Breaking News

  • Tips Maksimalkan THR Agar Keuangan Tak Jebol
  • Lapisan Es Puncak Jayawijaya Terancam Lenyap
  • Belajar Menjadi Pribadi Yang Tangguh
  • Kanker Bisa Disebabkan Dan Disembuhkan Oleh Gaya Hidup Anda
  • 4 Cara Agar Tetap Produktif Saat Berpuasa

Fakultas Perikanan Dan Kelautan Universitas Lambung Mangkurat Menggelar Lomba Mangacal

Banjarbaru : Dalam rangka Pekan Iptek Fakultas Perikanan dan Kelautan Universitas Lambung Mangkurat mengadakan Lomba Mangacal Iwak, Jumat (27/10/2017) di kolam pendidikan, Laboratorium Basah Jurusan Budidaya Perairan Fakultas Perikanan Unlam Banjarbaru.

 

Mengacal (menangkap;banjar) adalah kegiatan menangkap ikan langsung  menggunakan tangan, tanpa alat bantu.  Biasanya Mengacal ini dilaksanakan pada musim kemarau saat air mulai kering, dilakukan di sungai atau juga kolam.

 

Lomba yang dimulai pukul 08:00 Wita diikuti kurang lebih 94 peserta di lingkup civitas akademika, perwakilan himpunan mahasiswa, UKM, dosen, tenaga adminitrasi, dan wakil angkatan turut meramaikan kegiatan ini. Dengan tujuan melatih keterampilan menangkap ikan tanpa alat (fishing without gear),  membangkitan kembali kegiatan tradisional (kearifan lokal), dan menjalin silaturahmi civitas akademika.

 

Agus Syarif Hanafie, salah satu panitia mengatakan, “Dengan lomba ini diharapkan menjadi kegiatan rutin tahunan, agar budaya mengacal tetap lestari. dan berpeluang dilombakan untuk umum dengan hadiah yg menarik”.

 

Adapun untuk hadiah, panitia menyediakan hadiah untuk juara 1,2 dan 3 , berupa peralatan rumah tangga seperti magic com, kipas angin, dan dispenser. Selain itu juga ada lebih dari 50 doorprize yangg disumbang oleh Ibu Hj. Ririen Nadjmi Adhani (istri Walikota Banjarbaru), para alumni dan dosen. (LS/Banjarbaru)