Breaking News

  • Tips Maksimalkan THR Agar Keuangan Tak Jebol
  • Lapisan Es Puncak Jayawijaya Terancam Lenyap
  • Belajar Menjadi Pribadi Yang Tangguh
  • Kanker Bisa Disebabkan Dan Disembuhkan Oleh Gaya Hidup Anda
  • 4 Cara Agar Tetap Produktif Saat Berpuasa

Mengunjungi Pulau Ndana, Pulau Paling Selatan Indonesia

Jakarta - Pulau Ndana adalah pulau terluar Indonesia yang terletak di sebelah barat daya Pulau Rote dan berbatasan langsung dengan Australia. Terletak 120 mil dari kota Kupang atau sekitar 4 mill dari Pulau Rote,  pulau ini masuk dalam wilayah Provinsi Nusa Tenggara Timur Indonesia yang menjadi wilayah paling selatan Republik Indonesia dan juga benua Asia secara keseluruhan.

Saat ini paulau Ndana digunakan sebagai cagar alam dan hanya dihuni oleh tentara TNI-AL. Selain memiliki potensi perikanan yang tinggi, pulau  ini memiliki keindahan garis pantai yang bersih dengan perairan bawah laut yang masih alami. Selain menikmati keindahan pantai, kamu juga bisa mengunjungi Danau Merah yang ada di tengah pulau. Jika beruntung kamu bisa menemukan rusa timor yang biasa berkeliaran di pinggir hutan. 

Untuk menuju tempat ini kamu dapat memulainya dari Kota Kupang, Nusa Tenggara Timur. Dari Kupang perjalanan dimulai dengan menyeberang menggunakan kapal ferry menuju Pulau Rote. Sampai di Kota Ba’a, Pulau Rote, kamu harus menempuh jarak 35 km menuju pelabuhan tradisional Oeseli, kemudian dilanjutkan menyeberang lagi dengan speedboat untuk sampai di Pulau Ndana.

Perjalanan jauh dan melelahkan akan terbayar lunas ketika kamu sampai di Pulau Ndana. Melakukan perjalanan menuju titik paling selatan Indonesia adalah pengalaman yang mengagumkan. Jangan lupa untuk mengunjungi Patung Jenderal Sudirman yang berdiri kokoh sejak tahun 2011 lalu. Kehadirannya menjadi sosok penjaga titik terselatan Negara Kesatuan Republik Indonesia. (Aldi/RRI)