Breaking News

  • Tips Maksimalkan THR Agar Keuangan Tak Jebol
  • Lapisan Es Puncak Jayawijaya Terancam Lenyap
  • Belajar Menjadi Pribadi Yang Tangguh
  • Kanker Bisa Disebabkan Dan Disembuhkan Oleh Gaya Hidup Anda
  • 4 Cara Agar Tetap Produktif Saat Berpuasa

Prenjak, Menjadi Wakil Indonesia Dalam Festival Film Cannes 2016

Jakarta, Indonesia - Festival Film Cannes (Cannes Film Festival) 2016 telah mengumumkan daftar lengkap pengisi festival yang akan diadakan pada 11-22 Mei mendatang. Indonesia tahun ini turut pula mengirimkan wakil pada acara terbesar film di dunia tersebut. Film pendek berjudul Prenjak arahan sutradara Wregas Bhanuteja akan berkompetisi di sesi 55th Semain de la Critique Cannes Film Festival 2016.

Film Prenjak berkisah tentang kehidupan karyawan pada jam istirahat di sebuah kafe, Diah mengajak Jarwo berbicara di gudang belakang. Diah sedang membutuhkan uang dalam waktu cepat. Ia menawarkan Jarwo untuk melihat bagian tubuh Diah menggunakan sebatang korek api seharga sepuluh ribu rupiah.

Dalam wawancara telpon bersama Wregas Bhatuneja, ia menyampaikan kalau film ini adalah usahanya merekam ketertarikan terhadap hubungan antar manusia, “Saya percaya kalau hubungan laki laki dan perempuan harus saling mendukung dan melengkapi.” Wregas menceritakan kalau film ini didasari dari sebuah fenomena yang terjadi di era 80an, di pinggir Jalan di Jogjakarta perempuan menjual korek api yang dibarter dengan akses untuk melihat bagian privasi tubuhnya. Demikian seperti dikutip dari Rollingstone Indonesia.

Film berdurasi 12 menit 40 detik ini dibuat hanya dalam waktu dua hari pada bulan Februari 2016. Proses pendaftaran ke Cannes Film Festival dilakukan melalui dunia maya. Sejak akhir Maret 2016, Wregas dihubungi pihak penyelenggara untuk menghadiri pemutaran di Prancis. Film akan diputar dua kali dan mengikuti kompetisi. Tahun lalu, film arahan Lucky Kuswandi The Fox Exploits The Tiger’s Might diputar dalam sesi yang sama.

Wregas Bhanuteja sebelumnya pernah pula filmnya diputar di ajang pemutaran internasional, film Lembusura ikut dalam 65th Berlin International Film Festival. Sebagai sutradara muda nama Wregas belakangan naik daun, ia juga menjadi sutradara untuk Behind the Scene Ada Apa Dengan Cinta 2?

Cannes Film Festival adalah festival yang dianggap paling prestisius di dunia perfilman. Tahun ini, film Woody Allen Café Society akan menjadi film pembuka. Nama-nama besar lain yang filmnya juga diputar adalah Nicolas Winding Refn, Pedro Almodovar, Ken Loach, Park Chan-Wook dan banyak lagi lainnya.***(@Pro2Bdg)