Balanitis

Pemahaman

Balanitis adalah peradangan pada kelenjar. Dalam banyak kasus ini menular, tetapi juga bisa karena reaksi alergi. Balanopostitis atau balanoposthitis adalah kondisi ketika peradangan juga mempengaruhi kulup. Patologi ini seringkali disebabkan oleh kebersihan pribadi yang tidak mencukupi atau sebaliknya, berlebihan. Kelainan ini juga dapat muncul tanpa hubungan seksual, ditandai dengan radang penis.

Penyakit balanitis dapat menyerang pria di segala usia, bahkan pada anak-anak dan bayi. Biasanya, tidak memerlukan perawatan obat. Pembersihan lokal dan sanitasi yang baik memungkinkan kembali normal dengan cepat. 

Etiologi balanitis

Pada sebagian besar kasus, penyakit ini terkait dengan pertumbuhan berlebih Streptococcus dan Candida albicans. Jika jamur ini secara alami ada pada flora kulit, mereka kemudian dapat tumbuh tak terkendali dan menyebabkan gejala pertama. Munculnya balantis juga bisa meningkat pada wajah dengan keresikan yang tidak memadai.

Beberapa faktor lainnya yang dapat memicu penyakit penis ini:

  • Maserasi disebabkan oleh kuman, bakteri atau jamur yang tidak dibasmi dengan baik (bakterial balanitis)
  • Infeksi radang (strep balanitis)
  • Infeksi jamur Candida. Hal ini terjadi terutama pada kasus diabetes, kelebihan berat badan atau konsumsi produk manis yang berlebihan (candidosic balanitis)
  • Penyakit kulit seperti eksim, psoriasis, lichen sclerosus dan lichen planus
  • Iritasi kimiawi, sebuah penggunaan berlebihan pembersih yang akan mengiritasi selaput lendir (balanites alergi dan iritasi)
  • Alergi terkait dengan kontak langsung dengan alergen (cucian, lateks). Dalam kasus khusus ini, perlu menemukan sumber alergen untuk menghindarinya.

Gejala balanitis

Sangat umum dan lumrah balanitis terjadi pada anak usia 2-5 tahun, dimana kepala penis berwarna merah dan bengkak. Balanitis memanifestasikan dirinya pada anak-anak dan dewasa dengan:

  • Lesi
  • Gatal
  • Rasa terbakar
  • Bau tak sedap
  • Malaise
  • Adanya cairan keputihan dari meatus
  • Iritasi yang mungkin halus atau bersisik
  • Bintik-bintik atau tidak rata merah pada penis glans
  • Nyeri ketika buang air kecil atau bila ada tekanan pada kelenjar.

Pengertian malaise yaitu perasaan lemah, lelah tidak nyaman, seperti sedang sakit ( tidak enak badan) secara keseluruhan yang penyebabnya tidak dapat diidentifikasi dengan jelas.

Prognosis balanitis

Komplikasi utama balanitis adalah phimosis. Di sinilah kulup menempel pada kelenjar penis yang meradang dan bengkak dan tidak dapat ditarik kembali. Koreksi phimosis membutuhkan prosedur pembedahan, seperti celah punggung atau sunat (pengangkatan kulup). Tetapi dapat disertai dengan uretritis (radang uretra) dan atau masalah kulit lainnya.

Anamnesis balanitis

Segera setelah munculnya pertanda, disarankan untuk berkonsultasi dengan dokter yang kemudian melanjutkan ke interogasi yang memungkinkan untuk menentukan faktor-faktor yang mungkin mendukung terjadinya infeksi semacam itu. Contohnya diabetes, adanya infeksi genital pada pasangan atau kebersihan pribadi yang tidak memadai. Dokter kemudian melakukan pemeriksaan fisik dan pemeriksaan tambahan seperti urinalisis, kultur, biopsi atau tes darah (tergantung pada jenis balanitisnya) untuk menyingkirkan penyebab peradangan lainnya.

Pengobatan balanitis

Perawatan lokal (antijamur, antibiotik, kortikosteroid, atau lainnya) diperlukan. Dalam kasus infeksi menular seksual, antibiotik oral dapat diresepkan. Jika kulup terlalu sempit, sehingga mencegah kelenjar ditemukan (yang dapat mendorong terjadinya balanitis) atau jika infeksi pada penis berulang, maka sunat dapat dipertimbangkan.

Balanitis pada anak-anak tidak memerlukan perawatan obat. Dapat dirawat dengan mudah dan cepat dengan kebersihan yang baik. Sebuah pembersih lokal dengan sabun lembut dan air dan terkadang mandi sitz dengan air untuk encerkan Dakin (hingga 3 hari) juga direkomendasikan dan sebuah antibiotik topikal atau sistemik untuk infeksi bakteri akan diresepkan dokter.

Pencegahan balanitis

Sanitasi yang baik membantu mencegah sebagian besar infeksi penis. Ini membutuhkan menghindari toilet yang agresif, serta penggunaan sabun antiseptik, pembilasan dan pengeringan secara menyeluruh. Jika Anda mengalami gejala tertentu, jangan obati diri Anda sendiri dan jangan tempelkan apa pun pada kelenjar sampai mendapat nasihat medis.

Untuk mencegah balanitis pada anak-anak, gland penis harus ditarik kembali secara teratur tanpa memaksa dan dicuci dengan sabun pH netral. Akan lebih baik juga untuk menghindari gel mandi dan mandi busa yang menyukai sabun dengan pH netral serta penggunaan pakaian dalam katun yang tidak terlalu mengiritasi kulit.

Referensi

  1. Patient: Balanitis: https://patient.info/mens-health/penis-problems/balanitis
  2. DerNet NZ: Balantis: https://dermnetnz.org/topics/balanitis/

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *