa di bawah mikroskop. Jika diagnosisnya ambigu, dokter akan mengambil sampel jaringan untuk diperiksa di bawah mikroskop (biopsi).

Pengobatan granuloma inguinale

Kombinasi antibiotik seperti trimetoprim-sulfametoksazol, doksisiklin, eritromisin, siprofloksasin atau azitromisin melalui mulut selama minimal 3 minggu efektif. Beberapa antibiotik diberikan melalui injeksi intramuskular atau intravena. Skrining dan pengobatan pasangan seksual saat ini harus diperiksa dan jika terinfeksi mereka juga harus dirawat.

Dengan pengobatan, kondisi orang yang terinfeksi mulai membaik dalam 7 hari. Namun, jika infeksi telah menyebar ke kelenjar getah bening di selangkangan, penyembuhan mungkin lambat dan nodul dapat muncul kembali. Orang tersebut kemudian harus dirawat untuk waktu yang lebih lama. Ketika pengobatan tampaknya berhasil, orang tersebut harus melakukan pemeriksaan rutin selama 6 bulan.

Pencegahan granuloma inguinale

Tindakan pencegahan umum berikut dapat membantu melindungi dari penyakit granuloma inguinalis dan penyakit menular seksual lainnya:

  • Menggunakan kondom dengan benar dan teratur
  • Diagnosis dan pengobatan infeksi yang cepat (untuk mencegah penyakit menyebar ke orang lain)
  • Identifikasi pasangan seksual orang yang terinfeksi, diikuti dengan konsultasi atau pengobatan pasangan
  • Menghindari praktik seks yang tidak aman, contohnya sering berganti pasangan atau berhubungan seks dengan pelacur atau dengan pasangan yang memiliki pasangan seks lain.

Menahan diri dari seks (anal, vaginal atau oral) adalah cara yang paling dapat diandalkan untuk menghindari penyakit menular seksual, tetapi seringkali tidak realistis.

Referensi

  1. NCBI: Granuloma: https://www.ncbi.nlm.nih.gov/books/NBK554586/
  2. Healthdirect: Granulomas: https://www.healthdirect.gov.au/granulomas
  3. MedicineNet: : Definition of Granuloma: https://www.medicinenet.com/script/main/art.asp?articlekey=3629

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *