Amnesia

Amnesia mengacu pada hilangnya ingatan, seperti fakta, informasi, dan pengalaman. Ada dua macam menonjol amnesia: amnesia neurologis dan amnesia psikogenik.Hal tersebut ialah lesi spesifik di otak yang berdampak amnesia neurologis yang gangguan umumnya di wilayah hippocampus , yang merupakan pusat dari para memori . Penyakit amnesia dapat terjadi secara berbeda: setelah trauma kepala (setelah kecelakaan lalu lintas, misalnya), aneurisma yang pecah , hipoksia (kekurangan oksigen), tumor (bagian otak yang hancur) atau bahkan ensefalitis tertentu.

Adapun amnesia psikogenik , mereka menampakkan diri setelah trauma psikologis , seperti stres pasca-trauma setelah pemerkosaan maupun penyerangan. Belum terdapatnya lesi yang terdeteksi di otak di sini. 

Amnesia adalah kesusahan mengenang masa lampau, menganalisis informasi baru, dan mengimplikasikan masa datang. Kemampuan agar mengenang kejadian serta pengalaman berhubungan dengan bermacam proses otak yang kompleks. Pengertian amnesia dapat diartikan tentang kekuatan kenangan yang memahami persis apa yang terjadi saat berusaha mendapatkan info yang disimpan di pikiran.

Definisi lupa

Definisi lupa dapat dikatakan sebagai keadaan amnesia sementara atau permanen dari penurunan memori. Bergantung pada penyebab kerusakan, ini dapat menyebabkan hilangnya sebagian atau seluruh memori.

Definisi lupa tidak serupa dengan amnesia. Penyakit lupa dapat menyerang pada setiap orang, dengan berbagai unsur yang berbeda. Definisi lupa dapat diperoleh pada unsur usia maupun stress serta dapat menjadi pemicu lupa pada seseorang. Sedangkan penyakit amnesia kekacauan yang disebabkan seseorang tidak dapat mengenang fakta, informasi, atau peristiwa yang pernah dialaminya. Lazimnya penyakit amnesia masih dapat mengingat identitasnya, hanya saja hanya kesulitan untuk mengingat hal baru atau mengingat kejadian dimasa lalu.

Penyebab amnesia

Fungsi memori normal melibatkan banyak bagian otak. Penyakit  amnesia atau cedera apa pun yang mempengaruhi otak dapat mengganggu ingatan.Amnesia dapat terjadi akibat kerusakan struktur otak yang membentuk sistem limbik, yang mengontrol emosi dan ingatan.

Penyebab amnesia dibagi menjadi dua kategori: neurologis dan fungsional.

Berikut ini beberapa penyebab amnesia paling umum, meliputi:

Amnesia Neurologis

Cedera otak:

  • Trauma akibat tabrakan mobil, olahraga, jatuh dari tangga, benda tembus pandang 

Penyakit otak:

Infeksi otak:

Penyebab lainnya:

  • Anoksia (kekurangan oksigen).
  • Gagal jantung.
  • Masalah tiroid.
  • Alkoholisme kronis.
  • Kekurangan vitamin B1 (tiamin) atau B12 (cyanocobalamin).
  • Radiasi.

Selain itu, amnesia bisa disebabkan oleh penyalahgunaan zat, seperti alkoholisme, atau trauma, seperti mengalami tindak kriminal yang disertai kekerasan. Orang yang mengalami pengalaman traumatis yang parah mungkin mengalami amnesia penuh atau sebagian di sekitar peristiwa tersebut.

Gejala amnesia

Gejala amnesia pada seseorang dengan memiliki masalah dengan ingatan jangka pendek mereka (mereka berjuang untuk mengingat pengalaman baru) atau mereka memiliki masalah dalam mengingat peristiwa dan informasi yang mereka alami atau ketahui di masa lalu.

Beberapa orang juga menderita amnesia sementara , atau ketidakmampuan sementara untuk mengingat pengalaman atau informasi. Orang dengan amnesia sementara seringkali sadar bahwa mereka memiliki gangguan memori karena mereka tidak menderita kesulitan kognitif.

Pengobatan amnesia

Jika amnesia merupakan gejala dari cedera otak, pengobatan amnesia dengan obat-obatan, atau bahkan bedah saraf (bila terdapat tumor), maka akan dianjurkan. Obat amnesia dan perawatan khusus akan diterapkan untuk memperlambat perkembangan penyakit.

Dalam kebanyakan kasus, cara mengobati amnesia tersebut bisa sembuh sendiri tanpa penyembuhan amnesia secara khusus. Namun, jika terdapat kelainan fisik atau mental yang mendasari, pengobatan amnesia mungkin diperlukan. 

Psikoterapi bisa merupakan salah satu cara mengembalikan ingatan orang amnesia. Tetapi beberapa orang menggunakan cara hipnotis bisa menjadi cara mengembalikan ingatan orang amnesia yang efektif agar dapat mengingat kembali kenangan yang telah terlupakan.

Dukungan keluarga sangatlah penting sebagai cara untuk penyembuhan amnesia. Perawatan seringkali melibatkan teknik dan strategi untuk membantu mengatasi masalah memori.

Referensi

  1. Medicalnewstoday : What is amnesia and how is it treated? : https://www.medicalnewstoday.com/articles/9673
  2. Cleveland clinic : Amnesia : https://my.clevelandclinic.org/health/diseases/21455-amnesia
  3. Mayoclinic : Amnesia : https://www.mayoclinic.org/diseases-conditions/amnesia/symptoms-causes/syc-20353360
  4. Britannica : Amnesia : https://www.britannica.com/science/amnesia
  5. Verywellhealth : Amnesia Overview: Symptoms, Causes, Treatment : https://www.verywellhealth.com/amnesia-and-memory-loss-2161855
  6. Human-memory : Amnesia : https://human-memory.net/amnesia

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *