Breaking News

  • " World Ocean Day- PAPUA BARAT"
  • Sejarah Bento, Makanan Kotak Khas Jepang
  • Usal Usul Dan Perkembangan Rantang
  • Estcopato: Irama Anak Pantai Timur Papua
  • Hari Ini Dalam Sejarah: 10 Juni

Estcopato: Irama Anak Pantai Timur Papua

Manokwari - Sahabat kreatif, mengisi malam minggu (10/06/2017) acara Pro 2 Community menghadirkan Estcopato Rap. Personil yang berkesempatan hadir diantaranya Richardo (Wira Diaz), Patrick (Kapat), Wenang (Weyn), Winvaldo (Win) dan Vian (Viano). Diawali dengan lagu Untuk Ko memanjakan sahabat kreatif dengan beat khasnya, Estcopato menceritakan bahwa lagunya ini menceritakan tentang orang yang sedang di mabuk cinta.

Nama Estcopato sendiri terdiri dari beberapa penggalan kata yakni "Estco" yang diambil dari kata East Coast atau Pantai Timur, "Pa" diambil dari kata Papua dan "To" dari kata Kitong sehingga nama Estcopato mengingatkan dari mana mereka berasal yakni dari Papua.

Sejak terbentuk bulan desember 2015, Estcopato sudah cukup banyak menghasilkan karya, diantaranya bergenre Old School Hip Hop, Reggae dan Pop. Seperti dituturkan Weyn, pembuatan lagu diawali dengan pembuatan instrumen setelah itu setiap anggota akan bersama-sama membuat liriknya. Proses pembuatan lirik paling lama membutuhkan waktu sampai tiga hari karena membutuhkan inspirasi sehingga liriknya menyatu dengan instrumen yang dibuat.

Grup musik berhome base di Pasir Putih Manokwari ini sudah membuat sebuah video untuk lagunya yang berjudul I Can. Pembuatan video ini dibantu oleh seorang senior mereka, Ube Blacksoul dan sudah bisa dilihat di Youtube.

Estcopato yang pernah berkolaborasi dengan Blacksound, grup musik lokal Jayapura dan rekan sesama grup musik Manokwari Apache Skuad ini menghadapi persoalan di awal pembentukannya oleh karena mundurnya beberapa personil dengan alasan pribadi namun saat ini sudah semakin solid dengan personil yang ada sekarang.

Iven pernah diikuti mereka diantaranya Event Yamaha Festival, Dies Natalis UKIP 2016 dan beberapa iven lainnya.

Diakhir acara Estcopato berpesan kepada sahabat kreatif di Manokwari agar tetap berkarya karena anak muda papua adalah anak-anak muda yang berbakat sembari berharap agar lebih banyak event dibuat baik oleh pemerintah maupun swasta untuk mengembangkan kreativitas, minat dan bakat anak muda utamanya yang ada di Manokwari.

Pro 2 Community Sabtu (10/06/2017) malam dipandu oleh Penyiar, Eunike Pabuntang ditemani Pengarah Acara Meys Wyzer.

(AER)