Breaking News

  • Amankah Minum Susu Saat Perut Kosong?
  • " World Ocean Day- PAPUA BARAT"
  • Sejarah Bento, Makanan Kotak Khas Jepang
  • Usal Usul Dan Perkembangan Rantang
  • Estcopato: Irama Anak Pantai Timur Papua

Manfaat Yoga Bagi Remaja

Masyarakat global umumnya mengenal Yoga sebagai aktivitas latihan utamanya asana (postur) bagian dari Hatta Yoga. Yoga juga digunakan sebagai salah satu pengobatan alternatif, biasanya hal ini dilakukan dengan latihan pernapasan. Termasuk olah tubuh dan meditasi, yang telah dikenal dan dipraktekkan selama lebih dari 5000 tahun.

 

Sebuah penelitian menyebutkan bahwa remaja yang rajin berlatih yoga memiliki kesehatan psikologis yang lebih baik daripada remaja yang tidak berlatih yoga.

 

Menenukan jati diri merupakan ciri utama para remaja. Mereka sering mengalami gejolak emosi yang dapat mempengaruhi kesehatan mental mereka. Meskipun para orang tua menyadari hal ini, namun mereka ingin menemukan cara yang efektif agar putra-putrinnya lebih tenang dalam menghadapi gejolak emosi ini.

 

Para peneliti dari Brigham and Women’s Hospital and Harvard Medical School, meneliti pengaruh dari latihan yoga terhadap kesehatan mental pelajar di Massachusetts high school. Sepertiga dari jumlah pelajar diminta untuk mengikuti kelas yoga selama 10 minggu, 2-3 kali seminggu, sedangkan sisanya diminta untuk mengikuti program latihan fisik lainnya.

 

Jenis latihan yoga yang diberikan meliputi, latihan pernapasan, relaksasi, dan meditasi yang dapat membantu para pelajar lebih tenang baik secara fisik dan mental. Untuk mengetahui efektifitas manfaat yoga bagi para pelajar, peneliti juga memberikan test psychosocial sebelum dan sesudah 10 minggu penelitian.

Diketahui, pelajar yang mengikuti kelas yoga memiliki mood yang lebih baik, seperti yang dilansir emaxhealth. Dan mereka memiliki tingkat kegelisahan yang lebih rendah, serta memiliki kontrol emosi yang lebih baik daripada pelajar yang tidak mengikuti kelas yoga.