Breaking News

  • Sejarah Bento, Makanan Kotak Khas Jepang
  • Usal Usul Dan Perkembangan Rantang
  • Estcopato: Irama Anak Pantai Timur Papua
  • Hari Ini Dalam Sejarah: 10 Juni
  • Liburan Paling Cool Bersama Yayasan Cinta Papua

UIN Walisongo Gelar Training Advokasi Lingkungan Berbasis Jurnalisme

SEMARANG - Belakangan banyak kita temukan anak-anak yang muncul dengan hobi baru: Naik gunung dan menjadi pecinta alam. Kesadaran untuk cinta lingkungan patut diapresiasi namun masih banyak anak muda yang seolah mengejar eksistensi di dunia media sosial daripada menyayangi alam itu sendiri. Oleh karena itu Mawapala UIN Walisongo mengadakan Training Advokasi Lingkungan Berbasis Jurnalisme

Sekitar 50 mahasiswa pecinta alam dari sejumlah Perguruan Tinggi Agama Islam Negeri (PTAIN) se Jateng mengikuti Training Advokasi Lingkungan Berbasis Jurnalisme. Acara ini diselenggarakan Mawapala UIN Walisongo bekerjasama dengan Perhimpunan Bantuan Hukum dan Hak Asasi Manusia Indonesia (PBHI) Jateng dan Aliansi Jurnalis Indonesia (AJI) Kota Semarang di gedung Q, Fakultas Tarbiyah UIN Walisongo, Minggu (31/1/2016)

Acara diisi oleh pembicara dari sejumlah aktivis lingkungan dan jurnalis AJI dengan beragam materi tentang advokasi lingkungan berbasis jurnalisme. Adapun materi yang diajarkan dalam training tersebut antara lain, Teknik Advokasi oleh aktivis PBHI Kahar Mualamsyah, Studi Kasus Lingkungan oleh Edi Faisol (Tempo), dan Investigasi Lingkungan oleh Sohirin (Tempo).

Tujuan diselenggarakan kegiatan ini sendiri adalah dalam rangka mendiskusikan persoalan advokasi lingkungan dan jurnalisme bersama para jurnalis dan aktivis lingkungan. Selain itu, training ini diharapkan dapat membentuk aktivis lingkungan di kampus yang tidak hanya paham terhadap isu lingkungan, namun juga mampu melakukan advokasi dan menuliskannya dalam bentuk karya jurnalistik.


(sumber: Tribunjateng/AL/RRI SMG)