Breaking News

  • Tips Maksimalkan THR Agar Keuangan Tak Jebol
  • Lapisan Es Puncak Jayawijaya Terancam Lenyap
  • Belajar Menjadi Pribadi Yang Tangguh
  • Kanker Bisa Disebabkan Dan Disembuhkan Oleh Gaya Hidup Anda
  • 4 Cara Agar Tetap Produktif Saat Berpuasa

Teknologi Sederhana Mengolah Makanan Sehat

Penyiar: Fitri Rianti

Narasumber: Ir. Arlin Besari Djauhari M.P (Dosen Teknologi Pangan Unitomo Surabaya)

Pro2sby-Pro2Techno Rabu kemarin (07/10), membahas mengenai teknologi sederhana dalam mengelolah makanan. Mengingat dewasa ini, makanan yang beredar di tengah-tengah masyarakat didominasi dengan makanan yang kurang sehat. Makanan yang mengandung bahan pengawet, pewarna, dan pemanis yang berbahaya bagi kesehatan.

Teknologi sederhana bukan hanya berbiacara mengenai cara yang dilakukan dalam mengolah, namun juga termasuk pemilihan bahan-bahan yang digunakan. Ketika mengolah makanan, teknologi sederhana lebih menekankan pada penggunaan bahan-bahan alami seperti mengganti penyedap rasa (MSG) dengan menggunakan garam dan gula. Mengganti bahan pengawet buatan dengan menggunakan bawang merah, serta mengganti pewarna buatan dengan bahan-bahan yang ada di alam, seperti daun pandan, bunga rosela, dan sebagainya.

Teknologi sederhana, tidak menutup kemungkinan jika pengolahannya menggunakan cara-cara modern dengan tidak meninggalkan pemilihan bahan dengan menggunakan bahan alami. Seperti yang diungkapkan oleh Ir. Arlin Besari Djauhari M.P, "penggunaan cara yang modern itu boleh mbak, asalkan bahan-bahannya ini yang diperhatikan, misal kalau sekarang ini ibu-ibu males dengan uleg-uleg dan cobek, nah untuk menghaluskan makanan bisa diganti dengan blender."Satu hal yang ditegaskan oleh Ir. Arlin Besari Djauhari M.P, bahwa teknologi sederhana ini tidak ribet, hanya saja kita yang kurang terbiasa.(FR)