Breaking News

  • Tips Maksimalkan THR Agar Keuangan Tak Jebol
  • Lapisan Es Puncak Jayawijaya Terancam Lenyap
  • Belajar Menjadi Pribadi Yang Tangguh
  • Kanker Bisa Disebabkan Dan Disembuhkan Oleh Gaya Hidup Anda
  • 4 Cara Agar Tetap Produktif Saat Berpuasa

Wisata Lombok Air Terjun Benang Kelambu, Keindahannya Tak Diragukan Lagi !!!

Wisata Lombok – Pulau Lombok di Nusa Tenggara Barat memiliki memiliki beberapa wisata alam air terjun yang sangat eksotis dan memiliki pemandangan alam yang indah dan mempesona. Hampir di setiap sudut pulau terdapat spot menarik yang layak untuk dikunjungi, mulai dari Gunung Rinjani, Pantai Senggigi, Taman Narmada, dan beberapa air terjun yang bersumber dari Danau Segara Anak.

Salah satu dari beberapa wisata alam air terjun yang sangat menarik untuk anda kunjungi adalah Air Terjun Benang Kelambu. Disebut demikian karena airnya menyerupai kelambu sangat tipis dan lembut, sehingga gemericik air yang dihasilkan tidak terlalu bising. Air Terjun ini merupakan tetangga dari Air Terjun Benang Stokel.

Air terjun ini yang berada di kaki Gunung Rinjani, tepatnya terletak di Dusun Pemotoh, Desa Aik Berik, Kecamatan Batu Keliang Utara, Kabupaten Lombok Tengah. Untuk berkunjung ke tempat wisata ini tidak terlalu sulit dan dapat ditempuh kurang lebih sekitar 30 km dari Kota Mataram, Ibu Kota Provinsi Nusa Tenggara Barat.Benang Kelambu adalah air terjun yang paling terkenal di Pulau Lombok.

Jika para penelusur ingin kesini maka bisa menempuh jalur Mataram-Narmada-Sedau-Pancor Dau-Teratak-Desa Aik Berik. Disarankan agar para penelusur sering bertanya pada penduduk setempat mengenai lokasi air terjun ini. Karena hanya ada satu tanda jalan menuju Air Terjun Benang Kelambu.

Di pintu masuk air terjun ini, para penelusur harus membeli tiket masuk seharga  Rp. 5.000/orang . Setelah para penelusur melewati gerbang masuk, maka para penelusur akan disambut dengan pepohonan yang rindang serta suasana yang damai dan sejuk. Jalan menuju ke lokasi air terjun sudah dibangun sedemikian rupa, sehingga para penelusur dapat menuju ke lokasi air terjun dengan nyaman. Di sepanjang sisi jalan para penelusur bisa menemui warung-warung yang menjual makanan ringan dan minuman. Selain itu, para penelusur juga bisa mencicipi Nasi Kaput, yaitu sejenis nasi campur yang dengan bungkus kertas.

Jangan lupa para penelusur untuk membawa minuman, karena para penelusur akan berjalan sejauh kurang lebih 1 kilometer untuk mencapai lokasi air terjun.

Namun para penelusur nggak perlu khawatir, karena para penelusur akan berjalan dibawah rerimbunan hutan. Di bagian sisi yang lain, para penelusur akan menemui area perladangan masyarakat setempat yang ditanami dengan berbagai tanaman. Seperti Nangka, Pisang, Kopi, dan lain sebagainya. Sekitar 100 Meter sebelum lokasi air terjun, jalanan mulai menanjak dan para penelusur harus menaiki anak tangga. Di sisi anak tangga para penelusur bisa melihat parit dengan air yang jernih.

Setelah sampai di lokasi air terjun, maka para penelusur akan terpana dengan Air Terjun Benang Kelambu yang begitu indah. Pada air terjun ini, air seolah-olah keluar dari rimbunan tumbuhan. Sebenarnya air terjun ini berasal dari banyak mata air, yang keluar langsung melalui celah-celah di sepanjang tebing. Namun karena tebingnya tertutup dengan tumbuhan yang tumbuh subur, terlihat seakan air keluar dari rimbunan tumbuhan tersebut. Air terjun ini dinamai Air Terjun Benang Kelambu karena terjunan airnya yang berbentuk seperti kelambu. Air terjun ini memiliki 3 tingkat. Tingkat yang paling atas berasal langsung dari mata air, dan memiliki ketinggian sekitar 30 Meter. Tingkat yang kedua merupakan lanjutan dari tingkat pertama, dengan ketinggian sekitar 10 Meter. Tingkat yang ketiga memiliki ketinggian hanya 5 Meter.

Di Air Terjun Benang Kelambu tidak terdapat kolam. Sehingga para penelusur hanya bisa berbasah-basah di bawah terjunan. Namun yang paling menarik adalah para penelusur bisa langsung meminum airnya, karena air tersebut langsung berasal dari mata air. Air tersebut kemudian mengalir ke sungai yang ada di bawah air terjun. Menjauh sedikit dari lokasi air terjun, para penelusur bisa beristirahat di bebatuan sembari menikmati kesejukan dan keindahan pemandangan sekitar. Dan disinilah tempat yang paling tepat untuk melihat betapa indahnya pemandangan Air Terjun Benang Kelambu.
Bagaimana? tertarik untuk liburan dan telusuri wisata Air Terjun Benang Kelambu dengan keunikan bentuk air terjunnya?

Ayo ajak keluarga, teman, pacar, atau siapalah untuk kesini!!(RRI MATARAM)

Photo : Telusuri Indonesia