Breaking News

  • " World Ocean Day- PAPUA BARAT"
  • Sejarah Bento, Makanan Kotak Khas Jepang
  • Usal Usul Dan Perkembangan Rantang
  • Estcopato: Irama Anak Pantai Timur Papua
  • Hari Ini Dalam Sejarah: 10 Juni

" World Ocean Day- PAPUA BARAT"

Memperingati Hari Laut Sedunia pada tanggal 08 Juni 2017 , Universitas Papua melalui Badan Eksekutif Mahasiswa ( BEM ) Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan mengadakan " WORLD OCEAN DAY- PAPUA BARAT " dengan thema : " JAGA LAUT, JAGA MASA DEPAN, CINTAILAH LAUT CINTAI MASA DEPAN ‘’ .

Dalam Acara " Talk Show" di Studio Pro 2 FM Manokwari , Ketua Panitia World Ocean Day-Papua Barat Moses M. T. Peday mengatakan beberapa kegiatan yang dilaksanakan selalu dikoordinasikan dengan Ketua BEM  Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan Yusup Adrian Jentewo dan Dosen FPIK UNIPA, mengingat event ini baru petama kali dilaksanakan dikota Manokwari Papua Barat. Kegiatan ini, melibatkan Mahasiswa dan dosen FPIK, Siswa-siswi SMP, SMA, SMK, Perguruan Tinggi Negeri dan Swasta, organisasi pecinta laut, Mahasiswa dan  Dosen UNIPA serta melibatkan Masyarakat Umum.

Beberapa kegiatan yang telah terlaksana diantaranya, pembersihan Pantai pasir putih pada tanggal 09 Juni 2017 yang diikuti mahasiswa, mahasiswi serta dosen Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan UNIPA berjumlah 60 orang. Kegiatan tempat Rekreasi Pantai Pasir Putih ini sengaja dilaksanakan untuk mendukung program Manokwari menuju  Nol Sampah, sekaligus menyadarkan masyarakat sangat pentingnya menjaga kebersihan disekitar kita.

Kegiatan lainnya yaitu, Parade baju daur ulang yang dilaksanakan pada tanggal 10 juni 2017, diikuti perwakilan SMA Negeri 2 Manokwari, SMK Negeri 3 Manokwari, SMP Negeri 2 Manokwari serta dimeriahkan oleh Drum band SMA Vilannova Manokwari, Mahasiswa-mahasiswi UNIPA dan Peserta lomba baju daur ulang bertemakan laut sebanyak 8 tim.

Adapun Kreatifitas berkarya dalam daur ulang , peserta menampilkan kostum bintang laut, paus orca, pari manta, putri duyung, putri plastik, putri kertas dan lain sebagainya.

Puncak Acara  ‘’ WORLD OCEAN DAY- PAPUA BARAT’’  dilaksanakan pada hari senin tanggal 12 Juni 2017 diawali dengan seminar,  menghadirkan pembicara dari WWF, Conservation International dan KNPI yang berlangsung di AULA Perikanan dan Ilmu Kelautan, Universitas PAPUA, dilanjutkan dengan penyerahan hadiah kepada pemenang lomba Parade baju daur ulang & Lomba Fotografi bertemakan Laut.

Penyelengaraan ‘’ WORLD OCEAN DAY- PAPUA BARAT ‘’ mendapat apresiasi positif dari masyarakat dan kegiatan ini juga bekerja sama dengan LPP RRI Manokwari dan beberapa sponsor lainnya.

( MW )