Breaking News

  • Tips Maksimalkan THR Agar Keuangan Tak Jebol
  • Lapisan Es Puncak Jayawijaya Terancam Lenyap
  • Belajar Menjadi Pribadi Yang Tangguh
  • Kanker Bisa Disebabkan Dan Disembuhkan Oleh Gaya Hidup Anda
  • 4 Cara Agar Tetap Produktif Saat Berpuasa

Menggapai Prestasi Lewat Nada & Bahasa “ Swara Darmagita “

Jakarta - Apa yang ada di fikiran sahabat kreatif ketika mendengar kata Paduan Suara ? Yap…kekompakan dalam bernyanyi. Itulah yang dilakukan sekelompok Mahasiswa & Mahasiswi Universitas Gunadarma yang tergabung dalam Swara Darmagita.

Paduan Suara yang masuk ke dalam Unit Kegiatan Mahasiswa di Universitas Gunadarma ini terbentuk sejak 28 Oktober 1989, dan saat ini memiliki 70 anggota resmi dan 80 mahasiswa-mahasiswi baru yang sudah selesai pendidikan dasar tetapi belum dilantik. Menurut Ayu, salah satu anggota resmi dari Fakultas Psikologi semester 6 mengatakan, Swara Darmagita memiliki jadwal latihan seminggu tiga kali rutin setiap hari Senin, Rabu & Jumat, bahkan ketika mereka ingin mengikuti kompetisi latihannya bisa setiap hari loh.

Sama seperti UKM ( Unit Kegiatan Mahasiswa ) Paduan Suara pada umumnya, untuk bergabung bersama teman-teman Swara Darmagita yang saat ini dilatih oleh Bapak Edy Wanto Purba juga ada syaratnya, aspek penilaian untuk anggota baru,  yang pertama harus bisa membaca not balok/ angka, Hearing, nyanyi lagu bebas, & juga test panjang Vokal.

Engga heran sahabat kreatif, kalau teman-teman Swara Darmagita punya syarat khusus untuk para anggota barunya. Karena itu semua terbukti dengan prestasi yang sudah mereka dapatkan. Engga percaya ? ini dia daftar prestasi mereka:

-Silver medal FPS ITB 201, Kategori Mix Choir

-Best Perfomance ITB International Choral Competition 2015, Kategori Folklore

-Silver medal FesPas Penabur II 2015, Kategori Folklore

-Gold Winner FesPas Penabur II 2015, Kategori Mixed Youth Choir.

Itu semua tidak sertamerta mereka dapatkan dengan mudah, karena ada beberapa kompetisi yang mengharuskan mereka membawakan lagu-lagu dengan berbahasa asing bahkan sampai harus mendatangi kedutaan besar loh untuk melakukan observasi bahasa.

Nah ini dia lagu-lagu Mancanegara yang pernah dinyanyikan oleh teman-teman Swara Darmagita:

1.Jadglied ( Jerman )

2.Patkoeknal ( Hungaria)

3.Stetit Angelus ( Latin )

4.Twa Tanbou ( Afrika )

5.There rolls the deep ( Inggris)

6.Rosas Pandan ( Phillipine )

7.Nela Fantasia ( Italia )

Menurut Awan, salah satu anggota resmi Swara Darmagita, dari Fakultas Komunikasi semester 6, Tahun 2016 teman-teman Swara Darmagita akan menyelenggarakan Gunadarama Choir Festival ke 5 untuk SMA/ Sederajat tingkat Nasional.

Wah..untuk sahabat kreatif yang berminat bisa ikutan acara mereka tuh, dan semoga teman-teman Swara Darmagita Universitas Gunadarma makin banyak prestasinya. MS/ @Pro2jak #NumpangNampang