Frozen Shoulder (Bahu Kaku)

Pemahaman

Bahu atau shoulder artinya persendian kompleks tempat 3 tulang bertemu, yaitu lengan atas (humerus), belikat (skapula) dan selangka (klavikula), serta memiliki 7 otot dan banyak tendon yang memastikan mobilitas sendi di beberapa bidang. Di sekitar sendi, ada membran fibrosa (kapsul). 

Ketika meradang bisa terasa nyeri hingga tidak berdaya dan kehilangan elastisitasnya, mobilisasinya menjadi terbatas pada titik yang diblokir. Kami juga berbicara tentang kapsulitis retraksi. Arti dari frozen yaitu kaku atau beku. Adhesive capsulitis (Sindrom Rotator cuff) atau frozen shoulder adalah bahu yang tidak berdaya karena rasa sakit. Tanpa perawatan khusus, penyembuhan berlangsung antara 6-24 bulan. 

Prognosis frozen shoulder

Etiologi frozen shoulder

Retraksi kapsul yang mengelilingi bahu bertanggung jawab atas rasa sakit, tetapi ini memberi jalan ke obat anti-inflamasi atau jika perlu, infiltrasi intra-artikular. Bahkan peristiwa traumatis yang tampaknya ringan dapat menyebabkan kapsulitis retraksi. Namun dalam banyak kasus, penyebab frozen shoulder tanpa sebab yang jelas dan hanya orang dewasa yang terpengaruh (paling sering wanita), dengan frekuensi puncak antara 45-65 tahun.

Gejala frozen shoulder syndrome

Pasien mengalami nyeri hebat yang mempengaruhi puntung deltoid dan dapat menjalar ke lengan, lengan bawah ke pergelangan tangan dan atau ke leher. Ini sangat jelas di malam hari dan dapat mencegah orang yang terluka untuk tidur.

Pada fase pertama, bahu tetap bergerak dan hanya ada rasa sakit. Tetapi pada fase kedua, kemampuan pasien untuk menggerakkan bahu semakin berkurang. Pada tahap ketiga, ditandai dengan bahu frozen sakit, kemudian pada tahap terakhir ngilu perlahan-lahan menghilang dan terjadi peningkatan amplitudo.

Prognosis frozen shoulder

Tanda utama frozen shoulder adalah rasa sakit, yang bisa begitu kuat sehingga menghalangi gerak bahu. Semuanya dimulai secara spontan, tanpa pukulan atau kejutan atau jatuh. Rasa sakitnya hebat, meradang, dengan berlebihan di malam hari. Pada akhir 2-4 minggu, gejala menurun, tetapi secara paradoks, mobilitas semakin berkurang hingga benar-benar “membekukan” bahu. Gerakan lengan lateral menjadi yang paling sulit.

Kebanyakan orang mendapatkan kembali kekuatan dan gerakan bahu yang normal atau hampir normal setelah perawatan. Namun, perlu banyak waktu untuk pulih sepenuhnya (selama 3 tahun). Tanpa pengobatan, bahu kaku biasanya sembuh dengan sendirinya, tetapi bisa memakan waktu lebih lama. Umumnya, bahu kaku tidak muncul kembali di bahu yang sama. 

Anamnesis penyakit frozen shoulder

Tidak ada pemeriksaan yang benar-benar signifikan, diagnosisnya pada dasarnya klinis. Pemeriksaan biologis dan foto rontgen bahu normal, setidaknya pada awal perkembangan. Pada tahap selanjutnya, dekalsifikasi tulang yang terkait dengan imobilisasi dapat ditemukan, dikonfirmasi oleh skintigrafi. Ultrasonografi dapat membantu dalam memeriksa integritas tendon manset.

Pengobatan frozen shoulder

Dokter dapat memberikan analgesik dan obat antiinflamasi untuk nyeri. Pil tidur atau obat lain yang membantu tertidur dapat membantu, terkadang dengan antidepresan atau obat anti cemas yang setara. Infiltrasi intra artikular merupakan obat frozen shoulder yang utama. Jika obat penghilang rasa sakit tidak cukup, pengobatan terdiri dari infiltrasi intra-artikular anterior yang dapat diulang (paling banyak 2 kali). Hati-hati bila timbul nyeri akut setelah infiltrasi, segera konsultasikan ke dokter untuk mencari komplikasi, terutama yang menular. Sebuah fisioterapi dengan terapi fisik dapat diresepkan oleh dokter pada kondisi tidak melebihi ambang sakit. Ini didasarkan pada peregangan non-brutal progresif.

Pencegahan frozen shoulder

Karena frozen shoulder syndrome adalah penyakit yang tidak selalu tahu mengapa hal itu bisa terjadi, sehingga sulit untuk mencegahnya. Jika mengalami cedera atau kondisi yang membuat bahu tidak bisa bergerak, bicarakan dengan dokter tentang risikonya dan apakah ada latihan yang dapat dilakukan untuk mencoba mencegahnya. Ini tergantung pada cedera atau kondisinya.

Referensi

  1. NHS: Frozen Shoulder: https://www.nhs.uk/conditions/frozen-shoulder/
  2. Mayo Clinic : Frozen shoulder : https://www.mayoclinic.org/diseases-conditions/frozen-shoulder/symptoms-causes/syc-20372684

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *