Breaking News

  • Sejarah Bento, Makanan Kotak Khas Jepang
  • Usal Usul Dan Perkembangan Rantang
  • Estcopato: Irama Anak Pantai Timur Papua
  • Hari Ini Dalam Sejarah: 10 Juni
  • Liburan Paling Cool Bersama Yayasan Cinta Papua

Hari Batik Atau Hari Kain Tradisional Nasional?

Tren menggunakan batik di Indonesia setidaknya dimulai sejak UNESCO menetapkan batik sebagai Warisan Kemanusiaan untuk Budaya Lisan dan Nonbendawi (Masterpieces of the Oral and Intangible Heritage of Humanity) pada tanggal 2 Oktober 2009. Sejak saat itu jadilah tiap tanggal 2 Oktober diperingati sebagai hari batik nasional.

Hal ini tidak terlepas dari adanya isu Malaysia mengklaim batik sebagai miliknya. Momentum ditetapkannya 2 Oktober sebagai hari batik nasional membuat kain-kain tradisional seolah menemukan momentum untuk unjuk diri pula. Kemudian -jika hendak disebut masalah-  apakah kain-kain tradisonal dari masing-masing daerah ini hendak disebut "batik"? meskipun bernama Songket, Tenun, dll.

Pertanyaan berikutnya adalah, masihkah "hari Batik" relevan dengan sebutan merayakan hari kain tradisional? atau kita ganti saja dengan "Hari Kain Tradisional Nasional"?

*Artikel serupa pernah diupload di TerokaBorneo.com klik di sini

Penulis : Dian Beni Yuda (Penyiar Pro 1 RRI Sintang), Pemilik Galeli kain Pantang Sintang. Instagram @galerikainpantangsintang