Breaking News

  • Tips Maksimalkan THR Agar Keuangan Tak Jebol
  • Lapisan Es Puncak Jayawijaya Terancam Lenyap
  • Belajar Menjadi Pribadi Yang Tangguh
  • Kanker Bisa Disebabkan Dan Disembuhkan Oleh Gaya Hidup Anda
  • 4 Cara Agar Tetap Produktif Saat Berpuasa

Kebun Di Tengah Kota? Kenapa Nggak?

Penyiar: Veld Candra

Narasumber: Venta Agustri

Pro2Sby-Pro2GreenGeneration Sabtu (10/10), talkshow bersama Kebun Sayur Surabaya.  Membuat kebun di tegah kota bukan lagi menjadi hal yang tidak mungkin. Dengan menggunakan teknik hidroponik, menanam tanaman tidak harus bergantung pada kondisi tanah dan ketersediaan air di wilayah yang bersangkutan. Hal ini seperti  yang dipraktikkan oleh Kebun Sayur yang berlokasi di Raya Ketintang Selatan 47 Surabaya.

Kebun Sayur yang didirkan di tengah Kota Surabaya sebagai salah satu bukti bahwa berkebun tidak harus di lingkungan pedesaan atau lingkungan dengan kesuburan dan ketersediaan air yang cukup. Teknik hidroponik yang dilakukan yaitu tanpa mengunakan tanah, tanpa pestisida, dan yang paling penting adalah hemat air. Seperti yang dijelaskan oleh Kak Venta, “air yang digunakan dalam teknik hidroponik lebih hemat, karena begini kalau dengan sistem biasa air itu ketika kita siram dia lebih banyak hilang ke tanah. Sedangkan kalau misalnya kita menggunakan sistem hidroponik, ini air di bikin kayak sirkulasi memutar, jadi air ini mengalir melewati akar tanaman kemudian memutar lagi begitu.”

Selain itu, kelebihan dari teknik hidroponik adalah sayur yang dihasilkan. Menurut Kak Venta, hasil sayuran dari proses hidroponik tidak mudah layu jika dibandingkan dengan sayuran biasa. So, do you wanna try to make a green city? Why not, let’s do it guys. (FR)