Flu

Apa perbedaan antara pilek dan flu?

Flu biasa dan flu mungkin tampak serupa pada awalnya. Keduanya merupakan penyakit pernapasan dan dapat menyebabkan gejala yang sama. Tetapi virus yang berbeda menyebabkan kedua kondisi ini. Gejala Anda membantu Anda membedakannya.

Pilek dan flu memiliki beberapa gejala umum. Orang dengan penyakit apa pun sering mengalami:

  • Ingus atau hidung tersumbat
  • Bersin
  • Pegal-pegal
  • Kelelahan umum

Biasanya, gejala flu lebih parah daripada gejala flu.

Perbedaan berbeda antara keduanya adalah seberapa serius mereka. Pilek jarang menyebabkan kondisi atau masalah kesehatan lainnya. Tetapi flu dapat menyebabkan infeksi sinus dan telinga, pneumonia, dan sepsis.

Untuk menentukan apakah gejalanya adalah pilek atau flu, Anda perlu memeriksakan diri ke dokter. Dokter Anda akan melakukan tes yang dapat membantu menentukan apa yang ada di balik gejala Anda.

Jika dokter mendiagnosa pilek, Anda hanya perlu mengobati gejalanya sampai virusnya sembuh. Perawatan-perawatan ini dapat termasuk menggunakan obat-obatan pil bebas (OTC), tetap terhidrasi, dan banyak istirahat.

Minum obat flu di awal siklus virus dapat membantu mengurangi keparahan penyakit dan mempersingkat waktu Anda sakit. Istirahat dan hidrasi juga bermanfaat bagi penderita flu. Sama seperti flu biasa, flu hanya perlu waktu untuk bekerja melalui tubuh Anda.

apa itu flu

Apa yang menyebabkan flu?

Flu adalah virus yang dibagi dalam beberapa cara. Pertama, Anda dapat mengambil virus dari orang di dekat Anda yang menderita flu dan bersin, batuk, atau berbicara.

Virus ini juga dapat hidup pada benda mati selama dua hingga delapan jam. Jika seseorang dengan virus menyentuh permukaan yang sama, seperti gagang pintu atau keyboard, dan Anda menyentuh permukaan yang sama, Anda bisa terkena virus. Setelah Anda memiliki virus di tangan Anda, itu dapat memasuki tubuh Anda dengan menyentuh mulut, mata, atau hidung Anda.

Anda dapat melakukan vaksinasi terhadap flu. Vaksin flu tahunan membantu tubuh Anda mempersiapkan diri untuk terpapar virus. Tetapi virus flu sedang berubah dan berubah. Itu sebabnya Anda membutuhkan suntikan flu setiap tahun. Suntikan flu membantu Anda dengan mengaktifkan sistem kekebalan tubuh Anda untuk membuat antibodi terhadap jenis virus tertentu. Antibodi adalah yang mencegah infeksi.

Dimungkinkan untuk mendapatkan flu setelah menerima suntikan flu jika Anda bersentuhan dengan jenis virus lain. Meski begitu, kemungkinan gejala Anda akan jauh lebih parah daripada jika Anda tidak memiliki vaksin sama sekali. Ini karena berbagai jenis virus flu berbagi elemen yang sama (disebut perlindungan silang), yang berarti bahwa vaksin flu juga dapat bekerja melawan mereka.

Apa saja gejala flunya?

Berikut adalah beberapa gejala umum flu:

  • Demam. Flu hampir selalu menyebabkan peningkatan suhu tubuh Anda. Ini juga dikenal sebagai demam. Sebagian besar demam yang berhubungan dengan flu berkisar dari demam ringan sekitar 100 ° F (37,8 ° C) hingga 104 ° F (40 ° C). Meski mengkhawatirkan, tidak jarang anak kecil menderita demam lebih tinggi daripada orang dewasa. Jika Anda curiga anak Anda terserang flu, kunjungi dokter Anda. Anda mungkin merasa ‘demam’ ketika Anda memiliki suhu tinggi. Gejalanya meliputi menggigil, berkeringat, atau kedinginan meskipun suhu tubuh Anda tinggi. Kebanyakan demam berlangsung kurang dari satu minggu, biasanya sekitar tiga hingga empat hari.
  • Batuk. Batuk yang kering dan menetap sering terjadi pada flu. Batuk bisa memburuk, menjadi tidak nyaman dan menyakitkan. Anda juga mungkin mengalami sesak napas atau ketidaknyamanan dada selama waktu ini. Banyak batuk yang berhubungan dengan flu dapat bertahan selama sekitar dua minggu.
  • Nyeri otot. Nyeri otot yang berhubungan dengan flu ini paling umum di leher, punggung, lengan, dan kaki Anda. Mereka sering parah, membuatnya sulit untuk bergerak bahkan ketika mencoba melakukan tugas-tugas dasar.
  • Sakit kepala. Gejala flu pertama Anda mungkin sakit kepala parah. Kadang-kadang gejala mata, termasuk sensitivitas cahaya dan suara, sejalan dengan sakit kepala Anda.
  • Kelelahan. Merasa lelah adalah gejala flu yang tidak terlalu jelas. Merasa kurang sehat pada umumnya bisa menjadi pertanda banyak kondisi. Perasaan lelah dan letih ini mungkin datang dengan cepat dan sulit diatasi.

Flu shot: Ketahui faktanya

Influenza adalah virus serius yang menyebabkan banyak penyakit setiap tahun. Anda tidak harus muda atau memiliki sistem kekebalan tubuh yang lemah untuk mendapatkan penyakit parah dari infeksi. Orang sehat dapat jatuh sakit karena flu dan menyebarkannya ke teman dan keluarga.

Dalam beberapa kasus, flu bahkan bisa mematikan. Kematian terkait flu paling umum terjadi pada orang berusia 65 dan lebih tua tetapi dapat dilihat pada anak-anak dan dewasa muda.

Cara terbaik dan paling efisien untuk menghindari flu dan mencegah penyebarannya adalah dengan mendapatkan vaksinasi. Vaksin flu tersedia sebagai suntikan suntikan. Semakin banyak orang mendapatkan vaksinasi terhadap flu, semakin sedikit flu dapat menyebar. Vaksinasi juga dapat membantu mempersingkat waktu Anda sakit dan dapat mengurangi gejalanya.

Bagaimana cara kerja flu shot?

 Untuk membuat vaksin, para ilmuwan memilih jenis virus flu yang menurut penelitian akan menjadi yang paling umum di musim flu yang akan datang. Jutaan vaksin dengan strain itu diproduksi dan didistribusikan.

Setelah Anda menerima vaksin, tubuh Anda mulai memproduksi antibodi terhadap jenis virus tersebut. Antibodi ini memberikan perlindungan terhadap virus. Jika Anda terkena virus flu di kemudian hari, Anda dapat menghindari infeksi.

 Anda mungkin sakit jika akhirnya menyentuh jenis virus yang berbeda. Tetapi gejalanya tidak akan terlalu parah karena Anda sudah divaksinasi.

Siapa yang harus mendapatkan vaksinasi flu?

Dokter merekomendasikan bahwa setiap orang yang berusia diatas enam bulan menerima vaksin flu. Ini terutama berlaku untuk orang-orang dalam kategori berisiko tinggi, seperti:

  • Anak di bawah usia 5 (terutama anak di bawah usia 2)
  • Orang dewasa yang berusia minimal 65 tahun
  • Wanita yang sedang hamil atau hingga dua minggu postpartum
  • Orang dengan kondisi medis kronis yang melemahkan sistem kekebalan tubuh mereka

Sebagian besar dokter juga merekomendasikan bahwa setiap orang mendapat vaksin flu pada akhir Oktober. Dengan cara ini tubuh Anda memiliki waktu untuk mengembangkan antibodi yang tepat sebelum musim flu dimulai. Dibutuhkan sekitar dua minggu bagi antibodi untuk berkembang melawan flu setelah vaksinasi.

Berapa lama flu berlangsung?

Kebanyakan orang sembuh dari flu dalam waktu sekitar satu minggu. Tetapi mungkin perlu beberapa hari lagi bagi Anda untuk merasa kembali ke diri Anda yang biasanya. Tidak jarang merasa lelah selama beberapa hari setelah gejala flu Anda mereda.

Sangat penting untuk tinggal di rumah dari sekolah atau bekerja sampai Anda bebas dari demam selama setidaknya 24 jam (dan itu tanpa minum obat pengurang demam). Jika Anda terserang flu, Anda menular sehari sebelum gejala muncul dan hingga lima hingga tujuh hari sesudahnya.

Efek samping dari suntikan flu

Banyak orang melaporkan menghindari vaksin flu setiap tahun karena takut akan membuat mereka sakit. Penting untuk dipahami bahwa vaksin flu tidak dapat menyebabkan Anda terserang flu. Anda tidak akan sakit karena Anda menerima vaksin. Vaksin flu mengandung virus flu mati. Strain ini tidak cukup kuat untuk menyebabkan penyakit.

Tetapi, Anda mungkin mengalami beberapa efek samping dari suntikan flu. Efek samping ini seringkali ringan dan hanya berlangsung dalam waktu singkat. Efek samping dari suntikan lebih besar daripada kemungkinan gejala infeksi flu di kemudian hari.

Efek samping paling umum dari suntikan flu meliputi:

  • Rasa sakit di sekitar lokasi injeksi flu shot
  • Demam ringan pada hari-hari segera setelah injeksi
  • Sakit ringan dan kekakuan

Setiap efek samping yang terjadi seringkali hanya berlangsung satu atau dua hari. Banyak orang tidak akan mengalami efek samping apa pun.

Pada kesempatan langka, beberapa orang mungkin memiliki reaksi alergi yang serius terhadap vaksinasi. Jika Anda memiliki reaksi alergi terhadap vaksin atau obat apapun sebelumnya, bicarakan dengan dokter Anda.

flu

Pilihan pengobatan untuk flu

Sebagian besar kasus flu cukup ringan sehingga Anda dapat merawat diri sendiri di rumah tanpa resep obat.

Ingatlah perawatan ini jika Anda terserang flu:

  • Penghilang rasa sakit. Analgesik seperti acetaminophen dan ibuprofen sering direkomendasikan untuk membantu meringankan gejala. Ini termasuk nyeri dan nyeri otot, sakit kepala, dan demam.
  • Dekongestan. Jenis obat ini dapat membantu meringankan hidung tersumbat dan tekanan di sinus dan telinga Anda. Setiap jenis dekongestan dapat menyebabkan beberapa efek samping, jadi pastikan untuk membaca label untuk menemukan yang terbaik untuk Anda.
  • Ekspektoran. Jenis obat ini membantu melonggarkan sekresi sinus tebal yang membuat kepala Anda terasa tersumbat dan menyebabkan batuk.
  • Penekan batuk. Batuk adalah gejala flu yang umum, dan beberapa obat dapat membantu meringankannya. Jika Anda tidak ingin minum obat, beberapa tetes batuk menggunakan madu dan lemon untuk meredakan sakit tenggorokan dan batuk

Sangat penting Anda tinggal di rumah dan menghindari kontak dengan orang lain ketika Anda pertama kali melihat gejala flu. Anda juga harus:

  • Minum banyak cairan. Ini termasuk air, sup, dan minuman rasa rendah gula.
  • Cuci tangan Anda untuk mencegah penyebaran virus ke permukaan lain atau ke orang lain di rumah Anda.

Jika gejalanya memburuk, hubungi dokter Anda. Mereka mungkin meresepkan obat antivirus. Semakin cepat Anda minum obat ini, semakin efektif itu. Anda harus memulai perawatan dalam waktu 48 jam sejak gejala Anda mulai.

Hubungi dokter Anda segera setelah gejala muncul jika Anda berisiko tinggi untuk komplikasi terkait flu. Kelompok-kelompok berisiko tinggi ini meliputi:

  • Orang dengan sistem kekebalan yang lemah
  • Wanita yang sedang hamil atau hingga dua minggu postpartum
  • Orang yang berusia setidaknya 65 tahun
  • Anak-anak di bawah 5 tahun (khususnya, mereka yang di bawah 2 tahun)
  • Orang yang tinggal di fasilitas perawatan kronis atau panti jompo
  • Orang yang memiliki kondisi kronis, seperti penyakit jantung atau paru-paru
  • Orang-orang yang berasal dari penduduk asli Amerika (Indian Amerika atau Alaska Native)

Dokter Anda dapat langsung menguji virus flu. Mereka mungkin juga meresepkan obat antivirus untuk mencegah komplikasi.

Kapan musim flu?

Di Amerika Serikat, musim flu utama membentang dari akhir Oktober hingga Maret. Kasus-kasus puncak flu selama Februari, menurut Pusat Terpercaya Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC), Sumber Terpercaya. Tetapi Anda bisa terserang flu kapan saja sepanjang tahun.

Anda lebih cenderung sakit selama bulan-bulan musim gugur dan musim dingin. Ini karena anda menghabiskan lebih banyak waktu dalam jarak dekat dengan orang lain dan juga terkena banyak penyakit berbeda.

Anda lebih mungkin terserang flu jika sudah memiliki infeksi yang berbeda. Ini karena infeksi lain dapat melemahkan sistem kekebalan Anda dan membuat Anda lebih rentan terhadap infeksi baru.

penyakit flu

Cold Symptoms. Worried black mother looking at thermometer, ill daughter coughing. Selective focus

Gejala flu pada orang dewasa

Demam terkait flu muncul pada orang dewasa dan bisa parah. Bagi banyak orang dewasa, demam tinggi yang tiba-tiba adalah gejala paling awal dari infeksi flu.

Orang dewasa jarang mengalami demam kecuali mereka memiliki infeksi serius. Virus flu menyebabkan suhu tinggi yang tiba-tiba lebih dari 100 ° F (37,8 ° C).

Infeksi virus lainnya, seperti flu, dapat menyebabkan demam ringan.

Selain itu, anak-anak dan orang dewasa memiliki banyak gejala yang sama. Beberapa orang mungkin mengalami satu atau beberapa gejala lebih dari orang lain. Infeksi influenza setiap orang akan berbeda.

Apa masa inkubasi untuk flu?

Masa inkubasi tipikal untuk flu adalah satu hingga empat hari. Inkubasi mengacu pada periode dimana virus berada dalam tubuh Anda dan berkembang. Selama waktu ini, Anda mungkin tidak menunjukkan gejala virus apa pun. Itu tidak berarti bahwa Anda tidak menular. Banyak orang yang mampu menyebarkan virus ke orang lain sehari sebelum gejala muncul.

Jutaan tetesan kecil, yang diproduksi ketika kita bersin, batuk, atau berbicara, menyebarkan virus flu. Tetesan ini masuk ke tubuh Anda melalui hidung, mulut, atau mata. Anda juga dapat mengambil flu dengan menyentuh permukaan yang mengandung virus dan kemudian menyentuh hidung, mulut, atau mata Anda.

Apakah ada yang namanya ‘flu 24 jam’?

‘Flu 24-jam’ adalah infeksi umum yang tidak ada hubungannya dengan influenza, meskipun berbagi nama. Flu 24 jam disebabkan oleh genus virus yang disebut norovirus.

Gejala-gejala infeksi norovirus meliputi:

  • Diare
  • Mual
  • Muntah
  • Kram perut

Gejala-gejala ini terjadi pada sistem pencernaan. Itulah sebabnya flu 24 jam kadang-kadang disebut ‘flu perut.’ Meskipun disebut ‘flu 24 jam,’ Anda mungkin sakit hingga tiga hari.

Gejala flu 24 jam dan influenza (flu) berbeda. Flu adalah penyakit pernapasan. Gejala-gejala sistem pernapasan dari flu meliputi:

  • Batuk
  • Sakit kepala
  • Demam
  • Pilek
  • Pegal-pegal

Beberapa orang dengan influenza mungkin mengalami mual dan muntah saat mereka sakit. Tetapi gejala-gejala ini tidak umum pada orang dewasa.

Apakah flu menular?

Jika Anda terserang flu, Anda menular. Banyak orang yang menular dan dapat menyebarkan virus sedini hari sebelum mereka menunjukkan gejala. Dengan kata lain, Anda mungkin berbagi virus sebelum Anda bahkan menyadari bahwa Anda sakit.

Anda mungkin masih menular lima hingga tujuh hari setelah gejala muncul. Anak kecil sering menular selama lebih dari tujuh hari setelah gejala pertama kali muncul. Orang yang memiliki sistem kekebalan tubuh yang lemah dapat mengalami gejala virus lebih lama juga.

Jika Anda terserang flu, tetap di rumah. Lakukan bagian Anda untuk mencegah penyebaran virus ke orang lain. Jika Anda didiagnosa, beri tahu orang yang berhubungan dengan Anda pada hari sebelum gejala Anda muncul.

Apakah ada obat untuk flu?

Obat yang disebut obat ‘antivirus’ dapat mengobati flu. Anda tidak dapat membeli obat-obatan ini di apotek di apotek. Mereka tersedia hanya dengan resep dokter, dan Anda harus mengunjungi dokter atau penyedia layanan kesehatan untuk menerima resep.

Obat antivirus yang digunakan untuk mengobati flu dapat membantu meringankan gejala. Mereka juga dapat mempersingkat panjang flu satu atau dua hari. Mengambil obat antivirus dapat membantu jika Anda terkena flu, tetapi obat ini juga memiliki efek samping.

Obat antivirus penting bagi orang yang berisiko tinggi terkena komplikasi flu. Orang-orang dalam kategori berisiko tinggi ini termasuk:

  • Anak di bawah usia 5 (terutama anak di bawah usia 2)
  • Orang dewasa yang berusia minimal 65 tahun
  • Wanita yang sedang hamil atau hingga dua minggu postpartum
  • Orang dengan kondisi medis kronis yang melemahkan sistem kekebalan tubuh mereka

Penelitian menunjukkan obat antivirus bekerja paling baik jika Anda meminumnya dalam waktu 48 jam setelah mengalami gejala. Jika Anda melewatkan jendela itu, jangan khawatir. Anda mungkin masih melihat manfaat dari minum obat nanti. Ini terutama benar jika Anda berisiko tinggi atau sakit. Minum obat antivirus dapat membantu melindungi Anda dari komplikasi flu. Ini termasuk pneumonia dan infeksi lainnya.

Apakah ada obat flu alami?

Jika tidak diobati, flu biasa sering hilang dalam waktu sekitar satu minggu. Selama waktu itu, Anda memiliki beberapa pilihan perawatan untuk membuat gejala lebih mudah ditangani.

Obat-obatan antivirus yang diresepkan dapat mengurangi keparahan infeksi. Mereka juga dapat mempersingkat durasinya. Beberapa perawatan OTC dapat meringankan gejala infeksi. Bahkan beberapa obat flu alami dapat membantu meredakan gejala.

Beberapa orang mungkin menemukan obat flu alami untuk membantu. Penelitian medis mendukung beberapa perawatan yang meliputi:

  • Sup. Sup ayam hangat bekerja pada banyak tingkatan sebagai obat flu. Cairan hangat dapat membantu meringankan sakit tenggorokan dan menyediakan hidrasi dan elektrolit. Penelitian telah menunjukkan itu juga dapat mengubah pergerakan sel darah putih di tubuh Anda. Ini mengurangi peradangan.
  • Madu. Banyak obat batuk dan pilek “alami” mengandung madu. Madu adalah penekan batuk yang efektif. Tambahkan beberapa untuk teh Anda atau makan sesendok kecil jika Anda mencoba untuk menghentikan batuk.
  • Jahe. Masukkan beberapa irisan jahe ke dalam teh atau segelas air hangat, dan minum. Akar ini memiliki khasiat penyembuhan yang dapat meredakan sakit tenggorokan dan menekan batuk. Ini juga dapat membantu mual.
  • Probiotik. Tingkatkan bakteri baik dalam usus Anda saat tubuh Anda melawan infeksi. Mikrobioma usus yang sehat dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh, mencegah infeksi baru, dan meningkatkan penyembuhan.

Tentu saja, istirahat juga merupakan bagian penting untuk pulih dari infeksi flu. Tubuh Anda berjuang keras melawan infeksi. Adalah bijaksana bagi Anda untuk berhenti, beristirahat, dan tidur lebih banyak sehingga sistem kekebalan tubuh Anda dapat melawan infeksi.

Opsi untuk obat flu yang dijual bebas (OTC)

Obat-obatan OTC dapat membantu meringankan gejala flu, tetapi mereka tidak akan mengobatinya. Jika Anda terserang flu dan sedang mencari bantuan gejala, pertimbangkan obat-obatan ini:

  • Dekongestan. Dekongestan hidung membantu memecah lendir di sinus Anda. Ini memungkinkan Anda untuk membuang ingus. Dekongestan datang dalam beberapa bentuk. Ini termasuk dekongestan hidung yang dihirup dan dekongestan oral (pil).
  • Penekan batuk. Batuk, terutama di malam hari, adalah gejala flu biasa. Obat batuk OTC dapat meredakan atau menekan refleks batuk Anda. Obat batuk atau pil pelega tenggorokan dapat meredakan sakit tenggorokan dan menekan batuk.
  • Ekspektoran. Jenis obat ini dapat membantu Anda batuk berdahak jika Anda memiliki banyak lendir atau kemacetan di dada Anda.
  • Antihistamin. Jenis obat ini adalah obat pilek dan alergi. Ini mungkin tidak membantu untuk semua orang. Tapi itu bisa menghilangkan mata berair, hidung tersumbat, dan sakit kepala sinus jika alergi juga menyebabkan gejala Anda.

“Obat flu” OTC sering mengandung beberapa jenis obat ini dalam satu pil. Jika Anda menggunakan salah satu dari obat kombinasi ini, hindari minum obat lain. Ini memastikan bahwa Anda tidak minum terlalu banyak jenis obat apa pun.

flu adalah

Di mana saya bisa mendapatkan suntikan flu?

Sebagian besar kantor dokter membawa vaksin. Anda juga dapat memperoleh vaksin di:

  • Apotek
  • Klinik medis berjalan
  • Departemen kesehatan kabupaten atau kota
  • Pusat kesehatan perguruan tinggi

Beberapa pengusaha dan sekolah juga menawarkan klinik penembakan flu di lokasi. Banyak lokasi mulai mempromosikan vaksin flu saat musim flu mendekat. Beberapa bahkan menawarkan insentif seperti kupon untuk mendorong Anda menerima vaksin.

Jika Anda tidak dapat menemukan penyedia suntikan flu, gunakan pelacak suntikan flu seperti Pencari Vaksin Flu atau Pencari Vaksin HealthMap. Situs web ini mencantumkan bisnis, nomor telepon, dan jam operasi.

Tembakan flu untuk anak-anak: Apa yang harus Anda ketahui

Setiap tahun, ratusan ribu anak sakit karena virus influenza. Beberapa penyakit ini parah dan memerlukan rawat inap; beberapa bahkan mengakibatkan kematian.

Anak-anak yang sakit flu sering berisiko lebih tinggi daripada orang dewasa yang sakit flu. Misalnya, anak-anak di bawah usia lima tahun lebih cenderung membutuhkan perawatan medis untuk flu. Komplikasi parah akibat infeksi flu paling umum terjadi pada anak di bawah usia dua tahun. Jika anak Anda memiliki kondisi medis kronis, seperti asma atau diabetes, flu mungkin lebih buruk. Temui dokter Anda segera jika anak Anda telah terkena flu atau menunjukkan gejala flu.

Cara terbaik untuk melindungi anak-anak Anda dari infeksi flu adalah dengan vaksin flu. Vaksinasi anak-anak melawan infeksi setiap tahun. Dokter merekomendasikan vaksin flu untuk anak-anak mulai usia enam bulan.

Vaksin influenza tersedia sebagai suntikan. Periksa dengan dokter anak-anak Anda sebelum mereka mendapatkan vaksin.

Beberapa anak antara usia enam bulan dan delapan tahun mungkin perlu dua dosis untuk perlindungan terhadap virus. Jika anak Anda menerima vaksin untuk pertama kalinya, mereka kemungkinan akan membutuhkan dua dosis.

Jika anak Anda hanya menerima satu dosis di musim flu sebelumnya, mereka mungkin perlu dua dosis musim flu ini. Tanyakan kepada dokter anak Anda berapa dosis yang dibutuhkan anak Anda.

Anak-anak di bawah usia enam bulan terlalu muda untuk mendapatkan vaksin flu. Untuk melindungi mereka, pastikan orang-orang di sekitar mereka mendapatkan vaksinasi. Ini termasuk anggota keluarga dan penyedia perawatan.

Referensi

  1. Centers for Disease Control and Prevention: Cold Versus Flu: https://www.cdc.gov/flu/symptoms/coldflu.htm
  2. Intermountain healthcare: What’s the difference between a cold, the flu, seasonal allergies and coronavirus:  https://intermountainhealthcare.org/blogs/topics/live-well/2020/03/whats-the-difference-between-a-cold-the-flu-and-coronavirus
  3. 3. WebMD: Flu or Cold Symptoms: https://www.webmd.com/cold-and-flu/flu-cold-symptoms
  4. 4. Medical News Today: What is the difference between cold and flu: https://www.medicalnewstoday.com/articles/5161

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *