Fibrilasi Ventrikel

Pemahaman

Apa itu ventrikel jantung? Pengertian ventrikel yaitu salah 1 dari 2 ruang otot bawah jantung dengan dindingnya yang tebal dan membentuk sebagian besar jantung, ventrikel terjadi di antara beberapa invertebrata. Dari sudut pandang fungsional, mereka memompa darah keluar dari jantung dan masuk ke sistem peredaran darah.

Pengertian fibrilasi ventrikel adalah rangkaian kontraksi ventrikel yang sangat cepat dan tidak efisien yang tidak terkoordinasi dan mengancam jiwa (ruang bawah jantung), disebabkan oleh banyak impuls listrik yang kacau dan menyebabkan hilangnya kesadaran dalam beberapa detik. Akan berakibat fatal jika tidak segera ditangani dan tanpa pengobatan yang tepat, kematian akan menyusul.

Pada Ventricular Fibrillation (VF), ventrikel bergetar dan tidak berkontraksi secara terkoordinasi. Jantung tidak lagi memompa darah, jadi fibrilasi ventrikel adalah salah satu bentuk henti jantung. Elektrokardiografi atau EKG ventrikel takikardi membantu memastikan apakah penyebab dari henti jantung. Resusitasi kardiopulmoner (CPR) harus dilakukan dalam beberapa menit, diikuti dengan defibrilasi (sengatan listrik yang dikirim ke dada) untuk mengembalikan irama jantung yang normal.

Etiologi VF

Paling umum penyebab fibrilasi ventrikel ialah penyakit jantung, terutama aliran darah yang tidak memadai ke otot jantung karena penyakit arteri koroner, seperti yang terjadi selama serangan jantung. Beberapa pemicu ventrikel fibrilasi adalah sebagai berikut:

  • Tenggelam

  • Gagal jantung

  • Kardiomiopati

  • Sengatan listrik

  • Sindrom Brugada dan saluranopati lainnya

  • Obat-obatan yang mempengaruhi arus listrik di jantung, seperti penghambat natrium atau kalium

  • Syok (tekanan darah sangat rendah) yang mungkin terjadi akibat penyakit arteri koroner dan gangguan lainnya

  • Sindrom long QT yang dapat menyebabkan torsade de pointes ventricular tachycardia, termasuk yang disebabkan oleh rendahnya kadar kalium dalam darah (hipokalemia).

Gejala VF

Pertanda yang dapat dirasakan penderita:

  • Mual

  • Pusing

  • Nyeri dada

  • Sesak nafas

  • Hilang kesadaran

  • Detak jantung cepat (takikardia).

Prognosis VF

Ventrikel fibrilasi menyebabkan hilangnya kesadaran dalam hitungan detik. Jika tidak diobati, orang tersebut biasanya menderita kejang singkat dan menjadi lemas serta lesu. Orang tersebut biasanya mengalami kerusakan otak yang tidak dapat diperbaiki setelah sekitar 5 menit karena oksigen tidak lagi mencapai otak, kematian datang dengan cepat.

Anamnesis VF

Henti jantung didiagnosis ketika seseorang tiba-tiba pingsan, berubah warna menjadi putih kadaver, berhenti bernafas dan denyut nadi, detak jantung serta tekanan darahnya tidak dapat dideteksi. Gambaran EKG ventrikel fibrilasi dilakukan sebagai diagnosis pelengkap untuk mengetahui penyebab henti jantung.

Pengobatan VF

Ventrikel takikardi harus ditangani sebagai keadaan darurat mutlak, Cardiopulmonary Resusitasi (CPR) harus dimulai sesegera mungkin harus diikuti dengan defibrilasi (kejutan listrik dikirimkan ke dada) secepat defibrillator yang tersedia. Kemudian  obat yang digunakan untuk mengobati gangguan irama jantung dapat diberikan untuk menjaga irama jantung tetap normal.

Ketika ventrikel takikardi terjadi beberapa jam setelah serangan jantung pada orang yang tidak syok dan yang tidak mengalami gagal jantung, kardioversi cepat memulihkan ritme normal pada 95% kasus dan prognosisnya baik. Timbulnya syok dan gagal jantung merupakan tanda kerusakan serius pada ventrikel, bahkan jika dilakukan dengan cepat kemungkinan berhasilnya kardioversi hanya 30% dan 70% korban yang diresusitasi meninggal tanpa mendapatkan kembali fungsi normal.

Orang yang berhasil melakukan resusitasi setelah ventrikel takikardi berisiko tinggi mengalami episode lain. Jika ventrikular fibrilasi disebabkan oleh kelainan yang dapat disembuhkan, maka harus diobati. Jika tidak, Implan Cardioverting Defibrilator (ICD) atau singkatnya alat defibrilator ditanamkan melalui pembedahan pada kebanyakan pasien untuk memperbaiki masalah, jika itu terjadi lagi. ICD terus memantau detak dan irama jantung, secara otomatis mendeteksi ventrikel takikardi dan memberikan kejutan untuk mengembalikan aritmia ke ritme normal. Pasien ini juga minum obat untuk mencegah kekambuhan.

Pencegahan VF

Bagaimana ventrikel fibrilasi dicegah? Anda harus makan makanan yang sehat dan harus tetap aktif, misalnya dengan berjalan kaki 30 menit per hari. Perokok dapat mulai memikirkan cara untuk membantunya berhenti. Menjaga berat badan yang sehat, tekanan darah dan kadar kolesterol juga dapat membantu mencegah masalah jantung.

Referensi

  1. Healthline: Ventricular fibrillation: https://www.healthline.com/health/ventricular-fibrillation

  2. Mayo Clinic: Ventricular fibrillation: https://www.mayoclinic.org/diseases-conditions/ventricular-fibrillation/symptoms-causes/syc-20364523

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *