Artikel

5 Tips Cara Mendapatkan Ide Untuk Artikel

Menjadi seorang blogger secara tidak langsung menuntut anda untuk terus memproduksi konten yang fresh dan unik. Apalagi jika anda masih memegang semua pekerjaan sendiri.

Sebagai penulis tunggal, tidak heran jika anda seringkali mengalami kebuntuan dalam menemukan ide artikel anda. Kalau sudah begitu bagaimana anda mengatasinya ?

Banyak cara untuk mengatasi hal tersebut, yang penting anda terus memotivasi diri anda dan menjaga semangat blogging anda.5 Tips Cara Mendapatkan Ide Untuk Artikel

Tips Cara Mendapatkan Ide Untuk Judul Artikel

Kunjungi blog orang lain

Ketika saya sedang stuck, tidak memiliki ide untuk artikel. Hal pertama yang saya lakukan adalah mengunjungi blog-blog sahabat, terutama yang membahas topik serupa dengan blog saya.

Jika anda tidak memiliki list blog sahabat, mungkin anda bisa menggunakan Google sebagai alat bantu anda. Cukup ketikan topik blog anda pada Google dan kunjungi hasil pencarian satu per satu

Telusuri halaman arsip atau daftar isi, atau anda juga bisa melihat artikel terbaru serta artikel populer pada blog tersebut. Hal ini sampai sekarang masih sangat efektif ketika saya sedang stuck, tidak memiliki ide untuk artikel.

Singgah ke forum

Sebagai tempat berkumpulnya orang-orang dengan berbagai maksud dan tujuan, forum merupakan tempat yang tepat untuk mendapatkan inspirasi dalam membuat ide artikel baru.

Anda bisa masuk ke dalam subforum yang membahas topik yang sama dengan topik pada blog anda. Biasanya forum-forum yang cukup besar memiliki subforum yang beragam mulai dari topik yang umum sampai dengan topik yang khusus sekalipun.

Atau mungkin anda bisa mencari forum yang khusus membahas topik tertentu, usahakan yang sama dengan topik blog anda. Berikut daftar forum indonesia yang bisa anda coba :

Bersosial.com (Forum Umum)

Forum Kompas (Forum Umum)

Forum Detik (Forum Umum)

Forum Viva (Forum Umum)

Ads Id (Internet Marketing)

Coba lihat social bookmark

Sama halnya seperti forum, social bookmark merupakan tempat yang kaya akan konten. Anda dapat mengunjunginya untuk mendapatkan ide yang fresh untuk artikel baru anda.

Social bookmark juga memiliki banyak kanal sama halnya seperti forum, silakan cari yang sesuai dengan topik pembahasan blog anda.

Sejauh yang saya tau, ada 2 social bookmark besar di Indonesia saat ini, yaitu :

Plurk.Com

Bookmarkindonesia.com

Dengarkan permintaan pembaca blog anda

Jika anda menyediakan kolom komentar di blog anda, maka biasanya pengunjung akan sering menyampaikan pendapat mereka disana.

Tidak jarang juga banyak dari mereka menyampaikan request artikel. Nah, dari sana anda bisa mendapatkan banyak ide untuk artikel anda.

Selain itu, para pengunjung blog anda akan sangat senang jika mau merespon permintaan mereka tersebut.

Meminta pendapat pembaca blog anda

Tidah harus menunggu, anda juga bisa untuk menanyakan pendapat dari pengunjung blog anda. Banyak cara untuk melakukan hal tersebut, salah satunya adalah menggunakan survey atau polling.

Anda bisa menanyakan melalui polling, bahwa topik apa yang lebih diinginkan oleh pengunjung blog anda. Cara ini cukup efektif untuk mendapatkan ide artikel yang diinginkan oleh para pengunjung blog anda.

Nah berikut 5 tips cara mendapatkan ide untuk penulis artikel sudah saya paparkan diatas. Sekarang anda hanya perlu mencobanya satu-persatu. Silakan cari cara yang menurut anda paling efektif.

Jangan lupa juga share kepada teman-teman blogger yang lain, selamat mecoba !

Related posts

Sewa Velfire Jogja dengan Kualitas Mobil yang Terjamin

Riri Presanti

Tips Penulis Lepas – Persiapan Menulis Artikel Blog

Riri Presanti

Beberapa Hal yang Wajib Anda Ketahui sebelum Sewa Mobil Jogja dengan Sopir

Riri Presanti

Komentari

free download apk mod one here | latest apk sports game for android and many android arcade game