Angin Duduk (Angina)

Pemahan

Apa itu angin duduk? Pengertian angina pektoris yang juga disebut angina adalah penyakit jantung yang menyebabkan nyeri dada, nyeri muncul ketika jantung kekurangan oksigen karena penyempitan arteri koroner. Timbulnya angina mungkin terkait dengan stres atau aktivitas fisik, tapi bisa juga terjadi saat istirahat (walau lebih jarang). Rasa sakit, sesak napas atau terbakar data hadir karena diperketatnya pernafasan, sensasi ketika thorax terjebak ini disebut konstriksi nyeri). Nyeri mungkin disertai jantung berdebar-debar atau sulit bernapas, biasanya mereda dalam beberapa menit, saat penderita berbaring atau istirahat. Obat masuk angin duduk atau obat tertentu lain (trinitrin) dapat membantu menguranginya.

Rasa sakit di atas segalanya adalah peringatan, jantung memberi sinyal bahwa oksigennya buruk dan sakit. Angina pektoris pada akhirnya merupakan tanda peringatan akan datangnya masalah jantung yang lebih serius, terutama serangan jantung (MI atau infark miokard). Dengan adanya angina, risiko serangan jantung lebih tinggi dan pada akhirnya bisa menjadi tahap pertama penyakit arteri koroner.

Oleh karena itu, setelah gejala pertama muncul, segera istirahat dan berkonsultasi dengan dokter umum, kemudian ke ahli jantung untuk pemeriksaan kesehatan lengkap. Mereka akan memastikan diagnosis angina melalui berbagai pemeriksaan medis, menemukan penyebabnya dan mengusulkan pengobatan jika perlu.

Angina pektoris tidak boleh diabaikan. Timbulnya nyeri harus dijelaskan, tanda peringatannya diketahui. Mengelola, memantau dan mengatasi angin duduk akan membantu mencegah kondisi jantung lain yang lebih serius. Selain itu, jika rasa sakit bertahan atau memiliki intensitas yang signifikan, mungkin ia tidak menderita angina tetapi karena infark miokard.

Jenis-jenis angina

Ada berbagai tipe, beberapa dengan rasa sakit yang berlalu dengan cepat, yang lain terjadi secara tiba-tiba dan tidak terkait dengan stres atau aktivitas fisik. Jadi, pada apa yang disebut pektoris stabil angin duduk adalah kondisi dimana nyeri tetap sama dari waktu ke waktu. Intensitasnya kurang lebih sama dan faktor pemicunya diketahui, misalnya menaiki tangga. Stres atau suhu dingin dan penyakit arteri koroner kronis, data menjadi akar masalah dari jenis angina ini.

Sebaliknya, jika terjadi angina pektoris tidak stabil maka nyeri muncul secara tiba-tiba atau tanpa tanda peringatan dan rasa sakit yang terjadi memiliki intensitas yang berbeda-beda. Ini dipicu oleh penyakit arteri koroner akut dan tidak hilang dengan istirahat atau dengan obat-obatan yang biasa diminum (bila pengobatan sudah dimulai).

Dalam beberapa kasus, angina stabil bisa menjadi lebih buruk dan tidak stabil. Rasa sakit menjadi lebih sering, kuat dan muncul selama aktivitas fisik yang kurang atau rasa sakitnya kurang merespons pengobatan obat. Orang yang terpengaruh oleh perkembangan ini beralih dari angina olahraga ke angina saat istirahat dan kadang-kadang kemudian menjadi infark miokard.

Etiologi angina

Penyebab angin duduk pektoris disebabkan oleh oksigenasi yang buruk pada otot jantung yang paling sering disebabkan oleh penyempitan pembuluh darah, penyempitan arteri koroner ini disebabkan oleh aterosklerosis. Plak ateroma (terutama terdiri dari lemak) secara bertahap terbentuk di dinding pembuluh dan secara bertahap mencegah darah bersirkulasi dengan baik. Kondisi jantung lain seperti kerusakan katup jantung atau kardiomiopati juga dapat menyebabkan masuk angin duduk. Tanda-tanda ini biasanya terjadi di arteri koroner yang juga menderita ateroma.

Ada 5 faktor risiko utama:

  • Merokok

  • Diabetes

  • Tekanan darah tinggi

  • Dislipidemia, khususnya kolesterol yang terlalu tinggi

  • Keturunan koroner, orang yang berisiko yaitu laki-laki dari 55 tahun dan wanita dari 65 tahun

  • Mereka yang memiliki anggota keluarga yang pernah atau sedang menderita penyakit kardiovaskular.

Gejala angin duduk

Contoh tanda gejala masuk angin termasuk rasa lelah, pusing, keringat yang keluar menjadi abnormal, kecemasan, sesak nafas, nyeri dada, sensasi terbakar, kram, mual, muntah, perasaan pencernaan terganggu dan nyeri di punggung, lengan, leher, rahang atau bahu.

Prognosis angina

Pengakhiran hidup secara tiba-tiba, ini merupakan hal paling buruk yang mungkin terjadi. Bermula dari nyeri yang dapat mengganggu aktivitas tertentu sehari-hari dan memerlukan istirahat, komplikasi kemudian menuju lebih serius yaitu serangan jantung atau infark miokard. Dalam hal ini, arteri jantung atau arteri koroner tidak lagi hanya menyempit, tetapi menjadi tersumbat seluruhnya. Oleh karena itu perlu adanya pemantauan medis segera setelah nyeri pertama muncul.

Anamnesis angin duduk

Setelah membuat daftar faktor risiko orang yang diikuti, untuk memastikan angina dokter dapat memesan elektrokardiogram dan tes darah. Dia akan berusaha menjelaskan asal mula rasa sakit. Untuk ini, ekokardiografi dan tes stres mungkin diperlukan, sebelum melakukan rontgen arteri jantung (angiografi koroner).

Mengobati angin duduk

Dokter mungkin meresepkan trinitrin untuk mengurangi rasa sakit yang disebabkan oleh angina pektoris, semprotan atau sublingual (yang meleleh di bawah lidah) untuk diminum saat serangan terjadi. Orang yang mengalami serangan angina harus menghentikan semua aktivitas dan minum obat yang diresepkan. Secara umum, efek trinitrin sangat cepat. Ketika Anda menderita angina, Anda harus tetap menggunakan obat ini dan menggunakannya dengan cepat jika diperlukan.

Perawatan dasar angina pektoris bertujuan untuk memperlambat memburuknya kondisi, dengan cara menjaga kondisi arteri jantung (arteri koroner). Dimulai dengan mengadopsi aturan gaya hidup sehat yang penting untuk mengurangi faktor risiko penyakit kardiovaskular dan untuk menghentikan perkembangan ateroma. Obat-obatan yang diresepkan untuk diminum secara teratur, termasuk pengencer darah seperti aspirin atau autremolécule dan jika perlu obat untuk melawan kolesterol.

Pengobatan intervensi adalah untuk melebarkan arteri koroner di mana ia menyempit, dapat dilakukan dengan 2 cara:

  • Pemasangan “stent”, sejenis pegas yang memungkinkan arteri membesar di lokasi ateroma

  • Bypass koroner adalah prosedur pembedahan untuk memasang bagian arteri yang melewati area yang menyempit, sehingga jantung terus mendapatkan suplai darah dengan baik.

Jika gejala angina baru terjadi atau muncul maka tindak lanjut medis harus teratur, sangat penting untuk berkonsultasi dengan cepat, tanpa menunggu janji temu berikutnya. Ada cara menghilangkan angin di punggung secara tradisional, kita mengenalnya dengan istilah “kerokan”.

Pencegahan angin duduk

Ini melibatkan pengurangan faktor risiko penyakitnya. Oleh karena itu dianjurkan untuk tidak mengkonsumsi atau terpapar tembakau, makan makanan yang seimbang, tidak kelebihan berat badan atau obesitas dan menurunkan berat badan jika perlu, mengendalikan diabetes sebaik mungkin untuk orang yang menderita diabetes dan berlatih aktivitas fisik secara reguler.

Referensi

  1. AAFP: Outpatient Diagnosis of Acute Chest Pain in Adults: https://www.aafp.org/afp/2013/0201/p177.html

  2. Harvard Health: Angina and its silent cousin: https://www.health.harvard.edu/heart-health/angina-and-its-silent-cousin

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *