Breaking News

  • Sejarah Bento, Makanan Kotak Khas Jepang
  • Usal Usul Dan Perkembangan Rantang
  • Estcopato: Irama Anak Pantai Timur Papua
  • Hari Ini Dalam Sejarah: 10 Juni
  • Liburan Paling Cool Bersama Yayasan Cinta Papua

Lomba Kue Tradisional Dalam HUT Kota Sintang Ke-655

Masih dalam rangka hari jadi kota Sintang yang ke -655, Minggu, 7 Mei 2017  Pemerintah Daerah Kabupaten Sintang Mengadakan Lomba Kue Tradisional di Pendopo Rumah Jabatan Bupati Sintang. Lomba ini diikuti oleh Organisasi-organisasi Wanita maupun ibu-ibu dari umum yang ada di Kabupaten Sintang seperti PKK, Darma Wanita, Ibu-ibu Korem, Ibu-ibu ABRI, Perempuan Bank Kalbar, PKK Kelurahan, PKMT, BAG, HARPI dan dari masyarakat umum.

Ibu Hendrika selaku ketua Panitia penyelenggara Lomba Kue Tradisional yang juga Kadispora Kabupaten Sintang mengatakan “Tujuan dari perlombaan ini adalah untuk mempererat rasa persaudaraan kita masyarakat Kabupaten Sintang khususnya ibu-ibu, untuk melestarikan kebudayaan yaitu kue-kue yang sudah kita tinggalkan dan membangkitkan kembali kue-kue tradisional yang penting bagi kita karena kue-kue tradisional ini bisa bikin kita sehat”. Jelasnya.

Kue-kue yang dibuat oleh para peserta dalam lomba ini antara lain kue Lelok Lebor, kue Basong, kue Bingka, kue Bingka Susu, kue Keribang dan kue Epok-epok Mawar Hitam. Sebagai Juri dalam Lomba tersebut dikatakan Ibu Hendrika yaitu Wanita-wanita hebat Indonesia yang ada di Kabupaten Sintang yang sudah meraih juara baik di tingkat Provinsi dan tingkat Nasional serta telah teruji kemampuannya.

Ibu Hendrika berpesan kepada seluruh masyarakat Kabupaten Sintang untuk dapat melestarikan kebudayaan masyarakat terutama kue-kue tradisional agar dapat dimanfaatkan sebaik-baiknya untuk konsumsi kita sehari-hari.

Ibu Radini selaku Ketua Dewan Juri mengatakan “Kriteria penilaian dalam lomba ini yang pertama rasanya enak, yang kedua cara penyajian yang ada daya tarik dari kue tersebut, bentuk kue, selanjutnya dari bahan apa membuatnya yang tidak mengandung bahan pengawet karena kue tradisional ini adalah kue kampung yang asli dibuat dari bahan-bahan yang ada di daerah sekitar kita”. Terangnya

Yang keluar sebagai juara dalam lomba kue tradisional ini yaitu Juara 1 dengan No urut 6 dari PKK Kabupaten Sintang, Juara 2 dengan no urut 13 dari Darma Wanita Kabupaten Sintang, Juara 3 dengan no urut 3 dari BKMT Kabupaten Sintang, dan juara 4 dengan no urut 10 dari HARPI. (Rahmad Iam)