Breaking News

  • " World Ocean Day- PAPUA BARAT"
  • Sejarah Bento, Makanan Kotak Khas Jepang
  • Usal Usul Dan Perkembangan Rantang
  • Estcopato: Irama Anak Pantai Timur Papua
  • Hari Ini Dalam Sejarah: 10 Juni

Masjid Agung Meulaboh 100 Masjid Terindah Di Indonesia

Meulaboh : Masjid Agung Meulaboh merupakan salah satu masjid terbesar yang ada di Aceh. Keindahan dari masjid ini sudah tak perlu diragukan. Bahkan masjid ini masuk dalam 100 Masjid Terindah di Indonesia yang merupakan sebuah buku buah karya Teddy Tjokrosaputro dan Aryananda. Masjid ini terkenal akan luas halaman serta arsitektur yang memadukan antara gaya Aceh, Timur Tengah, dan Asia. 

Bangunan Masjid Agung Meulaboh yang berakrsitektur  sangat indah dengan kubahnya yang berwarna dominan terang menjadikan masjid ini sangat indah dipandang mata. Masjid Agung ini merupakan masjid kebanggaan dari Kabupaten Aceh Barat yang terletak di Jl. Imam Bonjol Kota Meulaboh. Karena letaknya dipusat kota Meulaboh, dengan mudah dapat dijangkau dengan kendaraan umum ataupun kendaraan roda dua maupun roda empat.


Banyak wisatawan lokal maupun asing yang berkunjung ke mesjid indah ini datang untuk beribadah maupun hanya untuk menikmati keindahan arsitektur mesjid ini. 

Pembangunan masjid pun dimulai pada tahun 1987 dengan ditandai dengan peletakan batu pertama. Pada mulanya, Masjid Agung Meulaboh direncanakan akan menganut desain mirip Taj Mahal yaitu didominasi warna putih. Namun rencana tersebut urung dilaksanakan, desainnya pun lebih modern dengan mengikuti tren yang ada.

Masjid kebanggaan masyarakat Aceh, khususnya Meulaboh ini memiliki luas bangunan sekitar 3.500 meter persegi, dan dibangun diatas lahan seluas 5,2 hektar. Konon, masjid ini mampu menampung hingga 7.000 jamaah secara langsung. Peresmian Masjid Agung Meulaboh sendiri dilakukan tepatnya pada tanggal 1 Juni 1999.

Dalam pemilihan nama sendiri sempat muncul beberapa gagasan sebagai nama lain dari masjid ini. Beberapa nama yang menjadi usulan adalah, Darussalam, Al Huryah, Al Achsan, Al Hilal dan masih banyak lagi. Namun nyatanya dari beberapa nama yang diusulkan tersebut, tak ada satu pun nama yang dipilih menjadi nama masjid ini.

Akhirnya pada tahun 2008, dengan Surat Keputusan Bupati serta persetujuan dari Majelis Permusyawaratan Umum Aceh Barat maka disahkan bahwa nama dari masjid ini adalah Masjid Agung Baitul Makmur. Namun sebagian masyarakat juga masih banyak yang menyebut masjid ini dengan nama Masjid Agung Meulaboh.

Masjid Agung Meulaboh juga menjadi saksi bisu akan kedahsyatan gelombang tsunami yang meluluh lantahkan Aceh pada Desember, 2004. Ribuan warga mengungsi dimasjid ini karena rumah warga yang telah hancur diterjang gelombang tsunami. Masjid juga menjadi tempat pendistribusian bantuan dengan memanfaatkan helikopter yang bisa mendarat di halaman masjid.(FT/RRI Meulaboh).