Home / Artikel / Tips Penulis Lepas – Persiapan Menulis Artikel Blog

Tips Penulis Lepas – Persiapan Menulis Artikel Blog

Apa kabar penulis lepas, ghost writer dan freelancer writer Indonesia? Pada artikel tips penulis lepas kali ini kita akan membahas hal apa saja yang harus kita lakukan ketika akan memulai menulis artikel blog. Kita mengenal beberapa macam teori menulis artikel. Mulai dari menulis bebas hingga menulis menggunakan kerangka karangan. Secara umum, menurut Haris Sumadiria tahap persiapan menulis artikel untuk tips penulis lepas ini dapat dibagi menjadi 7, yaitu:

  1. Mengenali 3 tahap menulis artikel.
  2. Mencari ide yang menarik.
  3. Menetapkan topik secara spesifik.
  4. Memilih judul yang provokatif.
  5. Merumuskan ide menulis secara jelas dan ringkas.
  6. Membuat kerangka karangan dengan pola 3P dan rumus ABC.
  7. Memilih referensi yang relevan, aktual dan representatif.

Sebagai proses kreatif, tahap nomor 1 dalam menulis artikel dibagi menjadi menjadi prewriting atau persiapan menulis, writing atau menulis kalimat artikel, dan editing atau memeriksa ulang artikel yang telah ditulis. Ketiga tahap tips penulis lepas ini sangat menentukan seorang penulis lepas dan blogger dalam menuai keberhasilan dalam menulis artikel. Bila Anda baru belajar menulis artikel, sebaiknya menggunakan aturan menulis tersebut.Tips Penulis Lepas – Persiapan Menulis Artikel Blog

Apa yang dimaksud dengan dengan pola 3P? 3P adalah singkatan dari pendahuluan, pembahasan, dan penutupan. Secara umum, anatomi sebuah artikel dibagi menjadi tiga bagian tersebut. Selanjutnya, apa yang disebut dengan rumus ABC? Pada dasarnya, rumus ABC sama dengan pola 3P yang mengutamakan urutan bagian-bagian artikel mulai dari pembuka, isi dan penutup. Tips penulis lepas ini hendaknya perlu diperhatikan bagi setiap ghost writer.

Demikian tips singkat persiapan menulis artikel yang bisa saya bagi kali ini. Mudah-mudahan tips penulis lepas sederhana ini bisa berguna untuk penulis lepas, freelancer writer, ghost writer dan beragam profesi penulis artikel lainnya. Pada kesempatan selanjutnya kita akan bahas tips menulis artikel yang lebih lengkap. Ayo berkarya dan maju bersama profesi penulis lepas!

About Riri Presanti

Seorang Jurnalis Bebas yang Tanpa Batas, Mengitari dunia tanpa henti, mengarungi samudra tanpa kenal lelah, menyusuri hutan tanpa kenal takut dan rindu akan mama dan bunda... Semua itu, hanya demi berita dan informasi untuk dunia...

Check Also

3 Peluang Usaha Dengan Modal Kecil Yang Mudah Dijalankan

3 Peluang Usaha Dengan Modal Kecil Yang Mudah Dijalankan

Peluang Usaha Modal Kecil ~ Banyak orang enggan untuk memulai usaha sendiri dan tetap bertahan …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *