Breaking News

  • " World Ocean Day- PAPUA BARAT"
  • Sejarah Bento, Makanan Kotak Khas Jepang
  • Usal Usul Dan Perkembangan Rantang
  • Estcopato: Irama Anak Pantai Timur Papua
  • Hari Ini Dalam Sejarah: 10 Juni

Perayaan Imlek Di Pecinan Semarang

SEMARANG - Salah satu sentra yang paling semarak ketika perayaan Imlek berlangsung adalah daerah Pecinan Semarang. Salah satu daerah pusat kebudayaan dan kuliner Tionghoa yang paling terkenal di Semarang. Pada perayaan kali ini Komunitas Pecinan Semarang Untuk Wisata (Kopi Semawis) akan menggelar Pasar Imlek Semawis (PIS) pada 4-6 Februari 2016 dengan konsep yang berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya.

Pendiri Kopi Semawis Widya Wijayanti mengatakan, PIS kali ini akan mengedepankan prinsip kebersamaan dan persaudaraan. Karena itu, sejak awal, pada pembukaan acara akan dibuka ruang interaksi untuk para tamu undangan yang diperkirakan berjumlah 250 orang dengan tuk panjang atau makan bersama di meja panjang.

Para tamu akan datang kemudian nonton pertunjukan. Setelah itu akan ada pembukaan jamuan bersama di meja panjang. Dengan posisi berhadap-hadapan, tamu diharapkan dapat berinteraksi dengan orang yang berada di hadapan dan sebelahnya. Inilah makna tema gelar tuk panjang, sedepa jadi sehasta, yang jauh didekatkan.

Karena acara ini digelar terbuka yang dihadiri tokoh masyarakat, perwakilan pecinan, dan pejabat Pemerintah Kota, menu makanan yang akan dihidangkan disyaratkan halal. Beberapa menu olahan yang dihidangkan meliputi ca rebung, sup, dan ayam kukus. Pengunjung juga akan dihibur dengan pertunjukan pentas seni, seperti wushu.

(sumber: Tribunjateng/AL/RRI SMG)