Breaking News

  • Tips Maksimalkan THR Agar Keuangan Tak Jebol
  • Lapisan Es Puncak Jayawijaya Terancam Lenyap
  • Belajar Menjadi Pribadi Yang Tangguh
  • Kanker Bisa Disebabkan Dan Disembuhkan Oleh Gaya Hidup Anda
  • 4 Cara Agar Tetap Produktif Saat Berpuasa

12th OLIMPIADE EKONOMI TINGKAT NASIONAL

Penyiar: Fitri Rianti

Narasumber: Panitia 12th Olimpiade Ekonomi

 

 

Pro2sby-Pro2Creativity Rabu kemarin (30/09), talkshow bersama panitia 12th Olimpiade Ekonomi Tingkat Nasional. Lomba yang diadakan oleh jurusan Ekonomi Pembangunan Unair ini, sengaja mengangkat tema “Rule The Ocean, Be A Greater Nation” dengan tujuan untuk menyiapkan generasi penerus yang mampu menjaga dan memanfaatkan dengan baik kekayaan laut Indonesia, agar tercipta kesejahteraan masyarakat yang merata.

Target olimpiade ekonomi ini adalah pelajar SMA dan SMK sederajat dengan persyaratan setiap tim terdiri dari dua orang dan dari sekolah yang sama, dalam hal ini tidak ada batasan kelas dan juga jurusan.  Hal ini dikatakan oleh Meyda selaku panitia, “kami tidak membatasi jurusan dan kelas serta yang boleh ikut, jadi semua jurusan dari semua kelas, mulai dari kelas satu sampa kelas tiga boleh ikutan.”

12th Olimpiade Ekonomi untuk tahun ini diadakan di beberapa daerah di Jawa, Bali, dan Sulawesi. Untuk beberapa daerah di luar daerah tersebut bisa ikut serta dengan mendaftar pada region terdekat. Panitia mengaku, bahwa lomba yang akan diadakan tanggal 4 Oktober mendatang tidak dibatasi kuota. “Kami tidak membatasi untuk kuota peserta mbak, tapi kita ada target untuk perlombaan tahun ini 500 peserta. Biasanya, seperti tahun-tahun lalu jumlah peserta selalu melebihi target kita. Kalau yang tahun lalu target kita cuma 450 peserta, ternyata yang mendaftar sampai seribu-an peserta,” jelas Ary selaku ketua Hima Ekonomi Pembangunan Unair.

Perlombaan yang diadakan tiap tahun oleh jurusam Ekonomi Pembangunan Unair ini, ada beberapa tahap, yaitu:

1.       Babak penyisihan (4 Oktober 2015)

2.       Semifinal (12 Oktober 2015)

3.       Final & Grand Final (13 Oktober 2015)

Panitia mengaku bahwa perlombaan ini bukan sekedar event, mengingat jumlah peserta yang mengikuti lomba ini tidak sedikit serta dari berbagai daerah di Indonesia, maka persiapan bagi peserta juga harus matang, terutama persiapan mental serta pengetahuan umum dan ilmu ekonomi.  (FR).