Breaking News

  • Amankah Minum Susu Saat Perut Kosong?
  • " World Ocean Day- PAPUA BARAT"
  • Sejarah Bento, Makanan Kotak Khas Jepang
  • Usal Usul Dan Perkembangan Rantang
  • Estcopato: Irama Anak Pantai Timur Papua

Pesona Keindahan Bawah Laut Pulau Rubiah

Jakarta - Sabang yang terletak di Pulau Weh, Aceh memiliki keindahan bawah laut yang luar biasa.  Salah satu titik terbaik yang bisa kamu pilih untuk melampiaskan hobi menyelam dan snorkling adalah Pulau Rubiah. Kamu dapat menemukan banyak terumbu karang, mulai dari jenis karang batik, karang meja sampai karang bercabang yang masih sehat. Keindahan karang semakin terlihat memanjakan mata dengan ratusan ikan warna-warni yang berenang di antaranya.

Untuk menuju Pulau Rubiah, kamu bisa menempuhnya menggunakan kapal penyeberangan dari Pantai Iboih, Sabang. Hanya membutuhkan waktu selama 5 menit kamu akan sampai di pulau yang masih bersih dan cocok dijadikan sebagai tempat bersantai dan camping bersama teman.

Ada beberapa spot di sekitar pantai yang bisa kamu pilih untuk melihat keindahan bawah laut. Jika kamu yang ingin mencoba scuba diving, tidak usah khawatir, kamu bisa menyewa alat selam di kawasan Pantai Iboih.  Kamu juga bisa menggunakan jasa kapal nelayan untuk mengantar menuju spot-spot yang lebih jauh dan sepi dari bibir pantai Pulau Rubiah.

Terlepas dari keindahannya, tidak ada yang menyangka jika pada tahun 1920 Pulau Rubiah sempat dijadikan sebagai tempat karantina bagi jemaah haji yang kembali dari Mekkah. Sementara pada tahun 2004, karang di pulau ini juga sempat rusak oleh hantaman gelombang tsunami.

Meskipun demikian keindahan bawah laut Pulau Rubiah akan semakin memesona, terutama setelah Tim Marinir TNI AL  dan Kementerian Kelautan dan Perikanan melakukan penanaman sejuta terumbu karang pada tahun 2015 lalu. (Aldi/RRI)